Thursday, December 7, 2023

...

Warna Warni Keceriaan: Mengapa Mengenalkan Warna pada Si Kecil Itu Penting?

 


Bukan hanya stimulasi gerak dan auditori saja, ternyata mengenalkan warna pada si kecil itu penting banget. 

Hai, Moms dan pembaca setia novitania.com! Hari ini, kita akan ngobrolin sesuatu yang seru dan bermanfaat buat tumbuh kembang si kecil, yaitu mengenalkan warna sejak dini. Bukan tanpa alasan, lho! Yuk, simak kenapa sih mengenalkan warna pada si kecil itu penting banget? 

Talkshow Pentingnya Mengenalkan Warna Sejak Dini Pada di Kecil 




Jadi, materi menarik mengenai keterkaitan warna dengan tumbuh kembang anak ini aku dapat dari Takshow Interaktif yang digelar oleh Farlin di IMBEX 2023 kemarin. Kurang lebih sekitar 1 jam, dr. S. Tumpal Andreas, M.Ked. (Ped) Sp. A dan Ibu Desvita dari Jr Brand Manager Farlin, memberikan materi dan informasi luar biasa pada para Moms yang hadir. 



Di talkshow kemarin, dr. Andreas menjelaskan kalau tenyata sejak usia dua bulan, anak sudah bisa mengenal warna-warna dasar lho. Karena itulah, orang tua harus memberikan stimulus dan mengenalkan aneka warna. Nah, berikut ini adalah manfaat mengenalkan warna pada si kecil: 

1. Mengasah Kemampuan Sensorik 
Pertama, warna-warni itu nggak cuma buat bikin mata happy, tapi juga berperan penting dalam pengasahan kemampuan sensorik si kecil. Dengan mengenal warna, mereka bisa melatih mata untuk mengenali perbedaan visual dan meningkatkan koordinasi mata-tangan. Jadi, saat mereka meraih mainan atau alat makan berwarna-warni, mereka sedang menjalankan latihan seru yang bikin otak dan mata semakin jago! 

2. Membangun Imajinasi dan Kreativitas 
Warna adalah kunci pembuka pintu dunia imajinasi yang luas. Dengan memberikan si kecil akses ke palet warna, kita memberi mereka kesempatan untuk mengeksplorasi dan menciptakan sesuatu yang unik. 

3. Memperkaya Kosakata Si Kecil
Warna itu nggak cuma sekadar merah, kuning, atau biru, tapi ada coral, lavender, magenta, dan sebagainya. Dengan mengajak anak mengenal warna-warna ini, kita turut memperkaya kosakata mereka. Nantinya, mereka nggak hanya bisa menyebut warna dasar, tapi juga bisa berkreasi dengan bahasa dan melibatkan warna dalam cerita-cerita mereka. Seru, bukan? 

4. Memahami Emosi 
Eits, jangan salah! Warna juga bisa jadi alat komunikasi si kecil terhadap perasaan mereka. Saat si kecil suka dengan warna-warna cerah, mungkin itu mencerminkan kebahagiaan dan keceriaan mereka. Sebaliknya, warna gelap bisa mencerminkan suasana hati yang sedang tidak begitu baik. Dengan mengenali ini, kita jadi lebih peka terhadap perasaan si kecil dan bisa memberikan dukungan yang dibutuhkan. 

5. Menciptakan Koneksi Bersama Anak 
Mengenalkan warna bukan hanya sekadar kegiatan belajar formal. Ini adalah momen kebersamaan yang penuh tawa dan canda. Aktivitas mengenalkan warna bukan cuma berharga untuk si kecil, tapi juga menjadi kenangan indah yang bisa kita nikmati bersama sebagai keluarga. 

Grow with Colors, Grow with Farlin 




Menurut dr. Andreas, mengenalkan warna pada anak itu nggak perlu ribet-ribet kok Moms. Apalagi sampai membelikan mainan ini dan itu. Kita bisa mulai memperkenalkan warna pada anak, melalui alat makan yang memang dekat dengan keseharian si kecil. Dengan begitu, stimulusnya dapat berjalan maksimal sekaligus menambah nafsu makan si kecil. 

Lebih lanjut, dr. Andreas menjelaskan, dalam mengenalkan warna untuk pertama kali kepada anak, ada baiknya dimulai dengan warna-warna dasar seperti merah, biru, hijau, atau kuning. Moms juga bisa memperkenalkannya dengan barang sehari-hari juga, seperti sisir, teether, atau alat makan. Karena itu, Moms bisa memilih produk kebutuhan bayi yang memiliki varian warna dasar, seperti yang ada di produk-produk Farlin. 

