Saturday, August 19, 2017

Tentukan Lokasi Berkahmu di Kurbanesia Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa


Miris dan Sedih.
Beberapa waktu lalu saya membaca berita tentang sebuah daerah di Afrika yang memisahkan kawasan si kaya dan si miskin. Daerah itu sangat kontras perbedaannya. Kawasan si kaya dilengkapi dengan segala fasilitas keren seperti kesehatan, bank, internet dan sebagainya. Sementara kawasan si miskin dilengkapi dengan hal sebaliknya, kriminalitas, penyakit dan kesusahan. Kedua kawasan itu dipisahkan tembok tinggi yang menjulang. Terlihat kontras sekali karena foto di ambil menggunakan drone.

pic by wowmenariknya.com

Lalu bagaimana dengan Indonesia?
Nyatanya kesenjangan dan ketidakmerataan masih ada. Tidak perlu jauh-jauh. Hal itu bisa terlihat dari prosesi kurban yang dilakukan setiap tahun. Di kota-kota besar perhelatan kurban begitu meriah. Daging-daging kurban begitu melimpah. Sungguh berbeda dengan yang ada di pedalaman sana. Makan daging adalah suatu hal yang amat sangat mewah untuk mereka. Daging kurban yang mereka idamkan tak heran hanya jadi angan saja.

Hal itu saya ketahui, saat saya menjadi salah satu fundraiser Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa sekitar 7 tahun lalu. Saya banyak mendapat pelajaran dari sana. Bahwa ketidakmerataan kurban masih ada, dan akan terus diperjuangkan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Salah satu karyawan THK bahkan bercerita, betapa berterimakasihnya masyarakat daerah terpencil sana, yang kini dapat merasakan nikmatnya sekantung daging kurban, yang telah bertahun-tahun mereka nantikan. Selain itu juga, mereka kerap membagi pengalaman betapa sulitnya menempuh medan penerima kurban di daerah. Tak heran mereka harus menembuh derasnya arus sungai sambil memanggul kambing kurban lantaran jembatan yang menjadi satu-satunya akses runtuh akibat terjangan banjir.

Bukan hanya itu, saya juga menjadi saksi hidup betapa banyak para pekurban yang bukan dari golongan ada. Menabung receh demi receh hanya untuk melihat senyum saudaranya di ujung daerah sana, agar dapat merasakan nikmatnya daging kurban. Ada seorang anak SD, yang datang ke gerai saya kala itu dengan membawa celengannya. Di gerai, kami khusuk menghitung lembaran ribuan dan koin hasil ia menabung setahun lamanya. Demi Allah, hati saya masih bergetar sampai saat ini. 


gerai THK yang ada di salah satu mall di Jakarta

Bahkan gerai THK saya tempat saya bertugas ramai sekali. Para pekurban rela antri mengisi form. Hal yang sebelumnya tidak pernah saya duga. Begitu terenyuh melihat banyak yang semakin menyadari arti penting pemerataan kurban. 

Walau sudah 7 tahun berlalu tapi kenangan dan pengalaman berharga menjadi bagian dari keluarga besar THK adalah kebanggaan untuk saya. Makanya, saya tidak menyia-nyiakan undangan THK Bincang Kurbanesia bersama blogger beberapa waktu lalu.



Bertempat di Wisma Kodim, para blogger diajak untuk berpikir lebih dalam mengenai manfaat dan kedahsyatan kurban. THK Dompet Dhuafa menghadirkan dua pembicara hebat dibidang pemberdayaan masyarakat melalui kurban.

Jodi H. Iswanto menuturkan, setidaknya ada 25 provinsi, 150 kabupaten/kota, 700 kecamatan, dan 2500 desa/kelurahan yang akan terbantukan melalui Kurbanesia Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa. Kenapa demikian dahsyat?

THK Dompet Dhuafa bukan hanya menyalurkan kurban ke daerah-daerah terpencil, tapi juga memberdayakan peternak di daerah, untuk memelihara hewan kurban hingga hari raya Idhul Adha tiba. Caranya, THK akan memberikan modal dan pemdampingan kepada para peternak di sana. Sehingga hewan kurban yang akan dikurbankan disana tidak dibawa dari Jakarta dan sekitarnya.


Berfoto bersama di akhir acara

Manfaatnya, tentu bukan cuma meningkatkan gizi masyarakat penerima kurban, tapi juga meningkatkan perekonomian peternak di daerah menjadi jauh lebih baik. Subhanallah, manfaat Tebar Hewan Kurban begitu dahsyat, dari mulai gizi sampai ekonomi.

Bagaimana mekanisme berkurban di THK Dompet Dhuafa?

Pekurban cukup menyetorkan dana kurban di gerai-gerai THK Dompet Dhuafa, biasanya rutin setiap tahun THK selalu membuka gerai di mall-mall besar. Tujuannya adalah memudahkan para pekurban untuk menunaikan kurbannya. Selain itu, THK juga menyediakan rekening-rekening kurban dan layanan jemput kurban, ditujukan bagi pekurban yang punya keterbatasan waktu dan mengedepankan kepraktisan. 

Kelebihan Kurbanesia THK Dompet Dhuafa adalah, para pekurban bisa menentukan sendiri dimana lokasi berkah kurbannya yang mau dituju, dari mulai Aceh sampai Maluku. Bahkan kini, Palestina, Kamboja, Suriah, Filipina juga masuk ke dalam peta persebaran berkah kurban THK. Luar biasa kan?
pic by THK

Nggak perlu khawatir kurban kita sampai atau nggak, karena THK akan memberikan 4 laporan pada pekurban. 

