Sunday, June 11, 2017

Keutamaan Sedekah untuk Penghafal Qur'an

Jika Kemuliaan para Penghafal Qur'an begitu tak tertandingi, maka bagaimana dengan para Pemberi Sedekahnya?

Kalimat di halaman depan brosur PPPA Daarul Qur'an yang saya baca saat saya tak sengaja mampir ke gerainya di salah satu Mall di Bekasi. 

Kalimat itu sungguh buat saya penasaran, seberapa besar sih kemuliaan sedekah untuk penghafal Qur'an??? Apa bedanya dengan sedekah-sedekah yang lain??

Rasa penasaran itulah yang membuat saya menelusuri lebih lanjut tentang keajaiban sedekah untuk penghafal Qur'an, sekaligus mengenal lebih dekat Lembaga PPPA Daarul Qur'an yang digagas Ustadz Yusuf Mansyur.


Sampai di rumah, saya buka kembali beberapa buku agama saya, saya baca juga beberapa literatur tentang kemuliaan-kemuliaan para penghafal Qur'an. 


Dan, selesai membaca saya kok seperti tertampar ya. Ada rasa sesal yang diam-diam menyergap hati saya. Selama ini, hafalan Qur'an saya masih memalukan, dan saya juga lebih mengutamakan buku-buku kuliah dan pengantar tesis dibanding Quran. 

Tapi dari situ saya sadar, ada sesuatu yang harus saya ubah dan prioritaskan. Salah satunya adalah kegiatan menghafal Qur'an dan mengamalkannya.



Dan berikut adalah 4 keutamaan dan janji Allah terhadap para penghafal Qur'an:

1. Penghafal Al-Qur’an Telah Disejajarkan Dengan Para Nabi
“Barangsiapa yang membaca (menghafal) Alquran, maka sungguh dirinya telah menyamai derajat kenabian hanya saja tidak ada wahyu baginya (penghafal). Tidak pantas bagi penghafal Alqur'an bersama siapa saja yang ia dapati dan tidak melakukan kebodohan terhadap orang yang melakukan kebodohan (selektif dalam bergaul) sementara dalam dirinya terdapat firman Allah.” (HR Hakim).

Pada zaman Rasulullah SAW, tidak jarang para penghafal Al-Qur’an ini diutamakan kedudukannya oleh beliau, salah satunya dalam memimpin delegasi. Mekanismenya adalah Rasulullah SAW akan menguji dan bertanya seputar hafalan. Selanjutnya Rasulullah akan memilih para calon pegawai dengan berdasarkan pada banyaknya hafalan yang dimiliki. 


2. Para Penghafal Al Quran Telah Dianggap Sebagai Keluarga Allah yang Ada Di Bumi


 “Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia..." Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu'ran (orang yang membaca atau menghafal Qur'an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)

3. Mendapat Derajat yang Lebih Tinggi saat Berada di Surga


Rasulullah bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib quran: Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan AlQur'an di dunia sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi).


Selain dijanjikan telah dianggap sebagai keluarga Allah saat di bumi, ternyata penghafal Al-Qur’an juga akan mendapatkan derajat yang lebih tinggi lagi saat berada di surga kelak. Betapa banyaknya manfaat Al-Qur’an bagi mereka yang menghafalnya. 

 

4. Tidak Hanya untuk Dirinya, Keistimewaan juga Akan diterima oleh Keluarganya


Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa “Dari Buraidah Al Aslami RA, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran”. (HR. Al Hakim).” 


Janji Allah yang terakhir untuk penghafal Al-Qur’an adalah Allah akan memberikannya keistimewaan. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, keistimewaan tersebut juga akan diterima oleh keluarga terkhusus orangtuanya. 

Keutamaan Sedekah untuk Penghafal Qur'an

Membaca 4 keutamaan di atas saya jadi semakin menyadari betapa besar kemuliaan para penghafal Qur'an. Mereka sungguh diberikan kemuliaan yang besar oleh Allah.  Lalu apa korelasinya dengan Para pemberi sedekah penghafal Qur'an? apakah mereka juga memiliki kemuliaan??



Analoginya sederhana, pasti teman-teman ingat dengan hadist ini,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”



Hadist tersebut berisi tentang pahala memberi makanan berbuka untuk orang yang berpuasa. Jika pahala yang kita dapatkan dari memberi sedekah kepada orang yang berpuasa saja sama seperti pahala orang yang berpuasa. Maka bagaimana jika kita memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa dan menghafal Qur'an???