Fyi, Farlin adalah brand dari taiwan yang sudah lebih dari 50 tahun ahli dalam memproduksi produk-produk untuk kebutuhan bayi dan anak. Dengan pengalaman selama lebih dari 50 tahun, serta didukung oleh uji klinis yang dilakukan di rumah sakit. 

Farlin juga selalu memastikan bahwa setiap produk tidak hanya memiliki kualitas terbaik, tetapi juga bisa menjawab kebutuhan Moms dan si kecil. Saat ini, Farlin didistribusikan oleh PT Interbat, salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, yang telah dikenal dengan dedikasi yang tinggi terhadap standar mutu dan keamanan produk. 



Kategori produk Farlin sangat beragam, antara lain: 

• Farlin Bon Bon Bowl 
Berupa set peralatan makan yang membantu proses mpasi si kecil dengan menyenangkan. Terdiri dari mangkuk dengan tutup yang bisa menempel ke meja, sendok silicon yang aman dan tidak menyerap bau, dan food divider untuk memisahkan makanan. 

• Farlin Rainbow Set Spoon 
Berupa set sendok yang memiliki warna beragam dan BPA serta Phyhalate Free. Memiliki 7 warna bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan mood si kecil. Ukurannya juga pas dengan mulut anak. 

• Farlin Lighting Ear Cleaner 
Berupa pembersih telingan yang aman untuk bayi dan anak. Dilengkapi dengan lampu di bagian pembersihnya, sehingga lebih mudah dan aman saat membersihkan telinga si kecil. 

• Aneka produk lainnya seperti Botol Susu dan Dot, Accessories, Oral Care, dan Hygiene.



Dengan beragamnya produk yang dimiliki oleh Farlin, menunjukkan bahwa Farlin selalu berusaha menjawab kebutuhan bayi. Tidak hanya itu, Farlin memiliki campaign Farlin Grow with Colors. Di campaign ini, Farlin ingin mengajak mama untuk mengenalkan warna yang beragam kepada si kecil. 

Pada fase awal, bayi lebih cenderung melihat dunia dalam kontras hitam-putih dan nuansa abu-abu. Warna-warna cerah dan kontras tinggi akan lebih menonjol. Penggunaan warna berkontras tinggi dan cerah juga lebih menarik perhatian bayi dan membantu mereka mengidentifikasi perbedaan visual. Berbicara kepada bayi tentang warna, bentuk, dan pola dapat memperkaya pengalaman belajar mereka. 

Melalui pendekatan ini, kampanye "Grow with Colors" dapat menjadi panggilan kepada para orang tua untuk lebih memahami kebutuhan sebenarnya dari si kecil dan memilih produk yang tidak hanya estetis tetapi juga mendukung perkembangan dan kesejahteraan mereka. 

Oh iya, detail mengenai produk Farlin dan campaign Grow With Colors juga bisa dicek di www.farlin.id ya. Produknya juga tersedia di E-commerce. Biar nggak ketinggalan info bisa follow Instagram dan Tiktok Farlin juga ya Moms! 

Jadi, tunggu apa lagi, Moms and Dads? Yuk, buka palet warna-warni kebahagiaan untuk si kecil dan buatlah momen belajar yang tak terlupakan bersama Farlin! ^_^




10 comments:

  1. Nah iya nih setuju dengan pak dokter, produk Farlin warna warni ya sekalian mengenalkan warna pada mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mak Tati, tumbuh kembang anak jadi optimal ya

      Delete
  2. Makasih banyak mba, artikelnya bermanfaat bgt, makasih juga rekomendasi produknya. Produknya lucu lucu banget 🙌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, kalo gini mamanya juga jadi pengen ngoleksi ya

      Delete
  3. Salfok sama sendok gemesnya deh, warna warni lucu gitu. Anak anak pasti happy ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak emang jadi happy terus makannya juga jadi semangat mba. Karena sendoknya super lucu dan colorful

      Delete
  4. Kayanya aku butuh ear cleanernya nih, soalnya ada lampunya jadi lebih safety ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada lampunya, terus ujungnya itu ga keras atau kasar jadi ga bakal sakit deh

      Delete
  5. Baca ulasannya menarik banget, produknya emang berkualitas semua ya. Btw spill promonya dong mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Promonya biar makin update, bisa di cek di Medsos Farlin atau e-commerce nya ya. Linknya sudah aku sertakan di bagian bawah artikel.

      Delete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D