Thursday, March 28, 2024

...

Inovasi Terbaru, AMD Hadirkan Performa Komputasi dan Efisiensi Kelas Dunia

 


Setuju ya, kalau hadirnya AI terasa sangat membantu kehidupan kita, mulai dari pekerjaan sampai pendidikan. Sebagai seorang dosen dan content creator, aku pribadi merasa sangat dimudahkan. Nah, di tengah laju globalisasi, AMD tentu nggak mau ketinggalan dalam mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada. 

Perkembangan teknologi AI telah memberikan dampak signifikan lho di Indonesia. Mulai dari mengubah lanskap bisnis secara menyeluruh dan memacu efisiensi serta inovasi di berbagai sektor. Beberapa waktu lalu aku hadir di acara gathering sekaligus buka puasa bersama bareng AMD. Penasaran nggak sih sama inovasinya? Baca postinganku sampai selesai ya! 

AMD Hadirkan Inovasi Terbaru Prosesor Mobile dan CPU Data Center: Performa Komputasi dan Efisiensi Kelas Dunia 




AMD telah menjadi nama yang diperhitungkan di dunia teknologi, terutama dalam hal inovasi prosesor. Baru-baru ini, perusahaan AMD telah menggemparkan industri dengan meluncurkan serangkaian inovasi terbaru dalam prosesor mobile dan CPU data center yang menjanjikan performa komputasi serta efisiensi energi terdepan bagi para pengguna. 

Brando Lubis, Commercial Lead AMD Indonesia menyampaikan bahwa AMD terus berkomitmen untuk terus berinovasi khususnya implementasi teknologi yang sejalan dengan kebutuhan pasar. Persaingan ketat menuntut bisnis untuk mampu beradaptasi dengan digitalisasi sehingga dapat bertahan. 

Untuk itu, perlu solusi komputasi yang handal dan efisien yang dapat mendukung pengambilan keputusan. Nah, kehadiran teknologi kecerdasan artifisial/AI tentunya dapat mempercepat waktu beban kerja, memperluas jangkauan, dan bahkan penurunan biaya operasional yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan pengguna. 

Bahkan kedepannya nih, melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, rasanya teknologi AI tetap menjadi teknologi yang menarik dan menjanjikan untuk dapat diterapkan di berbagai bidang dan memberikan manfaat bagi masyarakat lho. 

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dan yang nggak kalah penting tentunya adalah mempersiapkan perangkat teknologi pendukung AI yang handal sehingga mampu memberikan kinerja optimal ditengah tuntutan beban komputasi yang tinggi pula. 

Sebagai seorang Dosen, aku cukup amaze mendengar Universitas AMIKOM, Yogyakarta yang saat ini yang bekerjasama dengan AMD dan merasakan manfaat dari perkembangan teknologi AI bagi dunia pendidikan. Bisa dibilang ini merupakan langkah awal yang baik bagi pengajar maupun mahasiswa. 

Pemahaman sejak dini tentang AI dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang akan berdampak positif dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. 

Tak hanya soal teknologi dari AI namun dibutuhkan sinergi sebagai bagian dari komitmen AMD untuk turut serta berpartisipasi mendukung kualitas dari lulusan sumber daya manusia untuk mampu bersaing di tengah gempuran persaingan ketat khususnya di bidang teknologi informasi saat ini. 

Fyi, Universitas AMIKOM, Yogyakarta menjadi Universitas pertama yang mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru, dengan platform AM5, fabrikasi 5nm dan menggunakan memory DDR5. 

Selain itu, AMIKOM juga telah menggunakan solusi PC Desktop terbaik bertenaga AMD Ryzen mulai tahun 2018 dengan standar PC yang digunakan untuk lab minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. Hingga kini, total lebih dari 500 PC dari berbagai lab bertenaga prosesor AMD. 

Kenalan dengan Inovasi Baru AMD 




AMD menampilkan teknologi prosesor Ryzen™ PRO 7040 Series Mobile yang baru dan juga jajaran prosesor server EPYC Generasi Keempat dalam jajaran laptop premium dan mobile workstation Windows 11 kelas komersial bertenaga prosesor x86 paling canggih dan hemat daya untuk penggunaan bisnis. 

Dengan arsitektur “Zen 4”, grafis terintegrasi AMD RDNA™ 3, teknologi AMD PRO, dan RyzenTM AI pada model tertentu, prosesor Ryzen™ PRO 7040 Series dirancang untuk memenuhi permintaan pekerja modern. Selain itu, secara global AMD juga telah mengumumkan prosesor Ryzen™ PRO 7000 Series untuk desktop, menghadirkan kekuatan grafis terintegrasi “Zen 4” dan AMD RDNA™ 2 untuk pengguna desktop profesional. 

AMD juga mempresentasikan kecanggihan dari CPU Server terbarunya secara lengkap sejalan dengan komitmen AMD untuk mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan di data center, memberikan tingkat kinerja, efisiensi, dan skalabilitas baru. 

Kehadiran rangkaian prosesor AMD EPYC™ Generasi Keempat dapat disesuaikan kebutuhan pengguna untuk memberikan kinerja unggul dan terdepan dalam tujuan umum, cloud native, atau beban kerja komputasi teknis. 

Terbarunya, AMD meluncurkan prosesor AMD EPYC™ 8004 Series, melengkapi jajaran prosesor AMD EPYC Generasi Keempat yang dioptimalkan untuk masing-masing beban kerja. 

Prosesor baru ini menghadirkan core “Zen 4c” ke dalam CPU yang dirancang khusus, memungkinkan penyedia hardware untuk menciptakan platform yang hemat energi dan terdiferensiasi yang dapat mendukung aplikasi dari sisi kecerdasan, seperti ritel, manufaktur, dan telco, hingga ke data center untuk layanan cloud, penyimpanan dan lainnya. 

AMD juga menawarkan mesin AI Ryzen™ khusus untuk mempercepat beban kerja AI, bersama dengan teknologi AMD PRO untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan pengelolaan. 

Di data center, EPYC™ Generasi Keempat terbaru dari AMD menawarkan rangkaian produk yang sesuai dengan kebutuhan beban kerja pelanggan yang berbeda-beda. 

Kepadatan core yang tinggi memungkinkan AMD EPYC™ Generasi Keempat untuk memberikan kinerja terdepan di industri, namun pada saat yang sama, berkat arsitektur Zen terbaru dan teknologi proses terdepan, AMD EPYC™ juga menawarkan efisiensi energi yang sangat baik sehingga menghasilkan solusi TCO yang menarik bagi para pengguna AMD. 



Yup, AMD telah lama diakui karena kemampuan kinerjanya yang tangguh, dan inovasi terbarunya tidak mengecewakan. Dengan kehadiran prosesor baru dan CPU Data Center ini, pengguna dapat menantikan pengalaman komputasi yang lebih responsif dan kuat di berbagai perangkat, mulai dari laptop hingga perangkat mobile yang lebih ringkas. Salute! ^_^





No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D