  1. Pekurban akan mendapatkan bukti kwitansi pembayaran kurban yang disalurkan melalui THK.
  2. Pekurban akan mendapatkan sms atau email notifikasi keikutsertaan kurbanesia.
  3. Pekurban akan mendapatkan email laporan prosesi kurban yang telah dilakukan atau bisa mengeceknya langsung di website Tebar Hewan Kurban.
  4. Pekurban akan mendapatkan laporan prosesi kurban yang telah dilakukan, berupa foto hewan kurban dan prosesinya serta ungkapan terimakasih dari masyarakat penerima kurbanesia yang akan dikirimkan ke alamat pekurban.
salah satu bentuk laporan untuk pekurban
pic by THK
Lalu bagaimana soal harga hewan kurban THK?

pic by Jateng.dompetdhuafa.org

Mungkin, ada sebagian yang bertanya, harga yang diberikan THK terbilang cukup murah, apakah hewan kurbannya nanti bermutu baik dan memenuhi standar kualitas? 



Jawabannya, tentu bermutu baik dan berkualitas. Kenapa bisa demikian? Karena seperti yang sudah saya jelaskan di atas. THK Dompet Dhuafa telah menjalin kemitraan dengan peternak melalui program pendampingan, sehingga hewan kurban yang diternakkan baik mutu dan kualitasnya namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Last but not least, dari deskripsi saya di atas, kesimpulannya adalah;
Ada 5 alasan kenapa kamu harus kurban di THK Dompet Dhuafa:

  1. Kurban yang kamu berikan memiliki manfaat yang sangat dahsyat bagi penerima kurban dan peternak daerah.
  2. THK mengedepankan layanan kemudahan berkurban melalui kanal perbankan, layanan jemput kurban hingga gerai kurban di mall dan perkantoran.
  3. Pekurban bisa menentukan sendiri dimana lokasi berkah kurban yang mau dituju.
  4. Distribusi hewan kurban hingga pelosok negeri, wilayah konflik dan minoritas muslim.
  5. Pengadaan hewan kurban THK memenuhi standar kualitas dan bermutu baik.

Yuk, tentukan lokasi berkahmu di Kurbanesia
Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa
Hotline : 021 7416050
whatsapp : 08121292528
Jemput Kurban : 081316847002






14 comments:

  1. Terharu banget sama ini:

    "Manfaatnya, tentu bukan cuma meningkatkan gizi masyarakat penerima kurban, tapi juga meningkatkan perekonomian peternak di daerah menjadi jauh lebih baik".

    Subhanallah, manfaat Tebar Hewan Kurban begitu dahsyat, dari mulai gizi sampai ekonomi.

    Barokallah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Rossana Simanjuntak,

      iya mba, ibarat kata skali ibadah tapi berkahnya kemana mana. mencakup sektor yang sebelumnya ga pernah kita duga.

      Delete
  2. Tahun ini aku kurban di kampung mama, semoga tahun depan bs kurban lewat dompet dhuafa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Indrifairy,

      Aamiin aamiin, semoga tahun depan bisa kurban di THK Dompet Dhuafa ya mba

      Delete
  3. Bekurban melalui THK Dompet Dhuafa Kurbanesia bukan hanya mudah tapi juga lebih murah dan sesuai syariat. Kurban pun didistribusikan tepat sasaran sehingga ngga ada penumpukan daging kurban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dewi Nuryanti,

      Betul banget mba. banyak manfaat dan kemudahan yang ditawarkan TEbar Hewan Kurban Dompet Dhuafa ya.

      Delete
  4. jadi seperti mendayuh satu dua pulau terlampaui,,kita melaksanakan ibadah juga membantu peternak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Hanni Handayani,

      Betul banget mba. sekali ibadah berkah dan manfaatnya nya kemana mana.

      Delete
  5. Semoga akan semakin banyak lagi daerah2 tertinggal yg ikut merasakan program Tebar Hewan Kurban dari Dompet Dhuafa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba hida,

      aamiin aamiin, semoga Indonesia menajdi semakin baik lagi dengan adanya program ini ya mba.

      Delete
  6. Miris banget ya melihat perbedaan daerah si kaya dan si miskin, perasaan saya kalo melihat bgtu antara pengen marah dan sedih. Tapi di Indonesia pun memang banyak yang seperti itu. Tapi syukur lah ya, dengan adanya Kubanesia ini semoga orang2 yang berlebih bisa melihat ke daerah2 yang belum merasakan kenikmatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Melysa,

      Miris dan sedih ya mba. Tapi memang itu keadaanya, kita hanya bisa berusaha semampu kita, salah satunya ya lewat program THK Dompet Dhuafa ini, semoga dengan program ini pemerataan semakin tercipta ya mba.

      Delete
  7. Ternyata kurban masih belum merata ya. Ku pikir di desa yang banyak hewan ternaknya itu orang-orang udah biasa makan daging. Ternyata jarang juga karena hewan-hewan itu bukan milik penduduk situ. Penduduk bagian angon alias penggembala aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Helena Mantra,

      Iya betul banget mba, makan daging bagi mereka itu suatu kemewahan. makanya dengan program THK ini semga bisa menjadi perbaikan gizi dan rezeki juga untuk mereka.

      Delete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D