Wednesday, September 13, 2023

...

Menang Banyak di IBID Lewat Digitalisasi!

 


Sebagai orang yang minim pengalaman soal lelang dan titip jual barang untuk lelang, asli sih acara kemarin sangat menyenangkan dan memberikan banyak insight perihal lelang. 

Let me tell you a story! 

Yup, jadi beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk mengikuti IBID Blogger dan Youtuber Gathering. Bertempat di Head Office IBID, Kawasan Industri Pulogadung, acara digelar begitu intimate dan fun. Selain jadi tahu banyak soal IBID, aku juga ikut berkeliling melihat aneka produk otomotif dan non otomotif yang tersedia di IBID. 

Keseruan IBID Blogger dan Youtuber Gathering 


Aku tiba di lokasi sekitar pukul 09.30 pagi. Ternyata lokasinya cukup dekat lho dengan Stasiun Buaran. Tiba di sana aku dan undangan yang hadir disambut ramah oleh para staff dan panitia acara. 



Tak lama, acara dibuka oleh MC yang super kocak. Hal ini tentunya menambah kemeriahan acara. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari ibu Fransiska selaku SERA Corporate Marcom Division Head dan Bapak Daddy Dixa Manurung selaku IBID President Director. 

Sekitar pukul 10.30 pagi, para Blogger dan Youtuber kemudian diajak berkeliling melihat langsung produk otomotif yang tersedia di IBID. aku sampai amaze deh, jajaran mobil dan motor dengan kondisi yang sangat bagus seperti menyambut kami. Nggak heran deh, kalau banyak orang yang berebutan untuk ikut berpatisipasi dalam lelang yang diselenggarakan IBID. 

Btw, kamu udah tahu IBID belum sih? 

Kalau belum tahu, simak postinganku sampai selesai ya! 

Kenalan dengan Balai Lelang IBID 




Jadi, IBID merupakan Balai Lelang yang berdiri sejak tahun 2007 dan merupakan anak perusahan PT. Serasi Autoraya (SERA) yang bernaung di bawah Grup Astra. 

Saat ini IBID sudah ada 10 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Makasar dan Balikpapan. 

Selain itu, IBID juga bisa melayani kebutuhan melelang di luar kota jaringan IBID. Hingga saat ini IBID sudah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia lho. Selain dapat melelang produk-produk otomotif, seperti mobil dan motor, IBID juga bisa melelang barang-barang non-otomotif, seperti gadget, produk lifestyle, alat berat dan scrap. 

Nah kini, Mengikuti lelang maupun titip jual melalui IBID dapat dilakukan secara online melalui website atau aplikasi IBID, mulai dari registrasi, beli NPL, pengecekan jadwal lelang, pengecekan daftar lot, hingga proses titip jual asset pribadi maupun perusahaan. 

Metode LeLang IBID 




Buat kamu yang ingin mengikuti lelang IBID, sebaiknya harus tahu dulu nih berbagai metode lelang yang tersedia. Jadi, IBID memiliki 3 tipe lelang, yaitu: 

  • Live Auction, lelang secara langsung dan bersamaan di waktu yang sama. Metode ini dapat diikuti seluruh peserta lelang dari berbagai lokasi, melalui aplikasi atau website. Lelang ini dilakukan setiap hari Rabu dan Sabtu untuk di Jakarta dan untuk di luar kota mengikuti jadwal lelang cabang yang telah ditentukan. 
  • Timed Auction, lelang berjangka yang diselenggarakan eksklusif hanya di aplikasi IBID. Setiap unit dilelangkan dengan jangka waktu tertentu biasanya dalam 1 hingga 3 hari. Selama waktu lelang pada setiap unit masih ada, kita tetap bisa melakukan penawaran hingga waktu lelang berakhir. 
  • Flash Auction, metode lelang online terbaru di IBID yang diadakan secara real time dalam kurun waktu singkat (1-2 jam) dan dapat diikuti eksklusif melalui aplikasi IBID. 

Keunggulan Lelang IBID 




1. Lelang mudah, bisa diikuti dari mana saja 
Mengikuti lelang di IBID bisa dengan mudah dari mana saja dikarenakan sudah 100% berbasis online yang bisa diakses dari 2 plaftorm, yaitu Website dan Aplikasi 

2. Memberikan informasi kondisi mobil dengan transparan 
IBID telah bekerjasama dengan Astra Car Valuation (ACV) untuk melakukan inspeksi kondisi mobil yang actual dengan adanya grading untuk eksterior, interior, mesin dan rangka mobil. 

