Saturday, February 15, 2020

...

Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition untuk Masyarakat Indonesia


Sebagai seorang perempuan dan juga ibu dari dua orang anak, aku merasa kesehatan anak dan keluarga adalah hal utama yang harus aku prioritaskan. Baru kemudian hal lainnya seperti pendidikan, kesejahteraan, dan sebagainya. Hal itu juga yang nampaknya menjadi fokus Danone SN Indonesia.

Beberapa waktu lalu, aku berkesempatan menjadi bagian dalam Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia. Bersama dengan teman blogger dan media, aku diajak berkunjung ke Pabrik Danone SN Indonesia dan PAUD Cerdas binaannya di daerah Citereup Bogor.

Super seru, fun dan intimate. Bahkan saat aku share keseruan acaranya di instastory, banyak teman-teman instagram yang berkomentar positif dan membalas ceritaku. Mereka bilang acaranya seru banget dan ternyata pabriknya tertib dan bersih sekali. Dan ada juga yang bilang anak PAUD nya gemesin hehe.

Yup, emang anak-anak PAUD Cerdas kemarin super gemesin sih. Jadi, di awal acara kami disambut dengan tarian selamat datang, dan kemudian tarian Isi Piringku. Hmmm, nggak usah kaget denger nama tariannya ya. Karena memang sedari dini penting banget mengajarkan anak tentang gizi. Biar mereka bisa tumbuh sehat dan berkembang dengan optimal.

Nggak cuma disuguhi tarian menarik, kami juga berkesempatan school tour, dimana aku amaze banget sama dekorasi dan kebersihan PAUDnya. Dinding-dindingnya penuh dengan mural edukasi, lalu juga banyak perlengkapan belajar yang mendukung aktivitas mereka di sekolah.


Kami juga mendampingi mereka belajar gizi Isi Piringku, dan mengenal apa saja sih yang harus mereka makan setiap harinya. Dan ternyata mereka paham lho, kalau untuk mencapai gizi seimbang mereka harus mengonsumsi karbohidrat, protein, sayur, buah dan susu. Luar biasa ya? ^_^

Selesai dari PAUD Cerdas kami kemudian menuju salah satu Pabrik Danone SN Indonesia yang tidak jauh lokasinya dari PAUD. Ini adalah pengalaman berharga buatku, nggak nyangka bisa masuk ke dalam pabrik dan melihat langsung bagaimana membuat susu (salah satu produk Danone SN Indonesia).

Pabriknya bersih, tertib dan suasananya begitu kondusif. Proses produksinya juga luar bisa ketat dan terjaga. Hampir 100% menggunakan mesin canggih sehingga terhindar dari kontak langsung dengan manusia. Aku yang melihat prosesnya saja berdecak kagum.

Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia


Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia luncurkan Laporan Keberlanjutan dengan periode pelaporan 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2018 sebagai komitmen transparansi untuk mengomunikasikan keberlangsungan bisnis serta dampak sosial perusahaan. Nah, Laporan Keberlanjutan ini menunjukkan bagaimana Danone SN Indonesia menjaga keberlangsungan berbagai aspek pemberdayaan masyarakat.

Dengan Laporan ini, Danone SN Indonesia dapat menyuarakan kontribusi langsung maupun tidak langsung dari inovasi produk, proses bisnis, hingga program edukasi terhadap masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan. Laporan ini juga menunjukkan komiten Danone SN dalam memberikan kesehatan melalui produk nutrisi ke banyak orang dan tentunya berkontribusi positif terhadap terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat di masa depan.

Seperti aku bahas di awal, memang saat ini yang menjadi fokus Danone SN adalah kesehatan ibu dan anak di Indonesia serta aspek terkait lainnya, yang tertuang dalam 6 pilar utama yaitu: Riset dan Inovasi, Rantai Nilai Nutrisi, Lingkungan, Pemberdayaan Masyarakat, Kepatuhan Bisnis, hingga Pengembangan Karyawan.


Ibu Connie Ang, selaku Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia menjelaskan,

“Kami berkomitmen untuk menjalankan aktivitas perusahaan dengan menerapkan berbagai aspek berkelanjutan serta menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi dan lingkungan. Kami ingin terus mendukung perkembangan anak yang sehat melalui pendekatan ilmiah, agar anak Indonesia tidak kurang asupan dan akses makanan bergizi. Sejalan dengan fokus pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia, kami hadir untuk membantu menjaga kesehatan anak Indonesia agar mendapatkan gizi yang baik sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki.”


Dalam sesi talkshow beberapa narasumber juga turut hadir, mereka memaparkan betapa pentingnya sustainability perusahaan untuk masyarakat sekitar, di antaranya:
  • Maria Dian Nurani, Ahli Bidang Keberlanjutan dari AICON
  • Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia
  • Dr. Ir. Dwi Hastuti, MSc, Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB).


Dari hasil pemaparan mereka aku jadi paham lho, ternyata memang penting untuk sebuah perusahaan memberikan sustainability report atau laporan keberlanjutan. Hal itu sebagai bentuk laporan yang dilakukan suatu perusahaan dalam rangka mengungkapkan (disclose) atau mengkomunikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik perusahaan secara akuntabel.

Dalam berbagai inisiatifnya, Danone SN Indonesia juga selalu bermitra dengan Pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Akademisi, dan juga masyarakat. Selain dapat menjadi satu sinergi yang baik, hal itu juga merupakan prinsip transparansi dan akutabilitas dari program yang dilakukan Danone SN Indonesia ^_^




No comments: