Monday, June 3, 2019

Sehat Saat Mudik??? Harus Dong!

 

Nggak terasa ya, kita sudah memasuki penghujung Ramadan. Itu artinya lebaran akan segera kita jelang. Hari raya Idul Fitri dimana setiap muslim merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa. Berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara tentu akan jadi sangat spesial.

Hayoo siapa yang sudah mudik? Mudik memang sudah jadi budaya kita ya. Banyak dari kita yang pulang ke kampung halaman dan merayakan hari raya disana. Ngomongin soal mudik nih, aku punya pengalaman yang nggak enak sih. Dan sedikit bikin aku trauma.

Saat itu aku mudik ke kampung halaman di saat arus mudik sedang tinggi-tingginya. Macet dimana-mana. Hampir 20 jam perjalanan dari Bekasi ke Pemalang. Walau kami naik mobil pribadi yang bisa kapan saja berhenti beristirahat tapi tetap saja rasanya capeknya luar biasa.

Begitu sampai kampung halaman bukan bahagia tapi justru lelah tak karuan. Yang ada pengennya beristirahat seharian. Dan ketika pulang kembali ke Bekasi, hal itu terulang lagi. Bahkan lebih parah dari sebelumnya. Perjalanan hampir dua hari aku lalui. Bayangkan saja Pemalang – Bekasi yang seharusnya hanya 6 jam, menjadi 28 jam.

Duh, rasanya seperti neraka gaes, mau pipis susah. Cari makan susah, belum lagi mau sholat. Setiap ke masjid yang kami jumpai adalah orang-orang sedang tidur beristirahat. Hal itu yang membuat aku drop begitu pulang kembali ke rumah.

Dari situ, aku bertekad jika mudik kembali akan kupersiapkan secara matang termasuk soal timing. Aku nggak mau lagi pulang kampung saat arus mudik sedang dipuncak-puncaknya. Bukan hanya timing lho, ada beberapa hal yag harus diperhatikan juga saat mudik.


Beberapa waktu lalu, aku menghadiri acara Ngabuburit Sehat bersama Kemenkes dan Kemenhub. Dalam acara tersebut hadir Bu Menkes yang turut memberikan wejangan terhadap para pemudik. Wejangan agar para pemudik tetap sehat dan tiba selamat sampai kampung halaman.

Nggak lucu kan, kalau mudik malah bikin kita sakit karena mengabaikan faktor kesehatan. Nanti yang ada di kampung halaman bukannya bergembira malah merana lagi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita mudik, yaitu:

  1. Cek kesehatan diri dan keluarga yang akan mudik. Pastikan fisik kita sehat dan prima untuk melakukan perjalanan
  2. Jika menggunakan kendaraan pribadi, periksa kondisi kelayakan kendaraan
  3. Tidak minum obat-obatan atau makanan yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi
  4. Beristirahat selama 15 menit setiap mengemudi selama 4 jam
  5. Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk. Lebih baik menepi dan beristirahat atau cari rest area.
  6. Disiplin dan patuhi rambu-rambu lalu lintas
  7. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan dan cuaca buruk
  8. Pastikan kendaraan tidak melebihi muatan yang layak
  9. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal
  10. Pilihlah jajanan yang bersih, jika membawa bekal pilih makanan yang tidak cepat basi
  11. Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia
  12. Tidak menggunakan gadget selama berkendara
  13. Bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat


Gimana pesan Bu Menkes tadi sudah kamu patuhi belum? Agar mudik sehat dan selamat sampai kampung halaman baiknya kamu patuhi ya. Jangan sampai ada yang dilanggar. Btw, kamu punya pengalaman seru saat mudik nggak? Share di kolom komentar yaa ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D