Sunday, November 26, 2023

...

Belajar Live Interaktif Berbeda dengan Belajar Online: Honest Review Belajar di Bimbel Sinotif

 


Ternyata belajar online dengan belajar live interaktif itu berbeda lho! 

Sebagai orang tua yang tengah dilema memilih tempat bimbingan belajar untuk anak, aku baru menyadari kalau belajar online dengan belajar live interaktif sangat jauh berbeda. 

Saat pandemi melanda beberapa waktu lalu dan pembelajaran diubah menjadi berbasis online, tidak dipungkiri memberikan dampak negatif untuk anak. Nilai anakku Raisha entah mengapa merosot tajam. Hal itu kemudian membuatku skeptis terhadap pembelajaran online. 

Menurutku belajar secara langsung dengan guru membuat anak lebih mudah mengerti mengenai materi yang diajarkan. Namun kendalanya adalah waktu anak-anak sering kali habis di sekolah, sehingga sangat takes time kalau harus bimbel di luar rumah. 

Kini aku menyadari, seiriing dengan perkembangan pendidikan dan media pembelajaran, tenyata belajar live interaktif justru sangat memudahkan bahkan rasanya seperti belajar di kelas pada umumnya, hanya saja dalam format digital. Nah, biar Moms makin paham, aku mau jelasin sedikit mengenai perbedaan belajar online dan belajar live interaktif ya. 

Perbedaan Belajar Online dengan Belajar Live Interaktif 




1. Karakteristik Utama
Belajar Online: Belajar online mencakup berbagai metode, termasuk kelas yang direkam, modul pembelajaran mandiri, dan forum diskusi. 
Belajar Live Interaktif: Belajar live interaktif terjadi pada waktu tertentu, melibatkan pertemuan langsung antara pengajar dan siswa melalui video konferensi, zoom atau platform serupa. Ini meniru pengalaman kelas pada umumnya namun dalam format digital. 

2. Waktu dan Fleksibilitas
Belajar Online: Memberikan fleksibilitas waktu yang tinggi. Namun, kekurangannya adalah kurangnya kehadiran langsung dan pengalaman kelas secara real-time. 
Belajar Live Interaktif: Menetapkan waktu tertentu untuk sesi pembelajaran, memberikan keuntungan pengalaman real-time, sehingga meningkatkan rasa keterlibatan dan disiplin belajar. 

3. Interaksi dan Keterlibatan
Belajar Online: Interaksi sering kali terjadi melalui forum diskusi atau email. Sehingga siswa dapat merasa kurang terhubung dengan pengajar dan sesama siswa. 
Belajar Live Interaktif: Memungkinkan interaksi langsung antara pengajar dan siswa. Melalui fitur-fitur seperti obrolan langsung, polling, latihan soal dan diskusi, keterlibatan siswa ditingkatkan, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis. 

4. Umpan Balik dan Evaluasi
Belajar Online: Umpan balik seringkali bersifat asinkron, dengan tanggapan yang mungkin memerlukan waktu lebih lama. Evaluasi kemajuan siswa seringkali dilakukan melalui tugas daring atau ujian. 
Belajar Live Interaktif: Umpan balik dapat diberikan secara langsung selama sesi pembelajaran, memberikan kesempatan untuk klarifikasi segera. Evaluasi kemajuan siswa dapat dilakukan secara real-time. 

5. Teknologi dan Aksesibilitas
Belajar Online: Memerlukan akses internet untuk mengakses materi. 
Belajar Live Interaktif: Tidak hanya bergantung pada koneksi internet yang stabil tapi juga memerlukan device seperti laptop, tab dan pen yang terhubung pada zoom dan aplikasi buku digital, untuk memudahkan siswa belajar dan latihan soal. 

Pengalaman Raisha Belajar Live Interaktif di Sinotif 




Setelah mengetahui perbedaan belajar online dengan belajar live interaktif, aku menyadari ternyata memang belajar interaktif bisa jadi solusi untuk mengatasi kesulitan belajar Raisha di sekolah terutama di bidang eksakta, sekaligus meningkatkan prestasinya. 

Beruntungnya, aku mengenal Sinotif yang merupakan bimbingan belajar live interaktif yang fokus pada 3 pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, Kimia. Sinotif sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun (berdisi sejak 25 Maret 2000). Di tahun 2020 kemarin, Sinotif telah melayani ribuan siswa dari berbagai kota di Indonesia dan 13 negara lho. 

Berikut ini aku spill pengalaman Raisha bimbel matematika di Sinotif ya. Siapa tahu, bisa jadi tambahan informasi para Moms, yang lagi cari tempat bimbel untuk anaknya. 



Jadi, sebelum Raisha belajar di Sinotif, aku konsul terlebih dahulu dengan Education Consultantnya. Aku dijelaskan detail sekali soal jenis kelas, metode pembelajaran, dan bagaimana sih cara belajar mereka. Dari situ aku tertarik banget. Tapi, biar bagaimanapun yang akan belajar adalah Raisha, jadi biar ia yang menentukan keputusannya. 

Nah, alhamdulillahnya ada free trial class di Sinotif, di mana anak bisa coba belajar dulu secara gratis, sebelum memutuskan untuk lanjut. Yup, tau sendiri kan Moms, sometimes anak juga memiliki pendapatnya sendiri. 

