Wednesday, May 8, 2024

...

Manfaat Vitamin D: Kunci Peningkatan Kognitif Anak!

 


Kalau flashback ke masa kecil dulu, rasanya beda banget dengan masa kecil anakku saat ini. Yup, dulu hari-hariku diisi dengan bermain di bawah sinar matahari. Nggak cuma di sekolah aja, pulang sekolah dan lepas makan siang aku langsung menuju lapangan di mana teman-teman sudah berkumpul. Kami kemudian main berbagai permainan tradisional yang sangat seru, mulai dari petak umpet, petak jongkok, main karet, kasti dan lain-lain. 

Saking asik main kadang sampai nggak sadar kalau badan sudah bau keringat ditambah dengan gosong terpapar matahari. Pokoknya, selama belum adzan Ashar ya, main aja terus. Baru kalau sudah adzan Ashar berkumandang, aku dan teman-teman bergegas pulang untuk mandi dan bersiap mengaji. 

Hal ini berbeda 180 derajat dengan anak-anak saat ini, di mana waktu bermain mereka lebih banyak di dalam kamar dengan AC yang menyala. Boro-boro deh keringetan terpapar matahari. Ini nih, yang kemudian bikin worry! 

Jujur, sebagai orang tua aku pribadi worry banget dengan rutinitas anak-anak saat yang ini yang lebih cenderung di dalam ruangan dan membuat kurang terkena sinar matahari. Padahal, sinar matahari juga punya manfaat yang bagus untuk tubuh, salah satunya sumber alami vitamin D yang sangat penting untuk perkembangan kognitif anak-anak kita. 

Webinar Sinotif: Orang Tua Harus Tahu! Pentingnya Vitamin D untuk Peningkatan Kognitif Anak 




Alhamdulillah, berbagai kekhawatiranku mengenai hal ini akhirnya terjawab di webinar Sinotif yang membahas seputar pentingnya vitamin D untuk peningkatan kognitif ini. Webinar kali ini cukup seru dan informatif, dengan menghadirkan narasumber ibu Tri Hastuti, selaku Kepala Cabang & Product Spesialist Parahita Diagnostic Center. 

Dalam webinar Sinotif kali ini, ibu Tri memberikan informasi penting banget. Tenang, buat Moms yang ketinggalan webinarnya, aku jabarkan lengkap dalam postingan kali ini ya. So, simak tulisanku sampai selesai ya!




Hubungan antara Sinar Matahari dan Kognisi Anak 

Kenapa sih matahari begitu penting? Jawabannya adalah vitamin D. Ini bukan hanya nutrisi biasa; ini adalah kunci yang membuka potensi kognitif anak-anak. Vitamin D tidak hanya memberi tulang yang kuat, tetapi juga memiliki peran besar dalam perkembangan otak. Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat mempengaruhi kinerja kognitif mereka secara signifikan. 

Mengapa Kekurangan Vitamin D Menjadi Perhatian? 

Di dunia modern ini, gaya hidup kita telah membawa kita ke dalam lingkungan yang sering kali jauh dari paparan sinar matahari yang cukup. Anak-anak lebih suka bermain di dalam ruangan dengan gadget daripada berjemur di bawah sinar matahari. Akibatnya, kekurangan vitamin D semakin umum terjadi pada anak-anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D berkaitan erat dengan penurunan kinerja kognitif pada anak-anak. 

Kunci Peningkatan Kognitif: Pastikan Kebutuhan Vitamin D Tercukupi 



Bagaimana vitamin D membantu meningkatkan kognisi anak-anak? Salah satunya adalah dengan mempengaruhi neurotransmitter dalam otak yang bertanggung jawab untuk pembelajaran dan memori. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sel-sel saraf, yang merupakan fondasi dari kinerja kognitif yang optimal. 

Jadi, apa yang dapat kita lakukan sebagai orang tua dan pembimbing untuk memastikan anak-anak mendapatkan cukup vitamin D? Salah satu cara terbaik adalah dengan menghadirkan mereka di bawah sinar matahari selama beberapa menit setiap hari. Mainkan permainan luar ruangan, pergi bersepeda, atau hanya berjalan-jalan di taman. Ini tidak hanya akan membantu mereka mendapatkan vitamin D yang mereka butuhkan, tetapi juga memberi mereka waktu untuk bersantai dan berinteraksi dengan alam. 

Selain itu, memperhatikan pola makan anak-anak juga penting. Makanan seperti ikan berlemak, telur, dan susu diperkaya dengan vitamin D dan bisa menjadi tambahan yang baik dalam asupan nutrisi mereka. Jika dirasa kurang, orang tua bisa memberikan suplemen yang mengandung vitamin D untuk anak. 

Namun, buat moms yang khawatir anaknya mengalami kekurangan vitamin D, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak ya! 

After webinar bersama Sinotif, rasanya nggak sabar deh menantikan materi menarik lainnya. Buat moms yang penasaran apa sih Sinotif itu, berikut aku spill sekilas info mengenai Sinotif ya! 

Sekilas mengenai Sinotif 




Sinotif merupakan bimbingan online interaktif yang fokus pada 3 pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, Kimia. Sinotif sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun (berdisi sejak 25 Maret 2000). Di tahun 2020 kemarin, Sinotif membuka kelas secara online dan telah melayani ribuan siswa dari berbagai kota di Indonesia dan 13 negara lho. 

Nah berikut ini keunggulan dari Sinotif: 

1. Spesialis eksakta, yaitu: matematika, fisika, dan kimia 
Siswa dibimbing oleh tiga guru berbeda, untuk masing-masing mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia. 

2. Program belajar sesuai kebutuhan 
Bahan ajar disusun secara khusus agar dapat memenuhi setiap kebutuhan. Dengan memperhatikan 4 aspek penting, antara lain karakter siswa, materi yang sedang berjalan, di mana siswa bersekolah, dan event apa yang akan berlangsung. 

3. Modul belajar lengkap dan sistematis 
Modul “Paket 7 Lapis” dari Sinotif, berisi rangkuman materi hingga soal-soal latihan dengan susunan yang sistematis. 

4. Pendekatan secara personal 
Sinotif menyesuaikan diri dengan karakter dan gaya belajar anak, karena pada dasarnya setiap anak pasti memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda. 

5. Laporan belajar secara berkala 
Adanya Agenda komunikasi rutin bersama siswa dan orang tua, akan diselenggarakan secara rutin dan berkala untuk membahas evaluasi serta rencana belajar untuk siswa. 

6. Bisa tanya PR 24 jam nonstop 
Belajar dari mana saja dan di mana saja dengan seratusinstitute.com, website e-learning berisi bahan-bahan belajar dan latihan soal dengan pembahasan yang disajikan dalam bentuk teks dan vidio. Siswa juga dapat menanyakan PR selama 24 jam nonstop melalui aplikasi Tanya Jawab Soal, yang akan dijawab oleh lebih dari 130 guru di Indonesia. 

7. Garansi Uang Kembali 
Garansi uang kembali tersedia untuk orang tua yang merasa khawatir, putra atau putrinya kurang cocok belajar bersama guru Sinotif. 

Yuk, pastikan anak-anak kita memiliki perkembangan kognitif yang baik dengan memastikan tercukupi kebutuhan vitamin D serta mendapatkan bimbingan belajar di bimbel berkualitas! ^_^






No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D