Tuesday, September 12, 2017

Kemudahan Investasi Dunia Akhirat Melalui Fitur Baru Berwakaf


Life is not about getting and having, it's about giving and being.
Bicara tentang hidup, apa sih yang kita cari dalam hidup ini???

Hampir sebagian orang mencari kesuksesan dan kekayaan. Tapi apakah dengan kesuksesan dan kekayaan lantas membuat hidup kita bahagia?
Sepertinya nggak ya. Buktinya banyak orang kaya yang hidupnya nggak tenang, harus sewa bodyguard, tidur nggak nyenyak karena memikirkan banyak hal. Sementara orang yang hidupnya sederhana kadang bisa tidur nyenyak tanpa beban. Karena sejatinya bahagia itu bukan melulu soal harta tapi juga soal berbagi pada sesama. 

Berbicara tentang berbagi, sudah paham dong ya dengan konsep sedekah?
Jadi sedekah itu terbagi menjadi 3, ada infak, zakat dan wakaf.


  • Infak adalah pemberian yang sifatnya sukarela dan nominalnya tidak ditentukan.
  • Zakat adalah pemberian yang nominal, waktu dan penerimanya sudah ditentukan dalam alquran. 
  • Sedangkan Wakaf adalah sedekah yang pahalanya mengalir terus sepanjang kebermanfaatannya.
Pengalaman bekerja di salah satu lembaga amil zakat membuat saya cukup paham dengan konsep berbagi. Dan pengalaman spesial mengenai wakaf pernah saya alami saat saya bekerja di sana. Kala itu, ada seorang kakek datang kepada saya, dan mengungkapkan keinginannya untuk mewakafkan hartanya, tapi kemudian hal tersebut ditentang anaknya dengan alasan kondisi ekonomi mereka sedang memburuk. Anaknya juga khawatir, tak mendapatkan warisan/peningalan dari orang tuanya jika hartanya diwakafkan.

Hal tersebut sungguh menggelitik relung hati saya. Bagaimana mungkin keinginan mulia orang tua dapat ditentang oleh anaknya sendiri? Dan ternyata, hal yang saya alami bukan kali pertama. Banyak kasus serupa yang bahkan sampai di blow up media. 

Cukup lama saya mencari apa jalan keluar dari masalah ini. Menurut saya, wakaf memang bertujuan mulia, tapi juga jangan sampai niat mulia wakaf justru berubah menjadi perpecahan keluarga.

Bak gayung bersambut, Allah seperti menjawab doa saya. Masalah mengenai wakaf yang saya hadapi beberapa waktu lalu terjawab sudah. Walaupun saya sudah tidak lagi bekerja di lembaga amil zakat tersebut, tapi saya rasa hal ini penting untuk saya ketahui dan saya sampaikan ke orang lain. Bertempat di The Hook Cafe Senopati, Sun Life Financial Syariah menggelar acara bertema "Mudahnya Berwakaf Melalui Asuransi Syariah".

Materinya sangat menarik bagi saya, karena ternyata inilah jawaban yang selama ini saya cari. Dalam acara tersebut, hadir pembicara luar biasa yang memberikan pengetahuan seputar wakaf dan asuransi syariah; 

  • Srikandi Utami, Head of Syariah Unit Sun Life Financial Indonesia 
  • Achmad Emir Farabie, Senior Manager Digital and Social Media Marketing Sun Life Finacial Indonesia 
  • H. M. Nadratuzzaman Hosen, Vice Chairman Badan Wakaf Indonesia.

Menurut Pak Nadratuzzaman, saat ini banyak kemudahan dalam berwakaf, salah satunya adalah wakaf tunai. Wakaf tunai adalah wakaf yang dilakukan seseorang dalam bentuk tunai, seperti; uang, surat berharga, cek, saham dan lain-lain. Wakaf tunai juga dinilai memiliki fleksibilitas dan kemaslahatan besar yang tidak dimiliki benda lain. 


H. M. Nadratuzzaman Hosen, Vice Chairman Badan Wakaf Indonesia
Di beberapa negara Islam lain, Wakaf tunai ini sudah mulai digalakkan. Bahkan sejumlah peneliti keuangan menilai, wakaf tunai ini dapat menjadi solusi dalam pemberdayaan ekonomi nasional dalam mengentaskan kemiskinan. Hal itulah yang akhirnya mendasari Sun Life Financial meluncurkan kemudahan berwakaf dalam produk asuransi syariah.