Setelah mendapatkan jadwal belajar, aku diminta untuk menyiapkan laptop atau tab dan pennya. Yup, karena di Sinotif bukan hanya belajar online yang cuma menonton video saja, tapi betul-betul belajar langsung dengan gurunya secara live interaktif 2 arah. 

Perlu diketahui juga nih Moms, belajar live interaktif Sinotif tidak lagi menggunakan kertas, alias paperless, karena semuanya sudah tersedia di aplikasi one note, jadi semuanya terpantau dengan jelas. Materi apa yang anak pelajari, soal yang diberikan dan bagaimana cara anak menjawab. 

Jujurly, mendampingi Raisha belajar di Sinotif aku amaze banget. Gurunya ramah banget menerangkan, sehingga Raisha terlihat nyaman. Penjelasannya juga detail dan mudah dimengerti. Setelah menanyakan kesulitan Raisha dan menerangkan, gurunya juga memberikan soal untuk Raisha kerjakan melalui buku catatan digital. 



Nah, dengan adanya buku catatan digital, membuat guru dan siswa berkolaborasi menyimpan catatan, gambar otomatis dibagikan secara realtime. Selain itu, penggunaan pen tablet juga membuat kemampuan kinestetik anak tetap bisa berkembang lho. 

Kurang lebih dua jam Raisha belajar di Sinotif, ia happy luar biasa, katanya Matematika nggak sulit lagi. Buktinya ia bisa mengerjakan soal yang diberikan guru Sinotif. Aku sebagai orang tua pun merasa tenang karena Sinotif mampu mengcover semua kebutuhan belajar anak, terlebih ada laporan yang bisa kita pantau setiap saat. 

Biar makin jelas, berikut ini aku jelasin soal keunggulan Sinotif ya, Moms! 


7 Keunggulan Bimbel Live Interaktif Sinotif




1. Spesialis eksakta, yaitu: matematika, fisika, dan kimia 
Siswa dibimbing oleh tiga guru berbeda, untuk masing-masing mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Guru-guru Sinotif memiliki standar yang tinggi karena telah menjalani rangkaian pelatihan dan sertifikasi dari pakar pendidikan dan psikologi, sehingga tidak hanya ahli di bidangnya, melainkan juga paham akan karakter peserta didiknya. 

2. Program belajar sesuai kebutuhan 
Bahan ajar disusun secara khusus agar dapat memenuhi setiap kebutuhan. Dengan memperhatikan 4 aspek penting, antara lain karakter siswa, materi yang sedang berjalan, di mana siswa bersekolah, dan event apa yang akan berlangsung. Sinotif mengupayakan yang terbaik agar siswa belajar dengan tepat dan memperoleh hasil yang maksimal. 

3. Modul belajar lengkap dan sistematis 
Modul “Paket 7 Lapis” dari Sinotif, berisi rangkuman materi hingga soal-soal latihan dengan susunan yang sistematis. Siswa dapat memulai belajar dari "posisi apa pun" ia sekarang. Apakah ia merasa perlu pemahaman materi dari awal, apakah ia merasa perlu mendalami beberapa konsep, atau apakah ia merasa perlu tantangan yang lebih tinggi, semua bisa ia dapatkan. 

4. Pendekatan secara personal 
Sinotif menyesuaikan diri dengan karakter dan gaya belajar anak, karena pada dasarnya setiap anak pasti memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda. Pendekatan dilakukan secara personal untuk mendalami serta mengenal siswa lebih dalam, sehingga siswa dapat merasa nyaman dan dapat mengikuti sesi pembelajaran secara maksimal. 

5. Laporan belajar secara berkala 
Demi mendukung perkembangan belajar anak, Sinotif tentunya memerlukan kerja sama dari orang tua. Agenda komunikasi rutin bersama siswa dan orang tua, akan diselenggarakan secara rutin dan berkala untuk membahas evaluasi serta rencana belajar untuk siswa. Dan agar komunikasi perkembangan siswa tetap berlangsung tanpa menyita banyak waktu Anda, Sinotif juga akan terus melaporkan progress belajar siswa secara rutin setiap akhir sesi. 

6. Bisa tanya PR 24 jam nonstop 
Belajar dari mana saja dan di mana saja dengan seratusinstitute.com, website e-learning berisi bahan-bahan belajar dan latihan soal dengan pembahasan yang disajikan dalam bentuk teks dan vidio. Siswa juga dapat menanyakan PR selama 24 jam nonstop melalui aplikasi Tanya Jawab Soal, yang akan dijawab oleh lebih dari 130 guru di Indonesia. 

7. Garansi Uang Kembali 
Garansi uang kembali tersedia untuk orang tua yang merasa khawatir, putra atau putrinya kurang cocok belajar bersama guru Sinotif. Hanya dengan mengambil Program Diamond, siswa secara otomatis terdaftar dalam program garansi uang kembali, tanpa tes, tanpa syarat dan ketentuan yang memberatkan siswa maupun orang tua. 

Nah, saranku buat Moms yang kebingungan mengejar ketertinggalan anak perihal mata pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia di sekolah, atau untuk mempersiapkan anaknya menuju sekolah atau kampus favorit, bisa coba bimbel live interaktif Sinotif. Nggak usah ragu, ikutan first trialnya aja dulu, gratis kok. Info detailnya bisa lansung cek website dan instagramnya @sinotif.official ya! ^_^





No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D