Saya rasa, para pemberi sedekahnya pasti kecipratan berkahnya. Setiap ayat yang dibaca berulang-ulang oleh penghafal Qur'an, mengalir juga amalan untuk para pemberi sedekahnya. 
dok PPPA Daarul Quran
Memang dalam beribadah kita nggak boleh hitung-hitungan pahala. Tapi menurut saya, ini bisa jadi salah satu motivasi kita untuk terus memperbanyak amalan di bulan ramadhan ini. Jika kita masih sulit mengahafal Qur'an, apa salahnya mensupport kegiatan-kegiatan para penghafal Qur'an dengan memberikan sebagian rezeki yang kita punya.

Dengan harapan, Allah membukakan jalan kita menghafal Qur'an lebih baik lagi dan mendapat sedikit kemuliaan dari penghafal Qur'an yang kita support tadi.

Ketika mampir ke gerai PPPA Daarul Qur'an, saya bertemu salah satu relawannya. Tri namanya. Saya bertanya tentang banyak hal, mulai dari program-program PPPA Daarul Qur'an sampai alasannya ikut serta menjadi relawan Daarul Qur'an.

Tri yang juga seorang Guru SMP di Bekasi ini menuturkan, "Ramadhan ini, sekolah sudah nggak ada kegiatan mba. Jadi saya mau partisipasi menjadi relawan di PPPA Daarul Qur'an, dengan harapan ramadhan saya jadi lebih bermanfaat, dari pada kebanyakan tidur di rumah."

Tri juga menjelaskan dengan detail apa saja program yang sedang dijalankan PPPA Daarul Qur'an, diantaranya adalah;

1. Berbagi Paket Buka Puasa Bersama Rumah Tahfidz se-Indonesia


dok PPPA Daarul Quran

Kegiatannya berupa buka puasa bersama, tadarus berjamaah dan doa bersama di 806 Rumah Tahfidz yang tersebar di 26 provinsi dan 122 Kabupaten di Indonesia. Dengan target penerima manfaat 19.806 orang santri. 

2. Ramadhan Bersama 5.500 Santri Kampung Qur'an


Dok PPPA Daarul Quran

Kegiatannya berupa ujian hafalan keliling, wisuda tahfidz juz 30 dan 29, lomba ramadhan ceria, safari dakwah, hingga sahur dan buka bersama para santri. Lokasinya ada di sekitaran Purworejo, Halmahera, Jogjakarta, SulSel dan NTT.

3. Ramadhan Bersih untuk 1.000 Mushola


dok PPPA Daarul Quran

Kegiatannya berupa bersih-bersih masjid, pesantren, Rumah Tahfidz, TPQ, Mushola, Selokan, sampai fasilitas umum di 100 titik urban area padat penduduk di Jabodetabek, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Makasar, Malang, Surabaya, dan Semarang.

4. Ramadhan Ceria Bersama Mobile Qur'an untuk 20.000 Anak Indonesia.


Dok PPPA Daarul Quran

Jenis kegiatannya adalah dongeng ceria, training one day one ayat, dan muhasabah melalui mobil Quran Daarul Qur'an yang akan berkeliling ke 100 Sekolah, TPQ, PAUD dan komunitas yang ada, dengan target 20.000 orang penerima manfaat.

5. Berbagi Parcel Nusantara untuk 3.000 Guru Tahfidz


dok PPPA Daarul Quran

Jenis kegiatannya adalah silaturahim dengan guru TPQ dan Rumah Tahfidz dengan buka puasa bersama, kajian keislaman dan berbagi parcel di 122 Kabupaten di Indonesia.

6. Sebar Sejuta Quran Hafalan


dok PPPA Daarul Quran

Kegiatannya berupa penyeragaman Al-Qur'an khusus menghafal dilengkapi dengan metode hafalan untul 806 Rumah Tahfidz dengan target penerima manfaat 40.000 santri.

Dan banyak lagi program-program yang sedang dijalankan PPPA Daarul Qur'an yang rasanya terlalu panjang jika saya tuliskan di postingan ini. 

So, untuk temen-temen yang mau dapat manfaat dan kemuliaan penghafal Qur'an, bisa banget untuk partisipasi, tinggal datang aja kesalah satu gerainya di Bekasi Cyber Park, nanti akan dilayani dengan baik oleh relawannya yang bernama Tri (yang saya ceritakan tadi). 





Kawasan Bisnis CBD Ciledug, Blok A3 No. 21 
JL. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Tangerang 15157

Fax : (021) 7344 4858
Call Center : (021) 7345 3000

Email : layanan@daqu.or.id

Rekening Sedekah:
Syariah Mandiri = 074 006 5000
BNI Syariah = 1699 1699 6
BRI  = 0523 01 0000 34 30 4
BCA  = 603 030 8041
Mandiri = 128 000 509 2975
CIMB Niaga Syariah = 520 01 00342 00 4
BTN =  00043 01 30 011111 1

atas nama Yayasan Daarul Qur'an Nusantara









No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D