Sunday, April 14, 2019

Dear Muslimah, Kini Bercadar Jadi Lebih Nyaman dan Menyenangkan Lho...


“Mi, gimana kalau kamu mulai coba pake cadar?”, ucap pak suami beberapa waktu lalu. Kalimat itu lantas membuat aku tersentak.

Bercadar. Satu kata yang jujur tak pernah terlintas di benakku. Bukan aku memandang aneh perihal cadar, hanya saja aku belum siap dengan konsekuensinya. Berhadapan dengan tatapan aneh orang lain, repot ketika makan di tempat umum, dan membatasi diri agar perangaiku tak menjatuhkan harkat dan kesucian cadar itu sendiri.

Hmmm, itulah yang awalnya aku pikirkan tentang cadar. Tapi, makin kesini, aku makin paham bahwa cadar atau niqab bukanlah sesuatu yang merepotkan. Perkembangan dunia fashion membuat niqab tetap nyaman digunakan. Terlebih untuk yang baru mulai berhijrah.

Berkenalan dengan Humaira Niqab


Salah satu yang membuat pandanganku tentang cadar berubah adalah karena Humaira Niqab. Berkenalan dan sharing banyak hal dengan sang owner, sedikit banyak merubah pola pikirku yang kaku perihal niqab.

Ternyata, saat ini semakin banyak lho muslimah yang menggunakan niqab. Tren busana muslim dengan cadar memang tengah populer di kalangan hijaber. Hal inilah yang pada akhirnya mendasari Kak Niken Oliviasilo tertarik untuk menekuni usaha sebagai perancang cadar.

Awal mula Kak Niken membangun Humaira Niqab sekitar Agustus 2018 lalu. Saat itu kak Niken berkolaborasi dengan sahabatnya, Kak Laila. Kekompakan merekalah yang akhirnya membawa Humaira Niqab cukup dikenal masyarakat.

Di perjumpaan kemarin, Kak Niken banyak bercerita tentang visinya membangun Humaira. Menurutnya, kondisi Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia menjadikan cadar juga sebagai salah satu sunnah gaya hidup. Dan pada akhirnya banyak muslimah yang memustuskan untuk mengenakan niqab saat mereka berhijrah.


Salah satu yang menjadi fokus perhatian Kak Niken dalam mebangun Humaira Niqab adalah soal kenyamanan. Bisa dibilang saat ini banyak produsen niqab, tapi sedikit yang memperhatikan kenyamanan muslimah yang memakainya. 

Aku sih setuju dengan Kak Niken, memang yang memudahkan langkah seseorang untuk berhijrah adalah kenyamanan. Jika kita nyaman memakai sesuatu yang baru kita gunakan, maka menjalankannya akan terasa lebih ringan.

Kenyamanan yang didapatkan dari Humaira Niqab tentu saja berasal dari bahan yang digunakan. Kak Niken memang tidak main-main perihal pemilihan bahan. Karena sejatinya cadar atau niqab digunakan di area wajah, maka material bahan haruslah yang lembut, jatuh, mudah dipakai bernafas, tidak pengap dan tentunya juga tidak terasa panas.

Yang spesialnya lagi, ternyata Humaira Niqab tidak hanya memikirikan keuntungan semata lho. Humaira juga mengedepankan keberkahan dan ridho Allah. Dan menurutku memang demikian, jika bisnis dibangun hanya bertujuan money oriented saja maka bisnisnya hanya akan begitu-begitu saja.

Oh iya, pasti kamu penasaran deh sama filosofi Humaira Niqab. Nama yang sekilas terdengar unik dan cantik. Jadi sebenarnya nama Humaira sendiri dibuat dengan dua tujuan. Yang pertama, nama Humaira yang mudah diingat dan memiliki nada religius serta berbau Timur Tengah.

Dan tujuan keduanya adalah sesuai dengan artinya, Wanita dengan pipi yang kemerah-merahan. Agar muslimah yang menggunakan Humaira senantiasa bersyukur kepada Allah atas nikmat wajah sekaligus menjaganya sesuai sunnah agar terhindar dari hal-hal yang tidak baik.

Pengalaman Menggunakan Humaira Niqab

aku dibantu Kak Niken mengenakan Humaira Niqab untuk pertama kalinya

Sebenarnya kemarin bukanlah kali pertama aku menggunakan niqab. Sebelumnya aku sudah beberapa kali mencoba. Terutama saat naik motor. Yup, Niqab yang beralih fungsi sebagai masker hehe.

Tapi, ada pengalaman yang cukup berbeda saat aku menggunakan Humaira Niqab. Bahannya yang lembut, adem dan jatuh di wajah membuatku merasa nyaman. Nggak ada cerita susah atau sesak nafas saat memakainya.

Modelnya yang beragam juga menjadi keunggulan produk ini. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan gaya kita. Ya, seperti yang aku bilang tadi, berniqab bukan berarti kita nggak bisa ngikutin fashion lho. Untuk tipe dan modelnya sendiri, aku nggak hafal, temen-temen yang pengen tahu bisa kunjungi akun instagramnya di @Humaira.niqab ya...


Sampai saat ini, Kak Niken lebih memilih untuk mempromosikan dan menjual produknya lewat pameran atau bazaar. Di pameran atau bazaar tersebut, ia sekaligus memberikan edukasi terkait material produk dan manfaat menggunakan cadar untuk muslimah.

Alhamdulillah, lewat cara itu, pada akhirnya banyak pengunjung bazaar yang teredukasi, yang semula belum menggunakan niqab jadi tertarik untuk menggunakannya dan sekaligus berhijrah. Hal ini tentunya menjadi bukti, dengan Humaira Niqab, stigma yang mengatakan cadar itu tidak nyaman jadi terbantahkan.

Jadi gimana??? Ada yang siap hijrah dengan Humaira Niqab? Share jawabannya di kolom komentar ya gengs ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D