Wednesday, May 25, 2022

...

Geliat Ekonomi Mulai Bangkit, JNE Gelar Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon

 


Alhamdulillah bersyukur deh rasanya, beberapa waktu lalu Presiden Jokowi sudah memperbolehkan kita lepas masker di ruang terbuka. Itu tandanya keadaan sudah jauh membaik dari sebelumnya. Dan geliat ekonomi bisa kembali pulih ya. 

Hal ini yang tentunya ditunggu-tunggu oleh para UMKM, untuk kembali memaksimalkan usaha mereka. Yup, ekonomi membaik maka daya beli pun semakin membaik dong ya. 

Nah, ngomongin soal UMKM, rasanya hampir semua sudah merambah kanal digital untuk memaksimalkan usahanya. Bahkan menurut data yang ada, pandemi ini telah mentransformasi lebih dari 17,5 juta UMKM di Indonesia untuk mengenal kanal digital, memanfaatkan berbagai lini media sosial sebagai sarana pemasaran. 

Nggak terkecuali pegiat UMKM Cilegon yang berupaya menghasilkan terobosan baru melalui kolaborasi. Tidak hanya melibatkan UMKM aja lho, kolaborasi yang dilakukan UMKM Cilegon juga melibatkan sektor ekspedisi. Misalnya JNE Express yang pada kesempatan ini menggelar acara JNE Ngajak Online 2022, Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon. 

JNE Jalin Kolaborasi Bersama UMKM Cilegon, Tingkatkan Perekonomian Rakyat Pasca Pandemi 




Jadi, JNE menggelar JNE Goll..Aborasi Bisnis online ini dalam rangka mendukung para UMKM. Menghadirkan dua pelaku UMKM pada gelaran ini, salah satunya Farah Kartika Sari selaku Owner IKM Permata (sandal hotel Cilegon) yang sharing mengenai kesulitan dan penurunan angka penjualan beberapa produknya saat pandemi. 

“Adanya pandemi ini menghambat produksi kita, sehingga adanya COVID-19 membuat kita menjadi lebih putar otak bagaimana supaya UMKM kita tetap berjalan. Melalui sosial media, e-commerce, lalu ekspedisi seperti JNE, kami sebagai UMKM manfaatkan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, kita juga berkolaborasi di sana, usaha kita yang di masa pandemi krisis menjadi stabil lagi”, ungkap Kartika. 

Sebagai sosok yang bergerak di industri perhotelan, Kartika menilai pentingnya mampu menjalin hubungan kepada para customer. Yup, loyalitas customer itu penting banget ya. Jadi, kalau terima complain baiknya memang dicatat dan dievaluasi, agar usaha dan pelayanan yang diberikan bisa semakin baik. Dan tentunya membuat costumer nggak berpaling dan repeat order. 

Seiring dengan Kartika, hadir pula Linda Yuli Yani selaku Owner ELYECRAFT yang sepakat bahwa media sosial berperan penting pada kesuksesan UMKM. 

“Hampir semua bisnis dari mikro dan makro terkena dampak dari pandemi, dulu sehari kiita bisa mendapatkan order 40-80 paket. Saat pandemi produk kami hanya terjual 4 paket”, ungkap Linda. 

Menjawab persoalan tersebut, Linda terus berusaha mengembakan produknya dengan berinovasi terhadap produk yang dibutuhkan saat pandemi. Contohnya saja membuat konektor masker untuk wanita yang memakai hijab. Konektor masker tersebut, kemudian dipasarkan melalui marketplace, Instagram dan Facebook sehingga omsetnya pun melejit. 

Selain itu Linda juga memberikan tips and trick untuk para UMKM agar sukses dalam bisnisnya. “Jangan malas untuk buat konten. Kita harus memiliki diferensiasi dan tentunya original. Yang terakhir yaitu, jangan anggap kompetitor jadi lawan, tetapi jadikan motivasi bahkan teman kolaborasi.” 

Sekilas tentang JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon 




Fyi buat kamu yang belum tahu, JNE adalah perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa. Mengusung tagline Connecting Happiness, JNE tidak hanya mengantar saja tapi juga memberikan kesempatan kolaborasi bagi UMKM setempat. 

Dalam rangka mendukung UMKM Cilegon untuk terus berkembang, JNE Cilegon menghadirkan beberapa program untuk para UMKM dan masyarakat sekitar. JNE Cilegon juga terus berupaya untuk mampu meningkatkan penjualan para UMKM. 

Salah satunya adalah JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon yang merupakan kota ke-sembilan dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022. Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Cilegon, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Pasuruan pada 19 Mei 2022. 

Eiitsss, nggak hanya Goll..Aborasi aja lho, JNE kota Cilegon juga selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada dengan melaksanakan program lainnya yaitu trading house, digital marketing yang akan berkolaborasi dengan para seller. 

Selain kolaborasi dengan UMKM, JNE Cilegon juga kerap melakukan program CSR seperti pembangunan rumah, wakaf Al Quran, memberikan bantuan saat ada bencana, bahkan yayasan asrama. 

Aku berharap sih, semoga dengan adanya acara JNE Goll..Aboras online dan kegiatan CSR lainnya bisa menjadi inspirasi untuk para UMKM dan kita semua ya! Terimakasih JNE ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D