Pilih Diwakafkan atau Diwariskan untuk Masa Depan Keluarga?

Berkaca dari pengalaman kerja saya, banyak orang tua yang saya temui mengalami dilema. Mereka memiliki keinginan besar untuk berwakaf, tapi juga ingin mewariskan harta yang dimilikinya untuk masa depan keluarganya. Kini hal itu bukan sebuah pilihan lagi, tapi sebuah paket kesinergian yang bisa kita lakukan secara bersamaan. 

Kemudahan berwakaf dalam asuransi syariah Sun Life Finacial ini menjadi solusi bagi muslim yang ingin berwakaf tapi juga ingin memastikan masa depan keluarganya terjamin dengan baik. Kalau bisa keduanya kenapa harus pilih salah satu, ya kan?

Melalui manfaat wakaf dalam asuransi syariah ini, Sun Life tidak hanya menjawab kebutuhan nasabah akan proteksi dan perencanaan keuangan yang lebih baik, namun juga dapat memenuhi kebutuhan nasabah dalam beribadah, khususnya berwakaf. Nasabah dapat berwakaf dengan menggunakan manfaat asuransi dan manfaat investasi yang dimilikinya. 


Halalkah Berwakaf melalui Asuransi Syariah?

Pertanyaan ini dapat terjawab jika kita sudah paham perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional. Pak Nadratuzzaman menjelaskan bahwa asuransi syariah berbeda pengolahan dananya dengan asuransi konvensional, sehingga wakaf dalam asuransi syariah halal dan dibolehkan dalam islam. 

Selain itu, beliau juga menekankan bahwa melalui program wakaf dalam asuransi jiwa syariah Sun Life Financial, masyarakat mendapat dua keuntungan, keuntungan dalam berinvestasi di dunia dan investasi di akhirat.




Saya jadi membayangkan, seandainya kemudahan wakaf dalam asuransi syariah ini sudah ada sejak dulu, maka tidak akan ada pertengkaran orang tua dan anak mengenai wakaf yang saya temui beberapa tahun lalu. Karena itu, apresiasi yang besar saya sampaikan kepada Sun Life Financial yang menjadi pionir dalam memberikan kemudahan berwakaf dalam asuransi syariah.

Lalu Apa Saja Manfaat Berwakaf Melalui Asuransi Sun Life Finacial Syariah?

Bu Srikandi Utami, Head of Syariah Unit Sun Life Financial Indonesia

Melalui asuransi syariah Sun Life, peserta asuransi bisa mewakafkan manfaat asuransinya hingga maksimal 45% dari santunan asuransi dan mewakafkan manfaat investasinya hingga maksimal sepertiga dari total kekayaan dan atau harta warisan (tirkah). Adanya batasan maksimal tersebut sesuai dengan fatwa DSN-MUI, dan berdasarkan fatwa itu, manfaat investasi harus tetap dapat dinikmati oleh ahli waris.

Manfaatnya antara lain:

  • Investasi dunia dan akhirat
  • Dapat berwakaf sekaligus memberi warisan untuk ahli waris
  • Aman, karena mitra wakaf yang terdafatar di Pemerintah dana peserta akan dikelola dengan profesional sesuai hukum yang berlaku
  • Semua polis asuransi syariah Sun Life dapat diwakafkan yaitu manfaat asuransi dan/atau manfaat investasinya
  • Peserta dapat memilih lembaga wakaf berizin pemerintah (ada 174 lembaga wakaf)
  • Sun Life langsung mengirimkan manfaat asuransi ke lembaga wakaf dan penerima manfaat
  • Peserta dapat mewakafkan ke lembaga wakaf/lembaga sosial yang terdaftar atas keinginan sendiri sesuai ketentuan underwriting yang telah berlaku
Apa Perbedaan Berwakaf langsung ke Lembaga wakaf dengan Berwakaf Melalui Asuransi Syariah Sun Life?

Mungkin banyak dari kita yang bertanya apa sih perbedaan dari keduanya. Dan ternyata, perbedaannya justru membuat saya semakin mantap berwakaf melalui asuransi syariah ini. Dengan berwakaf melalui polis asuransi syariah Sun Life kita tidak perlu menyetorkan langsung jumlah dana yang ingin kita wakafkan. 