3. Dapat mengetahui range harga untuk jual/beli mobil via lelang 
IBID memberikan range harga mobil sesuai dengan kondisi berdasarkan grade ACV sehingga pengguna bisa mengetahui kisaran harga jual mobil via lelang atau mengetahui budget yang diperlukan untuk membeli mobil via lelang. 

4. Sistem lelang dijamin 100% bersih dan jujur 
IBID menjunjung tinggi hasil lelang yang bersih dan jujur, karena IBID telah diawasi oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Selain itu, IBID telah memiliki ISO 27001 dalam memenuhi standar internasional mengelola keamanan informasi. 

5. Pembayaran dijamin 100% aman 
Setiap pembayaran transaksi yang dilakukan di IBID sudah dijamin aman dikarenakan sudah menggunakan virtual account dalam melakukan pembayaran deposit NPL maupun pembayaran tagihan pelunasan. Saat ini terdapat 7 pilihan bank yang dapat menjadi opsi (BCA, Mandiri, Permata, BRI, BNI, BSI dan Bank Sampoerna). Selain itu, IBID telah bekerja sama dengan AstraPay untuk melakukan pembayaran deposit NPL. 

6. Banyak promo menarik 
IBID memberikan promo menarik untuk membuat kita semakin untung dalam memiliki objek lelang yang diinginkan karena sesuai dengan tagline IBID “Menang Banyak di IBID”. 

7. NPL Unlimited 
Ini merupakan fitur eksklusif yang hanya dapat digunakan peserta lelang dengan member Gold atau Platinum. NPL Unlimited saat ini hanya digunakan untuk mengikuti lelang mobil. Dengan menggunakan NPL Unlimited, peserta lelang memiliki kesempatan untuk memenangkan sekaligus 5 mobil dalam sekali jadwal lelang tanpa melakukan deposit NPL berulang kali. NPL Unlimited ini dapat digunakan selama 6 bulan setelah deposit & dapat diperpanjang maupun dicairkan (apabila tidak ada tunggakan wanprestasi). 

Cara Mengikuti Lelang di IBID: 

  1. Unduh aplikasi IBID di Google Play Store maupun di App Store atau kunjungi website IBID di www.ibid.astra.co.id 
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi data diri dan scan e-KTP. Kita juga bisa mendaftarkan akun IBID melalui media sosial, seperti Facebok, Google, Twitter dan Linkedin. 
  3. Klik Jadwal Lelang dengan pilih kategori lelang dan lokasi lelang yang ingin diikuti. 
  4. Cek unit mobil yang diinginkan. Cermati informasi dan deskripsi unit mobil. Pastikan kelengkapan dokumen kendaraan. 
  5. Lakukan pembelian Nomor Peserta Lelang (deposit) melalui AstraPay atau Virtual Account, kita bisa pilih “NPL Live” untuk mengikuti Live Auction dan “NPL Timed” untuk mengikuti Timed Auction dan Flash Auction. Nilai NPL pun bervariasi tergantung kategori lelang. 
  6. Tawar barang incaran kita dengan harga terbaik saat pelaksanaan lelang. 
  7. Jika, menang, kita bisa segera melakukan pelunasan selambat-lambatnya 5 hari kerja setelah lelang berakhir. Apabila tidak melunasinya, maka akan dinyatakan wanprestasi & deposit NPL tidak akan kembali. 
  8. Namun, jika belum beruntung, maka nilai pembelian NPL kita akan segera dikembalikan ke rekening yang didaftarkan paling lambat 3 hari kerja setelah lelang berakhir. 

Cara Titip Jual Lelang IBID 


Kalau tadi kita membahas perihal membeli barang lelang, sekarang kita bahas bagaimana sih agar asset kita bisa dititip jual lelang di IBID. ada dua tipe layanan titip jual yang disediakan IBID, yaitu reguler dan eksklusif. 
  • Titip jual reguler, dilakukan di cabang IBID. Jadi, kita perlu membawa unit yang dilelang ke lokasi pool terdekat. Proses penjualannya dilakukan secara terbuka dan transparan. Titip lelang reguler ini dapat diikuti produk otomotif dan non otomotif, seperti mobil, motor, alat berat, barang-barang lifestyle (gadget, perlengkapan baby, hingga fashion). 
  • Titip jual eksklusif atau yang dikenal dengan flash auction. Titip jual lelang ini masih terbatas pada mobil. Layanan ini memudahkan kita untuk menjual mobil bekas secara cepat, karena dapat dilakukan di lokasi mana saja. Proses lelang pun dilakukan secara online dalam jangka waktu terbatas melalui live streaming di aplikasi IBID. 

