Saturday, August 27, 2022

...

Yuk, Moms Maksimalkan Asupan Serat demi Kesehatan Saluran Cerna dan Alergi Anak!

 


Memiliki anak dengan riwayat alergi rasanya nano-nano banget. Harus ekstra teliti, sabar dan juga telaten perihal asupan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari. Aku juga harus selalu upgrade perihal tumbuh kembangnya, jangan sampai riwayat alergi yang dimiliki anakku menghambat jadi penghambar tumbuh kembang. 

Bahkan aku juga kerap berkonsultasi pada dokter anak, perihal kondisi kesehatan anakku Raisha, dan apa langkah yang harus aku lakukan untuk mengatasi alerginya. 

Untuk yang belum tahu, anakku Raisha memiliki alergi susu sapi di mana sistem pencernaannya tidak bisa menyerap secara optimal nutrisi yang masuk. Karena itu, sudah sejak lama, aku mengganti susu yang semula dikonsumsi Raisha dengan susu untuk anak yang memiliki riwayat alergi. 

Alhamdulillah, seiring bertambahnya usia Raisha, berat badannya terus naik dan kondisi kesehatan sistem pencernaannya pun membaik. Namun demikian aku tetap tidak boleh abai perihal nutrisi yang dikonsumsinya. 

Beruntungnya kemarin, aku berkesempatan mengikuti Webinar Peran Serat terhadap Kesehatan Saluran Cerna dan Alergi pada Anak persembahan Danone Indonesia. Dari webinar tersebut aku mendapat banyak informasi dan insight baru perihal serat yang ternyata memiliki peranan yang sangat penting lho. 

Peran Serat untuk Kesehatan Saluran Cerna dan Alergi Anak 




Semua pasti setuju kalau saluran cerna merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh si kecil yang berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, daya tahan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Sehingga menjadi sistem perlindungan terdepan sekaligus cermin kesehatan anak. 

Dengan memiliki saluran cerna yang sehat maka sistem kekebalan tubuh si kecil akan semakin baik, dan tentunya dapat terhindar dari gangguan kesehatan, termasuk mencegah terjadinya alergi pada anak. 

Untuk mendukung optimalisasi kesehatan dan saluran pencernaan khususnya untuk anak di atas usia 1 tahun yang merupakan bagian dari golden period tumbuh kembang anak, tentunya dibutuhkan konsumsi serat yang cukup sebagai salah satu golden nutrition atau nutrisi penting bagi tubuh. 

Dalam webinar kemarin, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, dr. Endah Citraresmi, Sp.A(K) mengatakan, 

“Asupan makanan berserat tidak bisa diremehkan. Selain dapat membantu optimalisasi kesehatan saluran cerna yang krusial bagi tumbuh kembang dan kesehatannya, asupan serat harian yang cukup juga dapat memengaruhi terjadinya gangguan kesehatan, salah satunya kejadian alergi pada anak. Sebab, penelitian menyatakan bahwa pola makan rendah asupan serat merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya alergi." 

Karena itulah, kita sebagai orang tua perlu memiliki pengetahuan yang cukup dan juga kejelian dalam memilih dan memberikan asupan nutrisi yang sesuai dengan kondisi anak. Dengan begitu anak akan mendapatkan gizi yang seimbang serta juga kaya kandungan serat agar dapat mendukung mengoptimalkan tumbuh kembang anak, khususnya bagi anak yang memiliki kondisi alergi. 

Ternyata, menurut fakta yang ada kecukupan serat anak Indonesia masih belum memenuhi standar rekomendasi asupan serat harian lho. Dari data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018, 95,5 persen penduduk Indonesia berusia di atas 5 tahun masih kurang konsumsi serat. 

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak kekurangan asupan serat, di mana rata-rata anak Indonesia usia 1-3 tahun hanya memenuhi ¼ (seperempat) atau rata-rata 4,7 gram per hari dari total kebutuhan hariannya. 

Jumlah ini masih jauh di bawah AKG yang direkomendasikan, yaitu 19 gram serat setiap harinya. Hal ini tentu menunjukkan bahwa kita sebagai orang tua, masih memiliki PR besar untuk membangun kebiasaan makan serat sedini mungkin pada anak. 

Manfaat Konsumsi Serat yang Cukup pada Anak 




Dengan mengonsumsi serat dalam jumlah cukup, ternyata ada banyak manfaat kesehatan untuk anak lho. Mulai dari memperbaiki keseimbangan sistem imunitas tubuh, mengurangi inflamasi akibat alergi dan bermanfaat bagi mikrobiota di dalam saluran cerna yang akan membuat nutrisi makanan terserap dengan optimal. 

Selain itu, kecukupan serat juga membantu mencegah timbulnya alergi pada anak. Untuk itu, pada anak yang memiliki alergi, orangtua harus dapat memilih jenis makanan yang tepat dan tidak mengandung zat-zat yang menyebabkan alergi, menjaga asupan gizinya tetap seimbang dan juga bisa diberikan makanan atau minuman yang difortifikasi serat. 

Psikolog anak, Anastasia Satriyo M.Psi., Psi menjelaskan, kondisi alergi yang dialami anak bukan hanya mempengaruhi kesehatan fisik, namun juga dapat memengaruhi kondisi psikologi si kecil dan orangtuanya. Dampak psikologis dari alergi makanan seringkali membuat orang tua memikirkan dan mengkhawatirkannya serta menjadi cemas, terkadang lebih serius daripada alergi makanan itu sendiri. 

Alhamdulillah, untuk mendukung orangtua memastikan kecukupan serat anak, Danone Specialized Nutrition Indonesia, sebagai perusahaan yang memiliki komitmen mendukung pemenuhan gizi seimbang pada anak, Danone menyediakan produk bergizi yang dibuat khusus untuk membantu menjawab tantangan kebutuhan gizi pada anak, termasuk rangkaian produk dengan nutrisi tepat tinggi serat, namun juga secara berkesinambungan memberikan edukasi mengenai gizi. 

Danone Specialized Nutrition Indonesia percaya bahwa kehebatan seorang anak perlu dibangun sejak masa golden period-nya dengan memberikan dukungan golden nutrition atau nutrisi tepat termasuk asupan serat, serta golden simulation atau simulasi tepat, sehingga dapat mendukung kesehatan holistik dan tumbuh kembang optimal si Kecil, termasuk bagi anak dengan kondisi alergi. 

Hal ini Danone lakukan untuk memastikan bahwa kehadiran Danone dapat memberikan dampak kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat dunia dan khususnya untuk Indonesia. Yuk Moms, mulai sekarang optimalkan asupan serat pada anak, agar senatiasa sehat dan memiliki tumbuh kembang optimal! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D