Thursday, April 26, 2018

Menarik, Inilah Kampung Warna-warni di Indonesia yang Instagramable



Kehadiran sosial media seperti instagram ternyata mampu menjadi salah satu faktor untuk mendongkrak popularitas sebuah destinasi wisata. Sebuah tempat yang unik atau dianggap memiliki nilai instagramable akan lebih mudah terkenal. 

Salah satunya adalah keberadaan kampung warna-warni di Indonesia. Bagaimana tidak, latar belakang foto yang warna-warni yang memiliki keunikan tersendiri dianggap mampu memeriahkan feed para penggunanya.

Bahkan banyak rela terbang jauh dan mengeluarkan uang yang cukup banyak demi bisa tampil hits dan menarik banyak pengikut di Instagram. Padahal, sebenarnya budget tiket peswat bisa ditekan jika bisa membeli tiket promo. Harga tiket pesawat Batik Air misalnya, bisa cukup bersaing dengan maskapai lain saat kamu cek di Traveloka. Jadi kamu tidak perlu merasa terlalu terbebani dengan biaya transportasi lagi.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan yang akhirnya demam kampung warna-warni di Indonesia sudah menjamur. Tak hanya tembok rumah, tetapi juga atap, jalanan, hingga bebatuan dicat sedemikian rupa sehingga membentuk warna-warni yang indah. Kini, jumlahnya semakin banyak. Berikut beberapa di antaranya yang sudah terkenal dan banyak dikunjungi:

Kampung Pelangi, Semarang

sumber: jateng.tribunnews.com

Kampung ini sempat viral di media sosial, bahkan salah satu media Internasional pernah menyebutnya sebagai kampung paling indah di dunia. Hal ini berdampak pada semakin banyak pengunjung yang datang ke sana meski hanya sekadar berfoto.

Pemerintah Semarang pun semakin gencar untuk semakin mempercantik kampung ini, salah satunya adalah dengan membangun Gardu Pandang. Dari sini, kamu bisa melihat kampung warna-warni dari atas, sembari menikmati jajanan kuliner.

Kampung Jodipan, Malang

sumber:oknews.com

Dulunya, kampung ini merupakan pemukiman kumuh. Namun, mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang berhasil menggaet perusahaan cat untuk melakukan CSR di tahun 2016. 

Jadilah kampung Jodipan seperti sekarang ini, kampung ini juga terkenal dengan sebuatan kampung tridi (3D), karena di sini juga terdapat beberapa mural tiga dimensi dan juga satu jembatan.  
Coba deh kamu lakukan pencarian di instagram dengan hashtag #kampungjodipan, maka kamu akan mendapatkan ribuan orang yang memposting foto mereka di kampung ini.

Kampung Kode, Yogyakarta 

sumber: phinemo.com

Dianggap mirip dengan favela di Rio de Janeiro, pemukiman ini dulunya juga merupakan perkampungan kumuh. Namun pada tahun 2015, seorang pemuka agama yang juga bekerja sama dengan para mahasiswa menyulap kampung ini menjadi seperti sekarang.

Mereka menata kampung Kode agar lebih mengikuti kontur alam, dan melakukan pengecatan dengan berbagai warna yang beragam. Kontur alamnya yang berbukit dipadukan dengan cat berwarna-warni indah, menjadikan kampung ini ramai dikunjungi generasi milenial untuk sekadar berfoto.

Terbang ke Yogyakarta adalah pilihan terbaik, ada banyak maskapai yang melayani rute penerbangan ekonomi ke kota ini. https://www.traveloka.com/batik-air adalah alamat pemesanan Batik Air dari Traveloka. 

Bila kamu dari Jakarta, ada pilihan terbang lebih pagi pukul 09.00 WIB dan paling sore 18.15 WIB. Tiap hari melayani 7 penerbangan dengan jam yang berbeda, berangkat kapanpun waktunya tetap menyenangkan karena keindahan Yogyakarta itu sepanjang waktu.

Kalilo, Banyuwangi

sumber: iklantravel.com

Jawa Timur sepertinya memang cukup serius untuk menciptakan beberapa kampung warna di daerahnya, tak hanya Gresik dan Malang saja, di Banyuwangi juga ada kampung warna namanya Kampung Warna Kalilo Banyuwangi.

Rumah-rumah di bantaran sungai Kalilo pun disulap menjadi lebih cantik. Pemukiman ini pun akhirnya mampu menarik banyak pengunjung untuk datang ke Kalilo. Hal ini membuktikan jika usaha pemerintah, mahasiswa dan masyarakat dalam membangun Kalilo untuk menjadi lebih indah telah berhasil.

Kampung Warna Bobotsari, Purbalingga

sumber: jateng.merdeka.com

Apa yang membuat kampung ini berbeda dari yang lain? Pertama kampung ini masih berada di kawasan yang sangat asri, sehingga hijaunya pepohonan menambah nilai tersendiri untuk kampung warna-warni yang satu ini. 

Selain itu pula terdapat 3 zona foto yang sengaja dipersiapkan. Yaitu, zona pola warna, zona lorong warna, dan zona lukisan 3D. Sudah dapat ditebak, keberadaan kampung ini mampu menarik pengunjung, yang tentunya juga menguntungkan bagi warga di sana.

Jika kamu ingin segera mengunjungi tempat-tempat tersebut, selalu cek harga tiket Batik Air untuk pendapatkan harga terbaik dari Traveloka. Tak harus mengunjungi websitenya, kamu bisa install aplikasinya di smartphone dan iseng-iseng cek tiket pesawat ke kota-kota tadi di waktu senggangmu.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D