Tuesday, May 29, 2018

Berkunjung ke Kids Republic Grand Galaxy Bekasi, Sekolah Terbaik dengan Metode Montessori


Montessori is an education for independence, preparing not just for school, but for life ~ dr. Maria Montessori

Sudah hampir 6 tahun, saya concern belajar tentang pendidikan. Mengenyam bangku kuliah S1 dan S2 di bidang pendidikan itu rasanya masih kurang. Seperti ada dan terus ada lagi yang harus saya pelajari. Terutama soal metode pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini.

Menurut saya, mengajar yang paling sulit adalah mengajar anak-anak usia dini. Di mana guru tidak hanya dituntut untuk bisa mengajari, tapi juga membimbing, mencontohkan, dan menyayangi sepenuh hati. Ibaratnya guru anak usia dini, harus berperan sebagai guru dan orang tua di sekolah secara bersamaan.


Hal itu yang saya rasakan saat saya berkunjung ke Kids Republic yang ada di Sekitaran Grand Galaxy Bekasi. Saya menemani teman yang ingin survei tempat sekolah terbaik untuk anaknya. Saat itu, memang sedang open house, di mana orang tua dan anak bisa berkunjung dan melihat langsung bagaimana proses belajar mengajar di sana.

Ada satu hal yang membedakan Kids Republic dengan sekolah lainnya, yaitu Metode Montessori yang digunakan. Montessori adalah metode pendidikan yang ditemukan dr. Maria Montessori kurang lebih 100 tahun lalu. Beliau merupakan lulusan dari sekolah kedokteran pada tahun 1869 dan menjadi salah satu dokter wanita pertama di Italia.

Pekerjaannya sebagai dokter mempertemukan ia dengan anak-anak, sejak itulah dr. Montessori mulai tertarik dengan dunia pendidikan dan mengembangkan metode ini sebagai hasil dari penelitiannya terhadap perkembangan intelektual anak yang mengalami keterbelakangan mental.

Ciri-ciri metode pendidikan montessori adalah adanya penekanan terhadap aktivitas pengarahan diri pada anak, dan pengamatan klinis dari guru yang berfungsi sebagai fasilitator atau pendamping. Metode ini juga menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar dengan tingkat perkembangan anak dan peran aktivitas fisik dalam menyerap mata pelajaran secara akademis maupun keterampilan praktik secara langsung.

Tidak sampai di situ saja, metode ini juga menggunakan peralatan auto correction untuk membantu anak belajar dengan baik. Penggunaan peralatan tersebut bertujuan agar anak mengerti soal benar atau salah terhadap perbuatan yang telah dilakukan, sehingga anak bisa mengoreksi dirinya sendiri.


Nah, hal ini tanpa disadari membuat sang anak menjadi lebih paham atas kesalahan yang dilakukan, tanpa perlu diberitahu oleh pendidiknya. Itu sebabnya, sekolah dengan metode ini tidak mengenal adanya reward dan punishment (hadiah dan hukuman).

Kids Republic Grand Galaxy adalah cabang dari Kids Republic Cipinang Muara. Walaupun baru buka, tapi Kids Republic ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang tidak kalah lengkap dengan yang di Cipinang Muara.

Kids Republic Grand Galaxy menyediakan 5 kelas, yaitu
Baby, 6 months – 1 year
• Toddler, 1 – 2 years
• Mayor, 2 – years old
• Minister, 3 – 4 years old
• President, 4 – 6 years old

Ada 7 hal yang diajarkan di Kids Republic, yaitu:
1. Hands on approach
2. Freedom within limits
3. Concrete to abstract, simple to complex
4. Independency
5. Meaningful activity and materials
6. Following the child
7. Respecting others

Melalui metode montesorri yang diajarkan di Kids Republic diharapkan anak akan mandiri dan dapat menyelesaikan pekerjaan atau permasalahannya sendiri. 


Bukan hanya itu saja, yang membuat Kids Republic ini menarik perhatian saya adalah adanya time check setiap pagi. Di mana seluruh anak akan di cek suhu tubuhnya untuk memastikan mereka baik-baik saja.

Setelah selesai time check, maka anak dipersilahkan untuk bermain. Guru Kids Republic juga menekankan bahwa, playing time is learning time. Jadi waktu bermain anak di pagi hari, juga bagian dari proses pembelajaran.



Menurutku pendidikan adalah investasi, jadi orang tua tidak boleh main-main untuk urusan pendidikan anak. Selagi orang tua mampu, kenapa tidak menyekolahkan anak di tempat terbaik.

Lingkungan dan metode pembelajaran terbaik tentunya akan menuntun anak menuju gerbang kesuksesan di masa mendatang. Karena seperti apa yang dikatakan Albert Einstein, education is not the learning of facts, but the training the mind to think.

For more information
Email : info@kidsrepublic.sch.id
Facebook : Kids Republic School
Instagram : @kidsrepubliccenterbekasi
Youtube : Kids Republic School

4 comments:

  1. Pendidikan anak usia dini yang menggunakan metode seperti ini kira kira bakal bikin anak 'kalah'saat masuk SD ga sih mbak...? Soale setau ku metode ini kan minim pengenalan angka dan abjad ya, sementara sekolah dasar sekarang dituntut kudu udah bisa baca tulis...

    ReplyDelete
  2. Orang tua harus memfasilitasi belajar buat anak-anak, salah satunya sekolah berbasis montessori ini.

    ReplyDelete
  3. Sekolahnya bagus, dijamin anak bakal betah krn belajarnya sambil bermain

    ReplyDelete
  4. sistem no reward and no punishment ini menarik banget ya

    anak-anak tergerak untuk mengoreksi kesalahannya sendiri

    kerennn

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D