Monday, May 20, 2024

...

Kurban Mendekatkan: Hapuskan Jarak, Rekatkan Kebaikan!

 


Time so flies ya! Rasanya baru kemarin kita merayakan hari raya Idul Fitri, eh sekarang sudah mau Idul Adha. Nah, di postingan kali ini, aku mau bahas tentang satu momen yang selalu membawa kebaikan dan kehangatan dalam kehidupan kita. Yup, kalian pasti sudah bisa menebak—Kurban! 

Setiap tahun, perayaan ini tidak hanya menjadi ritual keagamaan, tapi juga ajang untuk mendekatkan kita satu sama lain, menghapuskan jarak, dan merekatkan kebaikan di antara kita. Yuk, kita bahas lebih lanjut! 

Kurban Mendekatkan: Hapuskan Jarak, Rekatkan Kebaikan 




Bagi sebagian besar dari kita, mungkin kurban identik dengan hewan ternak, daging, dan perayaan. Tapi, pernahkah kalian berpikir tentang makna mendalam di balik semua itu? Kurban adalah tentang pengorbanan dan berbagi. Ketika kita berkurban, kita tidak hanya memberikan daging kepada mereka yang membutuhkan, tetapi juga menyampaikan pesan cinta dan kepedulian. 

Semua itu makin aku sadari saat hadir ke acara media briefing yang digelar oleh Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa beberapa waktu lalu. Berlokasi di Lokananta, acara digelar cukup intimate. Sejumlah narasumber turut hadir untuk memaparkan informasi terkini seputar kurban dan program THK Dompet Dhuafa yaitu: 

  • Bobby P. Manulang, Ketua THK 1445H 
  • M. Ishak Razak, Senior Researcher CORE Indonesia 
  • Agus Salim, Pendamping Peternak DD Banten 
  • Iwan, Peneriman Manfaat Program Peternakan DD Banten 

Fyi, Kurban menjadi landasan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Tentunya dengan target penerima manfaat baik dari hulu maupun hilir. 

Di hulu, THK 1445 H Dompet Dhuafa merangkul para peternak binaan dan mitra Dompet Dhuafa sebagai penerima manfaat program di bidang peternakan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan pendampingan yang intensif, harapannya dapat menumbuhkan jumlah peternak mandiri. 

Sementara di hilir, THK berkomitmen mendistribusikan hingga pelosok Indonesia dan ke luar negeri. Hal tersebut merupakan komitmen Dompet Dhuafa dalam meratakan konsumsi daging bagi masyarakat kelas menengah ke bawah, khususnya wilayah-wilayah minus kuota daging kurban. Sehingga di kota-kota besar tidak lagi memiliki catatan surplus daging kurban. 

Bisa dibilang, THK Dompet Dhuafa cukup banyak melakukan inovasi, yang menyasar masyarakat-masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. Hal ini tentunya berbasis peternakan rakyat dan ingin memutus kartel-kartel peternakan. 

Yup, kamu pernah denger nggak kalau menurut data yang ada, sebanyak 40% kebutuhan daging Indonesia masih impor lho. Ini akan sangat berbahaya bila kita terus menerus mengimpor daging. Belum lagi tingkat konsumsi daging yang belum merata di masyarakat. Dengan adanya kurban diharapkan ada peningkatan baik konsumsi daging maupun perbaikan tingkat gizi di masyarakat pedesaan. 

Yah, nggak dipungkiri, selama ini kita masih terkendala di sektor peternakan yang terhambat oleh luasnya pergerakan kartel. Nah, Lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa diharapkan dapat memutus mata rantai pergerakan kartel di sektor peternakan. Sehingga pembeli dengan peternak dapat langsung bertransaksi. 

Bagaimana Kurban Menggerakkan Peternakan Rakyat? 




