Tuesday, September 12, 2017

Kemudahan investasi Dunia Akhirat Melalui Fitur Baru Berwakaf

Life is not about getting and having, it's about giving and being.
Bicara tentang hidup, apa sih yang kita cari dalam hidup ini???

Hampir sebagian orang mencari kesuksesan dan kekayaan. Tapi apakah dengan kesuksesan dan kekayaan lantas membuat hidup kita bahagia??
Sepertinya nggak ya. Buktinya banyak orang kaya yang hidupnya nggak tenang, harus sewa body guard, tidur nggak nyenyak karena memikirkan banyak hal. Sementara orang yang hidupnya sederhana kadang bisa tidur nyenyak tanpa beban.
Karena sejatinya bahagia itu bukan melulu soal harta tapi juga soal berbagi pada sesama. 

Berbicara tentang berbagi, sudah paham dong ya dengan konsep sedekah??
Jadi sedekah itu terbagi menjadi 3, ada infak, zakat dan wakaf.

Infak adalah pemberian yang sifatnya sukarela dan nominalnya tidak ditentukan.
Zakat adalah pemberian yang nominal, waktu dan penerimanya sudah ditentukan dalam alquran. Sedangkan Wakaf adalah sedekah yang pahalanya mengalir terus sepanjang kebermanfaatannya.

Selain itu masih ingetkan ada 3 amalan yang pahalanya tidak terputus, doa anak sholeh, ilmu yang bermanfaat dan sedekah jariyah. 

Dan wakaf itu masuk kedalam sedekah jariyah lho. Kebayang nggak kalo kita berwakaf sekali aja dalam hidup kita, berapa banyak pahala yang akan mengalir. Nah, bak gayung bersambut, beruntung banget saya bisa hadir di acara "Jumpa Blogger Sun Life: Mudahnya Berwakaf Melalui Asuransi Syariah".


Bertempat di The Hook Cafe Senopati, Sun Life meluncurkan manfaat wakaf untuk produk asuransi jiwa syariah. Melalui manfaat ini, Sun Life tidak hanya menjawab kebutuhan nasabah akan protelsi dan perencanaan keuangan yang lebih baik, namun juga dapat memenuhi kebutuhan nasabah dalam beribadah, khususnya berwakaf. Nasabah dapat berwakaf dengan menggunakan manfaat asuransi dan manfaat investasi yang dimilikinya. 

Dalam acara tersebut, hadir pembicara keren yang memberikan pengetahuan seputar wakaf dan asuransi syariah; Srikandi Utami, Head of Syariah Unit Sun Life Financial Indonesia, Achmad Emir Farabie, Senior Manager Digital and Social Media Marketing Sun Life Finacial Indonesia dan H. M. Nadratuzzaman Hosen, Vice Chairman Badan Wakaf Indonesia.

Bu Srikandi Utami, Head of Syariah Unit Sun Life Financial Indonesia

Dalam bincang tersebut, para blogger dibekali ilmu seputar wakaf. Menurut Bu Elin, manfaat wakaf yang melengkapi polis asuransi syariah Sun Life berpotensi untuk mempermudah upaya mereka dalam melakukan pendekatan pasar yang didominasi oleh masyarakat muslim. Sedangkan bagi industri, kehadiran manfaat wakaf menjadi momentum baru yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan penetrasi asuransi jiwa syariah di Indonesia.



Pak Nadratuzzaman juga menjelaskan bahwa asuransi syariah berbeda pengolahan dananya dengan asuransi konvensional, sehingga asuransi syariah aman dan dibolehkan dalam islam. Selain itu beliau juga menjelaskan bahwa melalui program wakaf dalam asuransi jiwa syariah Sun Life, masyarakat mendapat dua keuntungan, keuntungan dalam berinvestasi di dunia dan investasi di akhirat.

Nah, dears sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui tuh. Kita bukan hanya berinvestasi di dunia tapi juga mendapat pahala yang insya allah mengalir terus untuk tabungan kita kelak di akhirat. 

Melalui asuransi syariah Sun Life, peserta asuransi bisa mewakafkan manfaat asuransinya hingga maksimal 45% dari santunan asuransi dan mewakafkan manfaat investasinya hingga maksimal sepertiga dari total kekayaan dan atau harta warisan (tirkah). Adanya batasan maksimal tersebut sesuai dengan fatwa DSN-MUI, dan berdasarkan fatwa itu, manfaat investasi harus tetap dapat dinikmati oleh ahli waris.

MUI mendukung penuh langkah Sun Life dalam memberikan fitur wakaf bagi pemegang polis syariah. Sebagai negara dengan jumlah pendudk muslim terbesar di Dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengumpulan dana wakaf. Tapi sayangnya, Menurut Dr. H. Fathurrahman Djamil, Ketua Dewan Pengawas Syariah dan Wakil Ketua DSN-MUI jumlah wakaf yang terkumpul masih jauh dari perkiraan. Berdasarka data Bank Indonesia, jumlah wakaf per Desember 2016 baru mencapai 3 miliar, sementara target wakaf sesuai dengan potensi pasar adalah 330 miliar.

Wah, masih jauh banget dari target yang diharapkan ya dears. Padahal Berwakaf melalui program asuransi itu manfaatnya besar banget lho. Manfaatnya tidak hanya dirasakan peserta asurasi, tapi juga ke masyarakat luas. Terlebih pahala yang didapat insya Allah mengalir tiada henti. 

Gimana dears, masih ragu dengan kemudahan berwakaf di asuransi syariah Sun Life? Kira-kira kamu ada pengalaman seru seputar wakaf dan asuransi syariah nggak? Share dong di kolom komen ^_^ 





No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D