Friday, February 5, 2021

...

Dear Moms, Kenali Cemilan yang Baik Untuk Anak, Yuk!

 


Punya dua anak yang hobi ngemil itu rasanya happy tapi juga sekaligus was-was. Raisha dan Syauqi kompak banget nih perihal ngemil. Nggak heran sih, karena memang anak-anak menghabiskan banyak energi untuk bermain dan bereksplorasi, sementara perut kecil mereka tentu nggak bisa menampung energi dalam jumlah banyak sekaligus, jadilah mereka sering merasa lapar sebelum jam makan tiba. 

Menurut jurnal kesehatan yang aku baca, ternyata ngemil punya manfaat yang besar lho dalam mendukung proses tumbuh kembang anak. Eiitssss, tapi cemilannya tentu harus yang sehat ya. 

Memilih cemilan untuk anak itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Kenapa? Karena anak-anak mudah tergoda dengan sesuatu yang manis, lucu dan juga colorful, yang belum tentu memiliki nutrisi yang baik untuk mereka. Nah, karena itulah orang tua harus pandai memilih dan mengawasi cemilan apa sih yang baik dan juga sehat untuk dikonsumsi anak-anak. 

Kriteria Cemilan yang Baik untuk Anak 




Kayanya semua orang tua pasti setuju ya, kalau cemilan merupakan elemen makanan yang nggak bisa dipisahkan dari asupan harian anak. Bahkan berdasarkan studi yang telah dilakukan, ternyata hampir semua anak Indonesia (97,7%) mengkonsumsi lebih banyak cemilan dan minuman kemasan daripada sayuran dan buah-buahan lho. 

Terlebih kan, banyak banget pilihan cemilan di pasaran, yang membuat orang tua cukup kesulitan menentukan cemilan yang baik untuk anak. Soalnya, jujur saja, kadang-kadang cemilan yang memiliki kandungan yang baik belum tentu disukai anak-anak. Sedangkan cemilan yang kurang sehat, lho kok anak-anak suka banget ya. 

Aku sebagai orang tua, kini mulai menyadari bahwa memilih cemilan yang baik itu penting banget untuk kesehatan anak ke depan. Karena kalau sampai salah pilih cemilan, bisa memiliki berbagai akibat jangka panjang, seperti obesitas dan terganggunya daya tahan tubuh anak. 

Di masa pandemi seperti ini, di mana anak-anak menghabiskan waktu lebih banyak di rumah, yang tentunya jadi banyak ngemil, harusnya jadi momen, di mana orang tua menanamkan kebiasaan makan-makanan sehat, dan memilih cemilan yang baik untuk anak. Sehingga kelak, anak sudah mandiri dan mampu menentukan mana yang baik dan tidak untuk dirinya. 

Menurut, dr. Attila Dewanti Sp. A (K), dokter spesialis anak, ada beberapa kriteria cemilan baik untuk anak, yang patut menjadi perhatian orang tua, yaitu: 

• Pilih cemilan dengan kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak

• Pilih cemilan yang memiliki kandungan susu ataupun buah

• Pastikan anak mengonsumsi cemilan sesuai dengan porsinya, yaitu 2-3 porsi setiap hari untuk balita dan anak usia sekolah.

Lebih lanjut, dr. Attila menjelaskan bahwa cemilan yang mengandung susu dan buah memiliki beragam manfaat bagi anak-anak. Kandungan protein & kalsium yang ada dalam susu dapat menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. Dan kandungan berbagai vitamin dalam buah dapat membantu tumbuh kembang anak. Jadi, pastikan kriteria itu saat kita memilih cemilan baik untuk anak ya, Moms! 

#CemilanBaikUntukmu Dari Paddle Pop Untuk Anak Indonesia 




Ngomongin soal cemilan baik, beberapa waktu lalu aku berkesempatan ikut serta dalam Blogger Gathering bersama Paddle Pop. Di acara yang bertepatan dengan Hari Gizi Nasional itu, Paddle Pop, brand cemilan es krim anak dari Unilever Indonesia, memperkenalkan logo Cemilan Baik Untukmu

Logo ini merupakan wujud komitmen dalam menerapkan standar cemilan es krim yang lebih baik dan mengedepankan kandungan yang baik untuk anak, tentunya dengan rasa yang tetap enak dan disukai anak. 

Melalui komitmen #CemilanBaikUntukmu, semua es krim Paddle Pop dibuat khusus sesuai standar nutrisi tinggi dengan kebaikan susu & buah, serta membatasi tidak lebih dari kalori 110kkal, 12 g gula & 3 g lemak jenuh, untuk memenuhi asupan nutrisi sesuai kebutuhan anak. Standar ini telah mengikuti acuan dari dari World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI. Es krim Paddle Pop sebagai cemilan yang baik juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI. 

Logo ‘Cemilan Baik Untukmu’ memberikan jaminan kandungan es krim Paddle Pop yang baik untuk anak. Logo ini akan diaplikasikan secara berkala pada kemasan dan media komunikasi Paddle Pop. Ini menjadi bagian dari komitmen Unilever terkait Pangan Masa Depan yang bertujuan membantu masyarakat mengubah pola makan yang lebih sehat & ramah lingkungan. 

Komitmen #CemilanBaikUntukmu ini melengkapi brand purpose #PaddlePopMainYuk yang telah diluncurkan pada bulan November 2020 lalu. Paddle Pop menyadari betul bahwa tumbuh kembang anak yang optimal tidak hanya didukung secara fisik, tetapi juga mental. 

Untuk itu, selain mengedukasi pentingnya pemilihan cemilan baik untuk tumbuh kembang anak lewat komitmen Cemilan Baik Untukmu, sebelumnya Paddle Pop telah aktif mengajak orang tua menginisiasi momen bermain bersama anak karena Paddle percaya ada banyak hal baik dimulai dari bermain. 



Alhamdulillahnya, aku dan peserta virtual gathering kemarin, mendapatkan hampers cantik dari Paddle Pop berupa sekotak besar es krim, lengkap dengan mainan edukasinya. Box Paddle Pop Main Yuk ini, dikemas dengan nuansa full color dengan beragam permainan di dalamnya, seperti ular tangga, mencari kata, dan menyambung titik. Anak-anak happy banget memainkannya. 

Bersyukur rasanya, kini orang tua nggak perlu khawatir lagi memilih cemilan baik untuk anak. Terimakasih Paddle Pop sudah mejadi mitra bagi kami para orang tua ^_^

4 comments:

  1. Es krim itu sebetulnya boleh di konsumsi anak dibawah usia 1th ga sih Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiknya usia di atas satu tahun ya, biar lebih aman

      Delete
  2. Paddle pop mah emang favorit keluarga yaaa. Alhamdulillah ternyata masuk kriteria Cemilan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Natara,

      yup, di rumah juga favorit banget nih es krim Paddle Pop, makanya selalu stok

      Delete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D