Seperti yang sudah aku jelasin tadi, Dompet Dhuafa melalui program THK 1445 H mengusung semangat tema 3 PASTI, yaitu: 
  1. Pasti Jantan, program THK Dompet Dhuafa berkomitmen untuk memastikan hewan kurban yang disembelih adalah berkelamin jantan. Dengan memastikan hewan kurbannya jantan, pasokan daging dan populasi hewan kurban untuk periode berikutnya dapat terjaga. 
  2. Pasti Lolos Quality Control, merupakan hal terpenting dalam penyediaan hewan kurban agar layak secara mutu kesehatan, bobot optimal dan usia hewan kurban yang pantas untuk digunakan saat kurban nanti. Dompet Dhuafa bekerjasama dengan dinas kesehatan hewan dan menjaga asupan pangan, serta kebersihan kandang. 
  3. Pasti Distribusi Hingga Pelosok Negeri, hal ini sebagai komitmen Dompet Dhuafa dalam meratakan konsumsi daging kurban di wilayah-wilayah dengan minus pasokan daging kurban setiap tahunnya. 

Dengan mengedepankan 3 PASTI tersebut, Dompet Dhuafa tidak hanya menonjolkan kuantitas, tapi juga kualitas. Tidak hanya membahagiakan para penerima kurban, tapi juga para peternak di daerah. Yup, kalian ngerasa nggak sih, kalo penyebaran kurban tuh sering kali nggak merata. Di kota besar misalnya, kurban bisa dibilang cukup melimpah. Sementara di pedalaman, ada satu kambing kurban aja rasanya syukur Alhamdulillah. 

Hadirnya Dompet Dhuafa dalam program Tebar Hewan Kurban ini tentunya menjadi perubahan dalam pengelolaan kurban, sehingga daerah-daerah pelosok turut merasakan kehadiran kurban di wilayahnya. 

Lebih lanjut, Iwan selaku Penerima Manfaat Program Peternakan Dompet Dhuafa Banten mengatakan program THK Dompet Dhuafa ini membawa banyak kebahagian termasuk untuk peternak seperti dirinya. 
"Saya awalnya intervensi dari Kampus Bisnis Umar Usman dengan 20 ekor hewan ternak. Dan Alhamdulillah tahun ini Dompet Dhuafa Banten mendorong saya untuk terus memajukan peternakan. Saat ini mencapai 100 ekor ternak yang saya Kelola”. kata Iwan. 

Rekatkan Kebaikan Lewat Tebar Hewan Kurban 




Kurban mengajarkan kita bahwa kebaikan itu harus diwujudkan dalam tindakan nyata. Membagikan daging kurban adalah salah satu cara kita merekatkan kebaikan. Kita tidak hanya berbagi materi, tetapi juga kebahagiaan dan keberkahan. 

Mari kita bayangkan, ketika kita memberikan sepotong daging kepada mereka yang membutuhkan, kita sedang menanamkan benih kebaikan. Orang yang menerima bisa merasakan kebahagiaan dan, siapa tahu, mungkin mereka juga terinspirasi untuk berbuat baik kepada orang lain. Itulah efek domino dari kebaikan. 

Terlebih di era digital seperti saat ini, kita tak perlu repot mengantarkan sendiri hewan kurban ke daerah yang membutuhkan. Cukup amanahkan semuanya pada Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa yang telah bekerja sama dengan banyak peternak di daerah. Tinggal registrasi, isi data yang diperlukan, lalukan pembayaran, Insya Allah kurban kita akan dilakukan di derah tepat sasaran. 

Kita hanya tinggal menunggu laporan yang dikirimkan. Berupa surat ungkapan terimakasih, sertifikat dan foto prosesi pemotongan hewan kurban. Yup, semua proses yang dilakukan sangat terstruktur dan transparan. Sehingga kita tak perlu khawatir karena kurbanmu akan #SelaluTersampaikan. 

Jadi, gimana udah siap berkurban di Dompet Dhuafa? Langsung ke digital.dompetdhuafa.org/kurban ya! ^_^





No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D