Thursday, January 28, 2021

...

Belajar Bisnis Bersama dr. Tirta di Shoes and Care

 

tips mudah memulai bisnis

Pandemi yang terjadi membuat kita belajar akan banyak hal. Mulai dari pekerjaan yang banyak tertunda, mengikhlaskan kehilangan keluarga tercinta, namun begitu kita tetap harus berpegangan tanpa saling bersentuhan, saling menguatkan tanpa perlu berdekatan. Dan tanpa kita sadari, keadaan menjadikan kita pribadi yang lebih sabar lagi. 

Yah, pandemi saat ini memang memukul parah kita semua. Kesehatan memburuk, ekonomi pun ikut ambruk. Rasanya yang kita punya saat ini hanyalah harapan, bahwa sebentar lagi… ya sebentar lagi, kita bisa memutar balik keadaan. 

Saat ini, semua sedang berjuang untuk tetap bertahan melewati masa-masa sulit ini. Nggak heran deh, tiap aku buka medsos, isinya pasti mendadak pada jualan semua. Mulai dari makanan, pakaian, kosmetik, masker, sampai skin care. Banyak yang mendadak alih profesi menjadi pengusaha. 

Jujur, aku pribadi sih seneng melihatnya. Bahkan tak jarang aku pun ikut bantu usaha temen dengan membeli dan merekondasikannya ke temen lainnya. Daripada merutuki keadaan, bukankah lebih baik kita gali kreativitas dan liat potensi bisnis di sekitar kita? Siapa tahu bisa jadi income tambahan. Syukur-syukur malah jadi tabungan masa depan, ya nggak? ^_^ 

mulai bisnis baru dari hobi yang seru


Ngomongin soal bisnis di tengah pandemi, ada beberapa tips simple tapi dalem yang bisa kita terapkan untuk memulai atau mengembangkan usaha kita nih, yaitu: 

1. Belajar lebih dalam perihal dunia usaha 

Menjadi seorang pengusaha artinya kita nggak boleh berhenti belajar. Dan untuk itu, kita nggak harus ikut pelatihan berbayar kok. Di era seperti ini, kita bisa belajar banyak hal melalui internet. 

Nah, salah satu kanal tempat kita belajar banyak hal perihal dunia usaha adalah konten Youtube BERGURU Ninja Xpress nih. Konten ini berisi kampanye kolaborasi #ObsesiUntukNegeri Ninja Xpress bersama creator local untuk mendukung UMKM lokal dan komunitas-komunitas dalam menghadapi masa new normal ini. 

Bukan hanya itu aja, melalui konten BERGURU ini, masyarakat juga bisa banyak belajar perihal seluk beluk dunia usaha, dan bagaimana tips mengembangkannya. Dan yang aku suka, semuanya dikemas secara fun lho! 

2. Cari peluang usaha di sekitar kita 

Di tengah pandemi seperti ini, bukan berarti peluang bisnis jadi mati. Banyak usaha yang masih potensial meski sebagian dari kita terbatas aktivitasnya. Contohnya saja, di sektor kesehatan, kita bisa memikirkan untuk menjual suplemen dan peralatan kesehatan. Di sektor kuliner pun demikian, kita bisa mempertimbangkan untuk menjual berbagai makanan beku siap saji, dan sebagainya. 

3. Pilih usaha yang sesuai dengan hobi 

Walau ada berbagai peluang usaha yang terbuka, akan lebih baik kalau kita menjalankan usaha yang sesuai dengan hobi kita. Bayangkan saja, bila kita menjalankan sesuatu yang kita senangi, tentu jalannya akan semakin mudah karena kita melakukannya dengan sepenuh hati. 

Selain itu, ide-ide bisnis juga akan lebih mudah dikembangkan bila berawal dari kesukaan. Sekarang coba pikirkan deh, hal apa yang paling disukai yang tentunya memiliki peluang usaha yang menjanjikan. 

Kalau masih bingung, coba nonton konten BERGURU aja. Sesuai dengan namanya, BERGURU atau Belajar Ragam Usaha Baru merupakan kategori konten di chanel Youtube Ninja Xpress yang berisi tips dan tutorial untuk memulai usaha dari rumah. Konten BERGURU ini adalah bentuk #ObsesiUntukNegeri yang mendorong masyarakat untuk menciptakan usahanya sendiri dan mengubah persepsi ‘sesuatu akan terasa lebih mudah jika kita mau mencobanya’. 

Belajar Bisnis Bersama dr. Tirta di Shoes and Care 


belajar bisnis sepatu


Dari berbagai konten BERGURU yang tersedia, ada satu episode yang aku suka banget, yaitu Belajar Bisnis bersama dr. Tirta di Shoes and Care. Selain pembawannya dr. Tirta yang luwes dan apa adanya, aku juga jadi banyak belajar terkait bidang yang saat ini aku sukai. Yup, apalagi kalau bukan sepatu kan? 

Bisa dibilang saat ini semua orang punya sepatu, bahkan lebih dari satu. Tapi, apakah semuanya punya kemampuan dalam membersihkan dan merawat sepatu-sepatunya dengan baik? Tentu tidak kan. Dan ternyata, setelah menonton konten Youtube BERGURU; Belajar Bisnis bersama dr. Tirta, aku jadi makin sadar kalau peluang usaha di bidang sepatu ini sangat besar. 

konten berguru di youtube chanel ninja xpress
source: instagram @ninjaxpressid


Coba bayangin, ternyata dari cuci sepatu aja, usaha Shoes and Care dr. Tirta bisa menghasilkan keuntungan hingga 1,5 juta perhari! Dan kalau dihitung-hitung keuntungan satu bulan kurang lebih sekitar 45 juta. Padahal modal usahanya sangat terjangkau lho. Luar biasa kan? 

Bukan hanya belajar soal bisnis, nonton videonya aku juga jadi belajar bagaimana cara membersihkan sepatu yang baik dan benar. Ahh, asli deh, aku jadi kepikiran untuk memulai usaha di bidang sepatu juga.

  

Kini Saatnya Kita Mulai Bisnis Baru dari Hobi yang Seru 


berguru belajar ragam usaha baru


Setelah nonton konten BERGURU, aku makin sadar deh, ternyata hobi yang seru itu bisa jadi potensi bisnis yang baru lho. Ya, contohnya aja dr. Tirta yang punya hobi di bidang sepatu, kini usaha Shoes and Care nya berkembang pesat bahkan sudah memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia. 

Bukan nggak mungkin kan, kita bisa sukses seperti dr. Tirta juga. Yang penting berani untuk memulai bisnis yang kita senangi dan sesuai dengan hobi seru kita. Dan tentunya nggak pernah berhenti belajar ya. 

Makanya nih, aku lagi seneng banget nontonin konten BERGURU di Chanel Youtubenya Ninja Xpress. Soalnya tiap minggunya, selalu ada aja topik seru dan berbeda yang dikemas dengan sangat menarik. 

So, jangan sampai ketinggalan tiap episode BERGURU lainnya ya. Makanya langsung klik link BERGURU ini, terus lansung subscribe, like dan komen ya. Biar kalian ga ketinggalan info menarik seputar bisnis dan peluang usaha. 

Thanks to Ninja Xpress, yang sukses menjalankan perannya sebagai mitra UMKM melalui konten BERGURU yang sangat edukatif dan juga melalui pelatihan ninjaacademy.co. Menurutku, ini menjadi bukti nyata betapa Ninja Xpress mendukung penuh usaha dan karya lokal Indonesia untuk tumbuh dan bangkit bersama melewati masa-masa sulit ini. ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D