Thursday, July 23, 2020

...

Sedih Nggak Bisa Kurban Karena Pandemi? Sedekah Daging Aja Yuk!


Ngerasa nggak sih kalau hari raya Idul Adha kali ini terasa sangat berbeda. Yup pandemi yang terjadi membuat keadaan ekonomi menjadi sulit. Hampir semua kalangan merasakannya. Bagi sebagian orang yang biasa setiap tahun rutin berkurban, tahun ini sepertinya harus alpa.

Kalau ditanya sedih atau nggak? Ya pasti sedih ya. Namun, apa mau dikata, merutuki keadaan tidak akan membuat semuanya lebih baik kan? Bersyukur rasanya, Allah masih memberikan kesehatan pada kita semua.

Baca juga: Tentukan Lokasi Kurbanmu di Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Yang pernah baca postingan blogku tentang Kurban pasti tahu deh, kalau di pelosok daerah, banyak masyarakat yang menantikan hari raya Idul Adha untuk menikmati sepotong daging. Kebayang nggak sih, kalau tahun ini harapan mereka makan daging harus pupus hanya karena pandemi? Terus bagaimana ya kira-kira nasib peternak di daerah yang biasanya memasok hewan kurban? Apakah akan gulung tikar?

Untuk menjawab semua itu Dompet Dhuafa hadir dengan sebuah program yang menurutku sangat brilliant, yaitu Sedekah Daging. Program Sedekah Daging ini adalah sedekah daging kurban yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha. Dimulai dengan donasi/sedekah senilai Rp 100.000 maka kita/donatur sudah dapat berpartisipasi dalam program ini. Donasi yang terkumpul akan dikonversi menjadi hewan kurban yang disalurkan di pelosok nusantara.

Apakah Sedekah Daging sama dengan Kurban?


Pasti banyak dari kalian yang menanyakan hal itu deh. Sedekah daging tentu tidak sama dengan Kurban. Sesuai dengan namanya, sedekah daging masuk kedalam ibadah sedekah, bukan kurban. Hanya saja bentuk sedekahnya berupa daging.

Menurutku, program ini selain sebagai seperti secercah harapan untuk masyarakat di pelosok daerah, juga sebagai pengobat rindu, bagi kita yang ingin ‘berkurban’ namun memiliki keterbatasan ekonomi karena pandemi yang terjadi ini.

Adapun Niat, Akad, dan Dalil Sedekah Daging adalah SEDEKAH ya. Ingat, bukan Kurban lho! Niat dan akadnya pun adalah akad untuk sedekah atau berdonasi bukan niat dan akad berkurban.

"Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan." [QS. At Thalaq: 7]

Alhamdulillah, aku pribadi juga turut serta dalam program Sedekah Daging ini. Harapanku, semoga pandemi ini cepat berlalu, kita dapat bangkit kembali, agar tahun depan dapat merayakan hari raya Idul Adha ataupun Idul Fitri seperti biasa. Bantu aamiin ya!

Eh, tapi Aamiin aja nggak cukup deh kayanya hehehe. Ikutan Sedekah Daging juga yuk! Gampang dan Insya Allah nggak memberatkan kok. Mulai dari Rp. 100.000 kita sudah bisa ikutan program Sedekah Daging, tinggal kunjungi aja link berikut ini ya >>> https://dmptdf.com/sedekahdaging ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D