Yah, seperti saya ini misalnya. Dari dulu saya bercita cita ingin berwakaf 500 juta untuk daerah sekitar tempat tinggal saya. Tapi apa daya, nominal wakaf yang ingin berikan belumlah ada seluruhnya. Tapi kini itu bukan masalah, wakaf melalui asuransi syariah Sun Life saya tidak perlu menyetorkan langsung 500 juta, cukup hanya memiliki polis asuransinya saja. 

Lalu kemana penyaluran wakaf asuransi syariah Sun Life?

Ada 174 lembaga wakaf berizin yang bisa kita pilih. Dan semuanya dikelola secara baik dan profesional sesuai dengan hukum yang berlaku. Beberapa contoh lembaga wakaf yang kredibel yang bisa kita pilih adalah Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, dan lain-lain. Rumah Sehat Dompet Dhuafa adalah salah satu contoh aplikasi dana wakaf. Rumah sehat tersebut dapat dinikmati secara gratis untuk masyarakat tak berpunya. 



Sebenarnya ini bukan kali pertama Sun Life Finacial menorehkan prestasinya. Sebelumnya telah banyak prestasi-prestasi lain yang diraih Sun Life dalam upaya memberikan proteksi dan perlindungan untuk masyarakat Indonesia. Bukan hanya itu saja, pemerintah dan MUI bahkan mendukung penuh langkah Sun Life dalam memberikan fitur wakaf bagi pemegang polis syariah. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di Dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengumpulan dana wakaf. Bisa dibayangkan, jika muslim di Indonesia sadar akan manfaat dan keberkahan berwakaf #LebihBaik dan proteksi dari asuransi syariah, maka bisa dipastikan pemberdayaan ekonomi nasional akan mengalami peningkatan.


Sun Life Financial Indonesia
Facebook: SunLifeIndonesia
Twitter: @Sunlife_ID
Instagram: @Sunlife_ID
Youtube: Sun Life Financial ID

Gimana dears, sudah yakin dengan kemudahan berwakaf di asuransi syariah Sun Life? Kira-kira kamu ada pengalaman seru seputar Berwakaf #LebihBaik dan asuransi syariah nggak? Share dong di kolom komen ^_^ 





52 comments:

  1. Keren bgt ada program wakaf di asuransi..kita memang hrs jeli klo pilih asuransi yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ria Buchari,

      Betul mba, jeli dalam memilih asuransi itu penting

      Delete
  2. Satu Cara mudah biar Aman dunia akhirat. Terkadang lupa bahwa meraih surga ternyata gampang dan mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mpo Ratne,

      Betul mpok, wakaf adalah solusi aman duniaa akhirat. Apalagi skrg ada fitur baru wakaf melalui asuransi

      Delete
  3. Programnya menarik, berasuransi sambil betamal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Echi Mustika,

      Menarik yaa, ibadah sekaligus proteksi masa depan

      Delete
  4. Asuransi sekaligus berwakaf sesuai syariat merupakan inovasi terbaru di dunia asuransi syariah. Selain tetap dpt menerima hasil dr asuransinya, dpt juga pahala dr wakafnya. Asyeek bgt deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dewi Nuryanti,

      Betul banget mba, ibadahnya dapet, proteksi juga dapet. Asik yaaa

      Delete
  5. Inovasi yang keren ya memudahkan orang untuk berwakaf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Leyla Hana,

      Keren ya mba, selain bisa beramal kita juga bisa merancang masa depan

      Delete
  6. Tadinya saya pikir Berwakaf hanya berupa tanah. Setelah membaca ini jadi paham tenyata banyak harta yang bisa diwakafkan. Termasuk sambil berasuransi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ria Bilqis,

      Iyaa pak, saya pun dulu berpikir seperti itu, tapi beberapa tahun ini wakaf tunai sudah mnjadi pilihan karena praktis dan siapapun bisa melakukannya

      Delete
  7. dari dulu aku pengen banget berwakaf nih, tapi belum pede kalo jumlahnya masih kecil. Nah pas baca postingan kamu ini kok aku jadi tertarik yaaa. makasih informasinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Novita levi,

      Wah terimakasih, semoga bermanfaat ya. Iyaa melalui wakaf sunlife ini kita ga harus punya nominal besar skrg kok, cukup beli polis dan tentukan nominal wakafnya.

