Saturday, June 29, 2019

Belajar Nabung dan Investasi Saham dengan Aplikasi IPOTGO


“Mi, aku kemarin beli saham ya”, ucap suami suatu hari.

Aku hanya membalas dengan anggukan kepala, dalam hati sambil bergumam, “Huh, kebiasaan deh, beli dulu baru bilang. Emang ya, laki-laki itu lebih seneng minta maaf daripada minta izin”, -_-

Wacana investasi saham memang telah kami bicarakan sebelumnya. Kami sepakat untuk menginvestasikan uang tabungan kami yang belum seberapa itu. Siapa tahukan dapat berubah dari tidak seberapa menjadi beberapa hehehe.

Cuma yang aku sesalkan, kenapa ia langsung beli tanpa mendiskusikan lanjut padaku. Menurutku investasi saham itu akan sangat menguntungkan jika kita membeli di tempat yang tepat dan tentunya aman. Nah, permasalahannya aku dan suami sedikit buta perihal itu.

Akhirnya aku coba diskus, sama temen yang mengerti tentang per-saham-an. Diajaklah aku bergabung dengan Komunitas Blogger Ruphiah untuk ngobrol dan sharing langsung soal investasi saham bersama Indopremier.

Ngobrolin Investasi Saham Online Bersama Indopremier


Serius deh, kemarin itu adalah pertama kalinya dalam sejarah aku menginjakkan kaki di Bursa Efek Indonesia. Gedungnya luas banget, sampai bingung aku dibuatnya.


Asli, acara kemarin itu bener-bener membukakan mataku tentang saham. Di awal acara, aku terkesima dengan salah satu quote yang dipaparkan pembicara,

“You Are Hunting or To Be Hunted”

Quote yang terinspirasi dari acara tv Nat Geo ini persis menggambarkan dunia finansial saat ini. Kalau kita tidak memangsa, ya kita yang akan dimangsa. Artinya, kita tidak boleh begitu saja puas dengan penghasilan yang kita dapatkan saat ini.

Yup, memang harus diakui karakter orang Indonesia lebih senang ‘Saving Money’ daripada ‘Invest Money’. Tepat seperti aku hehehe. Eittsss, tapi sekarang insya Allah nggak lagi dong. Soalnya sedikit banyak aku mulai paham nih tentang saham. Dan yang pasti jadi mau belajar lebih dalam lagi.

Ngomongin soal saham, kamu udah tahu kan apa itu saham?

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Jika kita membeli saham, artinya kita telah memiliki hak kepemilikan atas perusahan tersebut. Maka dari itu, kita berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk deviden, pada akhir tahun periode pembukaan perusahaan.

Awalnya aku pikir beli saham itu ribet, ternyata zaman yang serba canggih ini membeli atau berinvetasi saham itu mudah banget karena bisa kita lakukan kapan pun dan dimana pun dengan aplikasi IPOTGO.

Investasi Saham Online Lewat Aplikasi IPOTGO


Sebelum mulai acara, undangan yang hadir memang diminta untuk mendownload aplikasi IPOTGO. Dan itu adalah kali pertama aku tahu kalau ada aplikasi kekinian yang memudahkan kita untuk berinvestasi saham secara online.

Setelah download, aku saranin untuk baca dulu tentang knowledge product dari IPOTGO. Jadi, makin memudahkan kita ke depannya. Nah, IPOTGO sendiri adalah aplikasi investasi pertama dan satu-satunya yang memberikan kemudahan bertransaksi ReksaDana, Saham, dan ETF sekaligus dalam satu platform, satu akun, satu bank pembayaran, dan satu reporting. Jadi, cukup sekali login, bisa langsung bertransaksi tanpa perlu repot.

Keunggulan dari IPOTGO ini adalah adanya multiguna chart yang dapat membandingkan berbagai instrumen investasi, heat map, berita terkini seputar invetasi dan keuangan hingga kalkulator multiguna. Semuanya akan membantu kita menentukan investasi yang terbaik, mudah dan pastinya aman.


Di dalam aplikasi IPOTGO terdapat beberapa produk yang bisa kita manfaatkan, seperti:

  • IPOTKU, produk tabungan sebagai solusi menyimpan uang dengan imbal hasil (return) yang jauh lebih tinggi daripada tabungan biasa.
  • IPOTSTOCK, website investasi saham
  • IPOTFUND, pelayanan transaksi penjualan dan pembelian reksadana dengan skema free of charge atau gratis biaya pembelian dan penjualan
  • IPOTNEWS, berita investasi dan keuangan


Makin tahu tentang IPOTGO ini beneran makin bikin aku mulai berani berinvestasi saham. Terlebih ada program yang namanya Nabung Saham. Jadi, kita nggak perlu keluar uang besar untuk berani mulain invest saham. Karena Indopremier, punya berbagai ‘paket hemat’ dengan harga yang terjangkau. Tujuannya ya agar orang-orang awam seperti aku ini mulai belajar dan berani menabung dan berinvestasi saham.


Untuk kamu yang takut saham itu tidak sesuai dengan ajaran Islam, tenang dear, ada yang namanya Saham Syariah, di mana sudah sesuai dengan apa yang telah diatur dalam Islam. Seperti tidak berhubungan dengan riba, minim mudhorotnya dan sebagainya. 

Nah, mengenai saham syariah ini sejujurnya aku belum terlalu paham, tapi amat sangat tertariiiikk untuk punya. Makanya aku mau pelajari terlebih dahulu, dan insya allah akan aku share tentang saham syariah di next blog post yaa ^_^

Btw, kalo kamu punya pengalaman seputar investasi saham, boleh lho di share di kolom komentar biar kita makin pinter dalam berinvestasi.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D