Friday, November 3, 2023

...

Wakaferse Intimate Gathering Zona Madina: Bersama Lebih Bermakna

 

wakaferse zona madina

Belakangan ini, dunia sedang tidak baik-baik saja. Genosida yang terjadi di Palestina, rasanya cukup dalam menguras air mata dan kepedihan. Hatiku terus bertanya, kiranya apa yang dapat aku lakukan untuk memperbaiki keadaan? Rasanya malu sekali, berkaca dengan masyarakat Palestina yang Allah berikan kekuatan dan kemuliaan, sedang aku masih terseok-seok menyempurnakan ibadah. Tapi, dari situ aku menyadari belum ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. 

Sambil tetap memanjatkan doa, mari sejenak kita kesampingkan dulu apa yang terjadi di Palestina. Di postingan kali ini, aku ingin mengajak kalian untuk memahami sedahsyat apa manfaat Wakaf untuk ksejahteraan masyarakat. 

Yup, beberapa waktu lalu, aku berkesempatan menghadiri Wakaferse Intimate Gathering yang berada di Zona Madina. Acara digelar begitu khusu, dekat dan menyenangkan. Selain diajak berkeliling kawasan, aku dan peserta lain juga berkesempatan mendengarkan kajian yang materinya luar biasa. 

Wakaferse Intimate Gathering: Bersama Lebih Bermakna 


intimate gathering dompet dhuafa


Tiba di Zona Madina, aku cukup amaze. Ternyata luas dan lengkap banget lho! Ini sih patut disebut hidden gem, karena banyak masyarakat di luar Bogor yang belum tahu soal kawasan Zona Madina ini. Zona Madina yang dikelola Dompet Dhuafa merupakan kawasan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan, dibangun di atas tanah wakaf selus 8,5 Ha di wilayah Kemang - Bogor. Program pemberdayaan Zona Madina mencakup 4 kecamatan, yaitu Kemang, Parung, Ciseeng dan Tajur Halang. 

Jadi, awal mula dibangunnya Zona Madina karena Dompet Dhuafa bersama para donatur ingin membangun peradaban Islam lewat di wilayah Jawa Barat, yang dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung. 

Dari sarana pendidikan, kesehatan, hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat Dari sarana pendidikan, Bumi Pengembangan Insani (BPI) hadir sebagai pusat rancang bangun program pemberdayaan masyarakat di bidang Pendidikan ala Dompet Dhuafa. Smart Ekselensia Indonesia, Sekolah Guru Indonesia, Jampang English Village dan beragam kegiatan pengembangan pendidikan lainnya juga ada di BPI yang saat ini berganti nama menjadi Lembaga Pengembangan Insani (LPI). 



Kemudian untuk menunjang pemberdayaan masyarakat dibidang Kesehatan, Zona Madina membangun RS Rumah Sehat Terpadu (RST). Hingga saat ini, RST telah menjadi rujukan pasien BPJS, dan klinik mitra lainnya. Urun tangan berbagai Lembaga Zakat berbasis korporat dan sejumlah perusahaan turut melengkapi layanan kesehatan di RST, yang saat ini aktif melayani pasien cuci darah gratis, hingga fasilitas mesin NICU/PICU. 

Tak hanya itu saja, dari program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, beragam pembudidayaan potensi lokal berkembang baik di sana. Dari program Kampoeng Ternak Nusantara (KTN) yang menjadi rujukan dan percontohan ternak kambing di sejumlah daerah, budidaya ikan hias, produksi jajanan khas berbasis UKM, maupun budidaya jamur, terus menopang tambahan ekonomi masyarakat di wilayah Zona Madina. 



Zona Madina terus menambah programnya agar kebermanfaatan bagi masyarakat semakin bertambah dengan melakukan kegiatan program pemberdayaan masyarakat di bidang Dakwah dengan berdirinya Masjid Al Madinah atau yang juga dikenal dengan Masjid Kubah Merah Putih yang semakin melengkapi Zona madina sebagai pusat dakwah dari peradaban Islam di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. 

Saat ini Zona Madina didesain dan dikembangkan dengan konsep kawasan tumbuh dan terpadu dengan landasan tata nilai Islam yang rahmatan lil ‘alamin dengan tujuan sebesar-besarnya membangun pemberdayaan masyarakat dalam arti luas meliputi pemberdayaan Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan pemberdayaan Budaya, yang bersumber dari optimalisasi dana Zakat, Infak, Sedekah serta Wakaf yang dipercayakan melalui Dompet Dhuafa Republika. 



Kalau ke Zona Madina, jangan lupa untuk mampir ke Madaya Coffee, karena kopinya enak banget. Harganya juga terbilang affordable. Di sebelahnya ada playground, lengkap dengan aneka permainan. Dijamin deh anak-anak pasti suka. Kalau bosan bermain, bisa mampir ke Madina Zoo untuk melihat aneka satwa koleksi Zona Madina. 

Sebelum pulang, aku dan peserta lain juga mampir untuk mengeksplorasi Sekolah SMART Ekselensia Indonesia. Sekolahnya bersih, rapih dan juga penuh dengan prestasi. Begitu masuk kita akan disambut oleh rak tinggi besar yang penuh dengan piala. 



Lepas berkeliling Zona Madina, aku menyadari satu hal betapa tidak mudah memang meneruskan perjalanan Rasulullah SAW untuk mengembangkan peradaban baru. Tapi, aku yakin ikhtiar membangun peradaban Islam di Zona Madina ini dapat membawa bangsa menuju arah kebaikan yang lebih bermoral dan kehidupan masyarakatnya semakin tegap berdiri sejahtera. 

Wakaferse, Teruskan Kebaikanmu Pahala Mengalir Abadi 




Pernah terbayang nggak sih, kalau pada akhirnya wakaf menjadi sebuah gerakan yang masih dan terkoordinasi dengan baik. Aku yakin, masyarakat pasti aman dan sejahtera. 

Yup, wakaf memiliki manfaat dan esensi luar biasa untuk umat. Kalau dulu, wakaf indentik dengan tanah, bangunan atau gedung. Dompet Dhuafa membuat wakaf menjadi semakin mudah. Kini, kita bisa wakaf kapan saja dan di mana saja, bahkan mulai dari seharga kopi lho. 

Dompet Dhuafa menghadirkan Wakaferse, sebuah gerakan semesta berwakaf untuk mendorong “inisiatif” wakaf masyarakat seluas-luasnya, terutama wakaf uang. Jika jumlah yang berwakaf setiap bulannya ada satu juta orang dengan masing-masing wakaf sebesar Rp10.000,- maka akan terhimpun wakaf sebesar 10 Milyar. 

Dana yang terhimpun akan diinvestasikan dalam Aset wakaf produktif, antara lain: Sekolah, Rumah Sakit, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Industri, dan lain sebagainya. Hasil surplusnya akan mengalir kepada para maukuf alaih/penerima manfaat. Serta, selama menghasilkan surplus wakaf, pahala kebaikannya pun akan mengalir kepada wakif meski sudah wafat. 



Melalui Wakaferse, Dompet Dhuafa berkhidmat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan  penggalangan Wakaf Uang dan instrumen wakaf lainnya secara amanah, produktif, dan profesional. Wakaf sendiri dapat berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar untuk masyarakat. Yuk, semangat berwakaf, teruskan kebaikanmu, pahala mengalir abadi!





No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D