Sunday, September 20, 2020

...

BB Anak Kurang? Yuk, Cek Alergi pada Dokter Anak di OMDC Healthcare


Punya anak yang sehat dengan tumbuh kembang optimal adalah impian semua orang tua di dunia ini. Sayangnya setiap anak dilahirkan dengan keunikan tersediri. Yang bisa dilakukan orang tua adalah merawat dengan semaksimal mungkin yang kita bisa. 

Itulah yang sedang coba aku lakukan. Anak keduaku Raisha, entah kenapa berat badannya tak kunjung naik. Badannya terbilang kurus, padahal makan dengan lahap, istirahat pun sangat cukup. Makin kesini aku makin khawatir, ada apa sih dengan Raisha sampai berat badannya stuck di situ-situ aja. 
Untuk menjawab semua itu, aku beranikan diri untuk coba konsultasi dan cek kesehatan Raisha ke dokter anak. Pas bilang ke Raisha, eh mendadak dia lemes. Dia merasa sehat tapi kok harus ke dokter, ‘aku takut di suntik mi’, kata Raisha dengan ekspresi lemas. 

Akhirnya aku jelaskan, bahwa nggak semua yang ke dokter itu pasti disuntik. Dan periksa kesehatan sedini mungkin itu baik untuk tumbuh kembang ia ke depannya. Raisha pun akhirnya setuju. 

Konsultasi Kesehatan Anak di OMDC Healthcare



Mampang Ada yang worry mau ke rumah sakit di pandemi seperti ini nggak moms? Sini kumpul. Jujur, karena masih takut ke rumah sakit di masa-masa sekarang ini, makanya aku lebih memilih klinik. Selain lebih nyaman, berobat di klinik juga rasanya lebih minim interaksi dengan pasien lain, sehingga meminimalisir paparan virus dan penyakit lainnya. 

Biar Raisha makin nyaman, aku pilih Klinik OMDC Healthcare daerah Mampang yang memiliki dekorasi unik dan estetik. Begitu masuk kliniknya, Raisha cukup terpukau, ‘Kok bagus ya, Mi! Seperti di Jepang deh’, kata Raisha. 

Selain parkirannya yang luas, suasana kliniknya juga colorful. Dihiasi bunga sakura dan pernak-pernik Jepang lainnya, bikin klinik OMDC ini mendapat tersendiri di hati. 



Fyi, OMDC Healthcare ini awalnya adalah OMDC Dental Clinic yang kemudian memperluas unit kesehatannya. Saat ini ada tujuh layanan baru yang disediakan, yaitu: Spesialis Obgyn, Spesialis Anak, rontgen gigi, instalasi farmasi, OMDC Clear aligner, Sedasi Dental, Laboratorium. Oh ya, sebelum datang, baiknya buat janji terlebih dahulu ya, agar semuanya bisa termanage dengan baik. 

Hiks, Ternyata Raisha Punya Alergi 




Tiba di sana sekitar 14.30, masih ada 10 menit sebelum jadwal konsultasi, sambil menunggu, Raisha kuajak bermain di area playground anak. Lagi-lagi Raisha takjub, katanya playgroundnya luas dan banyak mainan. Ia sampai asyik main perosotan dan mandi bola, akupun sibuk foto ootd, karena gemas dengan dekorasi klinik OMDC ini >_< 

Nggak berselang lama, nama Raisha kemudian di panggil, lalu kami masuk ruang dokter. Ternyata, APD yang digunakan dokternya berdesain khusus cartoon printed yang membuat anak-anak jadi nggak takut untuk ngobrol langsung sama dokter. 

Sebelum diperiksa, dokter yang menangani Raisha memperkenalkan diri terlebih dahulu. Namanya dokter Harun, walau tertutup masker tapi entah kenapa aku bisa merasakan keramahan dokter Harun ini. 

Di sesi konsul, kuutarakan hal-hal apa saja yang membuatku khawatir terkait tumbuh kembang Raisha. Sebelum memberikan penjabaran, dokter Harun memeriksa kesehatan Raisha secara lansung. Detak jantung, nafas, telinga, mulut dan gigi, semua diperiksa, Alhamdulillah hasilnya baik. 

Raisha sedang diperiksa oleh Dokter Harun

Dokter Harun kemudian menanyakan beberapa hal terkait pola makan, riwayat alergi, dan genetik keluarga kami. Dan ternyata, dapat disimpulkan apa yang Raisha alami saat ini adalah karena alergi yang diturunkan dari orang tua. Hiks, rasanya sedih tapi juga lega. 

Dokter Harun kemudian menuliskan beberapa resep untuk memperbaiki system pencernaan Raisha, nggak hanya itu aja, ada beberapa anjuran yang sebaiknya harus aku lakukan agar Raisha bisa memperoleh berat badan ideal. 

Sekarang, aku jadi makin paham deh, alergi pada anak itu bukan hal yang sepele. Kalau tidak ditangani tentu dapat berakibat buruk pada anak bahkan bisa saja merenggut nyawa, astagfirullahaladzim. Aku bersyukur bisa segera mengetahuinya dan memberikan penanganan yang tepat untuk Raisha. 

Cek Alergi pada Anak Sedini Mungkin 



Dari hasil diskusi dengan dokter Harun dan baca artikel tentang kesehatan, ternyata orang tua yang memiliki riwayat alergi berkemungkinan menurunkan alergi tersebut pada anak sekitar 30-40% lho. Karena itu, penting banget nih untuk cek alergi pada anak sejak dini. Agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat kita cegah. 

Alhamdulillah, saat ini OMDC memiliki layanan pemeriksaan dan penanganan alergi pada anak. So far, aku puas sekali dengan pelayanannya, staffnya ramah dan helpful. Protokol kesehatannya juga dijalankan dengan optimal, terdapat handsaitizer di setiap sudut ruangan, social distancing, wajib menggunakan masker, dan APD lengkap untuk dokter dan perawat, selain itu juga staff di sana rapid test secara berkala lho. 

Bagi orang tua muda yang masih awam soal alergi anak dan hal medis sepertiku ini, rasanya terbantu banget dengan penjelasan dokter yang informatif, komunikatif, juga dengan bahasa yang mudah dipahami. 



Dan ini nih yang paling aku suka, antreannya nggak panjang, karena semua terjadwal dan termanage dengan baik. Kalau pun harus menunggu, paling sebentar dan dijamin nggak akan bĂȘte deh, karena tersedia berbagai fasilitas OMDC, seperti playground, kursi pijat, nursing room, dll. 


Soal keamanan dan kebersihan? Tenang aja, peralatan yang digunakan selalu disterilisasi sesuai standart yang ditentukan dengan alat Autoclave. Selain itu juga tersedia apotek sehingga kita bisa langsung menebus obat yang diresepkan oleh dokter. Soal harga? Nggak perlu khawatir, terjangkau kok ^_^ 


OMDC Healthcare Mampang 



Jl. Warung Buncit Raya No.6 RT 4/RW 5, Kalibata, 
Kec. Pancoran, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 
Telepon: 021 79196565 02179196767 
Hp: 08111108852 
Chat Whatsapp: +6281514888063 
Instagram: @omdc_official

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D