      Delete
  8. Life is about giving and being, noted. Aku lagi mikirin tentang ini. Tentang tanggung jawab atas segala yang dimiliki di dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Helene Mantra,

      Iya mba, segalanya paati harus kita pertanggung jawabkan yaa

      Delete
  9. Wah, inovasi baru lagi nih... Terjamin banget pastinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai riyadiarisman,

      Betul kaka, inovasi baru yg kwren ini

      Delete
  10. Terobosan yg keren bgt!
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nurul Rahmawati

      Terobosan keren yang bisa jadi solusi dunia akhirat ya kak

      Delete
  11. Zaman sekarang makin mempermudah buat wakaf ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ivonie Zahra,

      Iya zaman skrng banyak kemudahan berwakaf mba

      Delete
  12. Wah, semua dimudahkan ya sekarang. Ga cuma urusan belanja, tapi juga urusan berbagi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Reh Ataleman,

      Iyaa semua maakin mudah mba, termasuk urusan ibadah

      Delete
  13. Asuransinya inovatif banget sayangnya aku udah punya asuransi sekeluarga, nanti deh kalo ada rejeki bisa jd pertimbangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kania safitri,

      Iya mba, terimakasih yaaa ☺

      Delete
  14. terimakasih buat pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Idfi Pancani,

      Sama sama kak. Semoga bermanfaat

      Delete
  15. Waaa sekarang orang beramal Makin mudah, ya. Banyak fitur kekinian dari produk keuangan yang menyesuaikan zaman Dan kemampuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anesa Nisa

      Betul kak, makin mudah dalam beribadah melalui fitur kekinian

      Delete
  16. Sunlife Financial ternyata lengkap juga ya. Termasuk soal syariah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Unggulcenter,

      Iyaa lengkap ya. Bisa investasi dunia dan akhirat

      Delete
  17. Asuransi syariah sedang jadi berkembang neh, jadi banyak pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Liswanti,

      Betul mba, banyak pilihan memang, tapi pilih yang bisa sekaligus berwakaf yaa

      Delete
  18. Wah, baru tau bisa berwakaf lwt asuransi nih. Taunya ya wakaf itu biasanya tanah dan bangunan, diwakafkan utk keperluan umum gitu. Hehe. Cetek Bt ilmuku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Noe Traveler,

      Iya mba, skarang ada wakaf tunai yang bisa diaplikasikan melakui polis asuransi ☺

      Delete
  19. Sun Life ini lg rutin roadshow ya? Dan materinya bagus - bagus tapi baru ini baca soal investasi akhirat, biasanya kan cuma dunia aja. Bagus banget mba infonya, cocok buat yg mau wakaf tapi bingung nyalurinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Putri KPM,

      Iya mba, bisa berwakaf skaligus proteksi masa depan.
      Terimakasih mba putri 😉

      Delete
  20. asuransi syariah, hmm penting nih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Andiyani Achmad,

      Penting mba, kita bisa investasi dunia skelaigus akhirat 😉

      Delete
  21. Inovasi yang keren banget nih mba. Thanks for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Marga Apsari,

      Terimakasih mba, semoga bermanfaat ya 😊

      Delete
  22. Wah, memang lbh enak kalau bisa melakukan dua hal sekaligus ya, drpd harus memilih hehe, antara berwakaf, atau diwariskan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Timo,

      Betul kak, kalo bisa keduanya kenapa harus pilih salah satu

      Delete
  23. Nambah informasi tentang wakaf dan adanya wakaf online via asuransi. Salam mba Novitania

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai D pusupa,

      Salam kenal juga mba, terimkasih, semoga informasinya bermanfaat yaa

      Delete
  24. Setuju mba. Buat aku, konsep kaya itu buka liat dr hartanya tapi liat dr sbrp banyak ia mampu berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Wian,

      Betul sekali, konsep kaya adalah dari seberapa banyak kita memberi.

      Delete
  25. Suka banget sama ini:

    "Life is about giving and being".
    Praktekknya sih memang kita memberi, padahal sebenarnya kita sedang "menabung" untuk akhirat ya, mbak.

    Kini semua berlomba-lomba ciptakan produk inovatif ya, mbak demi untuk sebuah kemudahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rosanna Simanjutak,

      Betul sekali mba, bukan hanya memberi tapi menabung untuk akhirat nanti. Dengan adanya wakaf asuransi ini ibadah jadi semakin mudah.

      Delete
  26. Wah sunlife financial menyediakan paket lengkap ya, investasi dunia akhirat. Inovasiny sangat memudahkan masyarakat super sibuk di zaman milenial skrg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Siti Mudrikah,

      Paket lengkap ya, investasi dunia sekaligus akhirat. Dan betul sekali, sangat mempermudah kita yang sangat sibuk ini.

      Delete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D