Tata Cara Titip Jual di IBID 

  1. Lakukan registrasi akun di situs web atau aplikasi IBID. Selanjutnya, lengkapi data diri dan scan e-KTP. 
  2. Isi formulir titip jual nontomotif. 
  3. Pilih lokasi dan jadwal inspeksi yang diinginkan. Untuk saat ini, lokasi inspeksi hanya bisa dilakukan di pool IBID. 
  4. Tim IBID akan segera menghubungi untuk konfirmasi objek lelang dan jadwal inspeksi dalam waktu 2x24 jam (hari kerja). 
  5. Tim IBID akan memberikan rekomendasi harga dasar berdasarkan hasil inspeksi. 
  6. Setelah itu, isi form perjanjian kerja sama untuk kesepakatan antara penitip dan pihak IBID. 
  7. Pilih jadwal lelang lifestyle yang diinginkan. Kamu bisa memantau jalannya lelang secara langsung melalui situs web/aplikasi IBID. 
  8. Tim IBID akan melakukan konfirmasi pembayaran jika objek lelang yang dititipkan terjual. 
  9. Proses pencairan dana ke akun rekening terdaftar akan dilakukan 5 hari kerja setelah objek lelang terjual. 
  10. Objek lelang yang terjual akan dikenai biaya admin sebesar 2,5 persen dari harga terbentuk. 

Ikut Serta Lelang Jadi Lebih Mudah dengan Aplikasi IBID 




Gimana, jadi tertarik nggak untuk ikutan atau titip jual lelang? Jujur, aku pribadi jadi tertarik banget. Apalagi setelah tau lebih jauh soal IBID dan melihat langsung berbagai produk otomotif dan non otomotif yang ada di sana. Semuanya bagus dan berkualitas. Terlebih dibanderol dengan harga terbaik! 

Demi memudahkan pengguna, IBID menyediakan aplikasi dengan berbagai fitur unggulan lho, yaitu: 

1. Flash Auction 
Flash Auction merupakan lelang kilat terobosan terbaru IBID dengan fitur unggulan Live Streaming dan Live Chat. Dengan fitur ini, kita bisa melihat dan menanyakan kondisi unit incaran hanya melalui smartphone. 

2. Live Auction 
Live Auction merupakan tipe lelang secara real-time yang diselenggarakan secara online dan offline setiap minggunya melalui aplikasi dan website IBID. 

3. Timed Auction 
Timed Auction merupakan lelang berjangka yang diselenggarakan dalam periode waktu tertentu untuk satu unitnya bisa beberapa jam hingga beberapa hari. Lelang ini spesial diadakan melalui aplikasi IBID sedangkan unitnya ada banyak pilihan seperti mobil bekas, gadget, dan alat berat (HVE). 

4. Mencari Jadwal Lelang dan Melihat Daftar Lot Kendaraan 
Dengan menggunakan aplikasi IBID, kita dapat mengetahui jadwal lelang terdekat dan daftar lot kendaraan atau unit lainnya seperti gadget atau alat berat yang akan dilelangkan. Kita pun bisa melihat keterangan detail unit termasuk laporan hasil inspeksi oleh tenaga handal Astra Car Valuation (ACV). Kapan lagi bisa cek detail unit lelang sambal rebahan? 

5. Beli NPL dan Pelunasan Secara Online 
Kita bisa melakukan pembelian NPL (Nomor Peserta Lelang) dan membayar pelunasan unit lelang yang telah dimenangkan melalui aplikasi IBID. Jadi, kita bisa bertransaksi dari mana saja tanpa harus datang ke lokasi lelang lagi. 

Nah, buat kamu yang mau ikutan lelang atau bahkan titip jual asset, sekarang nggak perlu repot lho. Kita bisa melakukan lelang di mana saja dan kapan saja, tinggal unduh aplikasi IBID aja, sudah tersedia di Google Playstore dan App Store. Asli sih, digitalisasi lelang di IBID, bikin kita Menang Banyak di IBID! ^_^ 



For More Information: 
Head Office IBID, Kawasan Industri Pulogadung, 
JL. Pulogadung No. 35 Jatinegara Jakarta Timur 
Website: www.ibid.astra.co.id 
Facebook: Ibid- Balai Lelang Serasi 
Twitter: @ibid_lelang 
Instagram: @ibid_balailelangserasi 
Youtube: IBID 
Tiktok: @ibid_balailelangserasi






No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D