Wednesday, August 14, 2019

...

Suprasi, Solusi Praktis ASI Booster untuk Ibu Menyusui


"ASI merupakan makanan paling bergizi di dunia", ucap dr. Raisa Djuanda di acara Don’t Give Up, Tetap menjadi Pejuang ASI” bersama Sido Muncul beberapa waktu lalu. Aku dan para momblogger yang hadir pun sepakat dengan hal itu dan semakin menyadari betapa ASI memiliki peran yang sangat penting untuk tumbuh kembang bayi.

Tapi, dalam perjalanannya, menyusui bukanlah momen yang mudah dilewati. Terkadang seorang ibu pasti mengalami berbaagai kesulitan dalam memberikan ASI. Ada yang ASI nya nggak keluar, ASInya sedikit, atau bahkan terlalu encer. Belum lagi kalau bayi rewel walau sudah disusui. Karena itulah rasanya penting banget sharing dengan pakar di bidangnya, dan juga dengan ibu yang lainnya.

Dan rasanya happy luar biasa, ketika kemarin aku diajak HIIP, Woop.id dan Sido Muncul, berkumpul bersama momblogger lainnya, untuk berkumpul bersama dalam rangka Pekan ASI Sedunia. Acara ini ditujukan agar para ibu di Indonesia lebih memahami tentang pentingnya ASI untuk bayi.

berkumpul bersama momblogger lainnya

Eittss, tapi ternyata bukan hanya bayi lho yang butuh asupan nutrisi dan zat gizi cukup. Ibu juga perlu nih menjaga asupan nutrisinya agar proses menyusuinya tetap berjalan lancar. Kadang ya, ibu memang kerap kali mengabaikan dirinya sendiri dan terlalu fokus pada anak.

Seperti yang aku alami sewaktu menyusui dulu, anak pertamaku tipikal yang sedikit rewel. Waktu itu sempat mengalami masa-masa kerepotan mengurusnya. Karena aku mengurus sendiri tanpa bantuan mbak ataupun nanny jadilah hectic luar biasa.

Mandi susah, me time hampir tidak ada, bahkan makan pun susah hiks. Baru nyuap sebentar, eh dia rewel jadilah ditimang-timang dulu. Dan ketika lanjut makan kadang sudah hilang selera. Saking sibuknya aku juga kadang suka abai sama nutrisi makananku. Mau bikin sayur katuk aja nggak sempat hiks.

Padahalkan, daun katuk punya manfaat yang luar biasa ya untuk ibu menyusui. FYI, daun katuk atau Sauropus Androgynus (L) Merr merupakan tanaman yang tumbuh di berbagai negara di Asia dan salah satu manfaatnya adalah untuk memperlancar ASI.

para pembicara di acara Dont Give Up, Tetap Menjadi Pejuang ASI

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengonsumsi daun katuk ini, ada yang langsung dimakan sebagai lalapan, ada yang mengonsumsinya dengan diolah menjadi sayur. Atau juga dibuat menjadi jamu atau meminum air rebusannya.

Manfaat daun katuk itu bukan cuma mitos lho, aku sendiri udah cari info terkait hal itu. Dan ternyata memang berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI tahun 2004 disimpulkan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui dengan dosis 3 x 200 mg per hari selama 15 hari setelah melahirkan dapat meningkatkan produksi ASI dibandingkan dengan tidak mengonsumsinya.

Penelitian itu sendiri melibatkan 96 ibu menyusui yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu yang diberikan ekstrak daun katuk dan yang tidak. Kelompok yang diberikan daun katuk ini ternyata memproduksi ASI 50,7% lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi katuk.

Alasan daun katuk dapat memperlancar produksi ASI karena dalam daun katuk itu mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin, hormon pelancar ASI. Selain itu, daun katuk juga menyimpan banyak nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, zat besi, protein dan karbohidrat.

Suprasi, Solusi Praktis ASI Booster untuk Ibu Menyusui

Suprasi 

Tapi bagi sebagian ibu menyusui, mengolah daun katuk itu menjadi PR tersendiri lho. Seperti yang aku alami dulu, mengurus anak dan rumah tanpa dibantu nanny sering kali merasa kerepotan dalam banyak hal. Dan untuk mengatasinya, ASI Booster tentu jadi solusi utama.

Dan saat ini, ibu menyusui yang sering kali kerepotan tak perlu khawatir lagi, karena sudah ada Suprasi, dimana kita tak perlu repot-repot lagi mengolah atau merebus daun katuk untuk menjaga produksi ASI. Suprasi juga bisa menjadi solusi bagi ibu menyusui yang tak suka sayuran lho.

Pak Buyung dari PT. Sido Muncul

Diproduksi di pabrik berstandar GMP (Good Manufacturing Practice) dan dianalisis pada laboratorium yang telah terakreditasi, Sido Muncul Suprasi ini dibuat dengan bahan alami berstandarisasi dan telah bersertifikat halal MUI. Tiap kapsulnya juga mengandung ekstrak daun katuk 300 mg dan diperkaya dengan vitamin B12 yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga ibu menyusui tetap sehat dan bugar.

Untuk buibu yang sedang menyusui aku rekomedasiin Suprasi dari Sido Muncul ini untuk menjaga produksi ASInya. Jadi, menyusui tetap lancar dan juga happy ^_^

No comments: