Thursday, June 3, 2021

...

Yuk, Pahami Pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi!

 


Asli sih, sedih banget deh begitu tahu kalau ternyata menurut data yang ada banyak Perempuan Indonesia yang masih kurang memahami bagaimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi. Padahal, saat menstruasi risiko terinfeksi bakteri di organ kewanitaan jadi lebih besar lho. 

Makanya nih, aku excited banget ikut Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang digelar oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia beberapa waktu lalu. Yah, harapannya semoga webinar ini bisa meningkatkan pemahaman aku dan perempuan lainnya mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). 

Selaras dengan hal ini, Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal yaitu kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan. 

Yuk, Pahami Pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi 




Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Makanya nih setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan nggak bingung perihal bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi. 

Alhamdulillahnya, saat aku beranjak puber, Ibu dan Nenekku memberikan pemahaman yang cukup perihal apa yang harus dilakukan saat menstruasi dan bagaimana menjaga kebersihan organ intim. Dan sekarang, hal ini aku teruskan ke anak perempuanku. 

Menurutku ini adalah hal penting yang wajib dilakukan oleh orang tua di rumah. Agar setiap anak perempuan mendapat bekal pemahaman yang cukup perihal manajemen kebersihan menstruasi. Ingat, ini bukan hal yang tabu ya! 

Anak perempuan yang nggak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung merasa takut, malu dan bingung saat menarke. Padahal jika ibu meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya, banyak manfaat yang didapat, antara lain kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak. 

Nggak sedikit lho, anak perempuan yang tidak mendapatkan informasi yang cukup, kemudian mencari informasi sendiri dari teman atau internet, dan berujung mendapatkan informasi yang salah alias hoax. Para ibu nggak perlu bingung kok, bagaimana memmendiskusikan menstruasi dengan anak, berikut ini tipsnya ya: 

• Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar; 
• Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya; 
• Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap; 
• Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan; 
• Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi; 
• Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan; 
• Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi. 

Cara #YangIdeal Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi 




Alhamdulillah, berkesempatan menyaksikan webinar tersebut banyak manfaat dan pehamanan baru yang aku terima. Btw, udah pada tahu belum nih bagaimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi, berikut ini point-point yang aku rangkum dalam webinar kemarin ya: 

💓 Gunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik 
💓 Ganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali 
💓 Bersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala; menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi 

Nggak perlu bingung perihal memilih cairan pembersih antiseptic kewanitaan, kalau aku sih pakai BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable ^_^ 

Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care juga melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan. 

Oh iya rangkaian produk dari BETADINE® Feminine Care sudah bisa kita dapatkan di berbagai e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia lho!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D