Wednesday, February 2, 2022

...

Milenial Wajib Tahu: Tips Hidup Minimalis untuk Masa Depan Maksimal

 


Save Money and Money Will Save You! 

Semenjak pandemi ini, jujur aku lebih sadar betapa menabung dan mempersiapkan dana darurat itu penting banget. Kalau dulu, setiap memiliki kelebihan rezeki, aku selalu mengedepankan keinginan, sekarang tidak lagi. 

Rasanya menyisihkan uang untuk ditabung jauh lebih bijak dari pada mengutamakan keinginan dengan dalih self reward. Eiitsss, tapi bukan berarti self reward itu nggak baik lho ya. Self reward justru penting dilakukan, namun harus tau batasan dan jangan sampai membuat kita jadi boros ya. 

Hal ini makin aku pahami setelah menyaksikan Virtual Launching Sampoerna Mobile Banking untuk Generasi Muda Bijak Kelola Keuangan. Yup, beberapa waktu lalu, Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) melakukan peningkatan layanan mobile banking sekaligus mempertegas identitas layanan dengan memperkenalkan Sampoerna Mobile Banking (SMB). 

Hidup Minimalis Untuk Masa Depan Maksimal Bersama Sampoerna Mobile Banking 




Sejalan dengan komitmen Bank Sampoerna untuk mengajak generasi muda hidup lebih terencana demi masa depan yang lebih baik, dalam acara virtual launching ini, diadakan juga talk show bertema “Hidup Minimalis untuk Masa Depan Maksimal”. Talk show menampilkan influencer sekaligus investment storyteller, Felicia Putri Tjiasaka dan pelaku gaya hidup minimalis, Olga Agata. 

Pada talk show ini dibahas mengenai permasalahan kaum muda dalam mengelola keuangan. Ternyata menurut penelitian, generasi milenial dan gen Z di Indonesia memiliki kemampuan manajemen keuangan yang payah lho. Hal ini akibat gaya hidup yang cenderung boros, sulit menabung, serta tidak terlalu mempedulikan investasi untuk kebutuhan mendatang. 

Faktor penyebabnya adalah akses internet yang memperbolehkan kita melihat dunia yang lebih luas dan juga e-commerce yang mendemokratisasi pembelian barang antar kota, provinsi dan bahkan negara. Nah, dua kemudahan ini membuat milenial dan gen Z cenderung lebih banyak mau dan kemudian boros. 



Selain itu, tren seperti FOMO (Fear of Missing Out), YOLO (You Only Live Once) yang marak di media sosial, serta tantangan menjadi generasi sandwich (generasi yang harus menanggung hidup orang tua, diri sendiri, dan anak atau adik-adik), membelenggu banyak generasi muda. 

Sebenarnya hal ini seperti dua sisi mata uang. Di satu sisi, para generasi muda ini cenderung lebih paham dan teredukasi dengan investasi terkini. Namun, di sisi lain, mereka lebih sulit mengatur mindset dan psikologis terkait tren seperti FOMO dan YOLO, jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. 

Makanya penting banget nih, Gen Z dan Milenial untuk belajar menahan diri terhadap godaan sesaat, memperbaiki mindset investasi dengan menghargai proses dan juga belajar untuk konsisten. Salah satu cara untuk memastikan keuangan yang sehat serta masa depan finansial aman adalah dengan hidup secukupnya, membuat anggaran harian, bulanan, dan tentunya memiliki tabungan plus dana darurat. 

Sampoerna Mobile Banking Bantu Generasi Muda Bijak Kelola Keuangan secara Digital 




Seperti yang sudah aku jelaskan tadi, milenial dan Gen Z saat ini harus belajar dari krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 dan menyadari pentingnya hidup terencana, memiliki tabungan dan hidup minimalis demi masa depan maksimal. Salah satu caranya tentu dengan bijak dalam pengeluaran dan mengelola keuangan tanpa perlu merasa takut ketinggalan tren. 

Pola pikir ini diharapkan dapat meminimalisir risiko finansial di masa mendatang. Tak usah khawatir, kini Sampoerna Mobile Banking hadir untuk membantu generasi muda mengelola keuangan secara digital dengan mudah dan praktis, serta mengajak milenial dan Gen Z rajin menabung dengan menghadirkan produk tabungan Sampoerna Mobile Saving. 

Ada 3 fitur unggulan yang ditawarkan Sampoerna Mobile Banking yaitu: 

  • Mudah, membuka rekening dan transaksi dari smartphone 
  • Murah, buka rekening tanpa setoran awal, bebas biaya admin bulanan, transfer ke bank lain lebih murah (hanya Rp. 3.000,-) 
  • Berhadiah, nabung dan kumpulkan poin bisa menang undian total 3 Miliar rupiah. 

Dengan menabung di Sampoerna Mobile Saving, nasabah akan tiga fitur unggulan tersebut dan juga mendapatkan poin undian yang akan diundi setiap bulan, serta undian grand prize setiap triwulanan, dengan total hadiah 3 (tiga) miliar rupiah lho. 

Yuk, Milenial dan Gen Z mulai hidup minimalis untuk masa depan maksimal dengan bijak mengelola keuangan secara digital melalui Sampoerna Mobile Banking. Info detailnya, bisa langsung cek di www.sampoernamobile.banksampoerna.com ya! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D