Thursday, August 1, 2019

Vaksin Flu itu Penting lho Moms!


Ada satu hal yang paling dikhawatirkan seorang ibu saat anaknya kembali ke sekolah yaitu tertular flu, hayoo mana yang sependapat?

Masuk sekolah tandanya aku harus ekstra hati-hati pada anak-anak. Maklum aja, sekarang memang lagi musim sakit. Dan penularan virus flu ini cepat sekali. Kalau anak sudah sakit flu, duh aku dan suami jadi kerepotan. Karena pasti akan nular kemana-mana.

Influenza atau flu sendiri memang merupakan penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kebanyakan dari kita menganggap enteng hal ini, padahal risikonya tinggi lho terutama untuk anak-anak.

FYI Moms, anak-anak usia 5 tahun ke bawah adalah kelompok yang paling berisiko tertular flu dan terkena komplikasi seperti sinus hingga infeksi paru-paru, seperti pnemonia dan bronchitis. Penyebabnya ya karena daya tahan anak usia di bawah lima tahun belum terbentuk dengan sempurna.

Makanya dari awal aku concern banget sama masalah ini. Dan jika anak sudah mulai ada tanda-tanda flu, aku pun menyuruh untuk istirahat di rumah saja, tidak usah bersekolah dulu. Mungkin banyak yang beranggapan, “kok di manja banget baru sakit sedikit sudah bolos”. Hal ini nih yang perlu diluruskan, jika anak kita sudah ada gejala flu, virusnya pun sudah bisa menulari orang lain, dan tentu hal itu membahayakan teman sekelasnya.

Kasihan jika banyak anak lain yang harus tertulari flu. Lagipula, dengan banyak istirahat dan minum air putih hangat, proses penyembuhannya pun akan lebih cepat, ya nggak?

Blogger Gathering “Back to School”, #KenapaHarusVaksin


Jujur aku mengakui, sebagai seorang ibu aku masih jauh dari kata baik. Maklumlah usia juga masih terbilang muda. Karena itulah, aku mau terus belajar dengan banyak berdiskusi dengan teman, sharing dengan pakar dan lain sebagai.

Dari blogger gathering kemarin, aku banyak banget dapet ilmu dari dr. Attila Dewanti seputar flu, pencegahan dan penanganannya. Dan juga dapet sharing seputar pengalaman anak yang sering tertular flu di sekolah, dari artis Maya Septa.

Ternyata oh ternyata, influenza yang sering kali dianggap ringan adalah penyakit yang mudah menular dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, hingga menyebabkan kematian. (Astaghfirullah serem ya >_<)

Dan yang harus dipahami bersama adalah orang yang terkontaminasi virus influenza dapat menularkan virus tersebut kepada orang lain dalam waktu 1 hari menjelang terkena flu sampai dengan 5-7 hari setelahnya. Tuh kan, makanya kalau anak sudah ada tanda tanda flu, nggak usah dipaksain ke sekolah ya moms!

Flu juga dapat menyebar melalui percikan ludah akibat kontak langsung dari seseorang yang lebih dulu terinfeksi maupun bersin, dengan menyentuh sesuatu yang telah terkontaminasi virus flu dan kemudian menyentuh mulut, mata maupun hidung.

Nah, kalau udah seperti itu, buru-buru deh cek, apakah ada tanda-tanda flu seperti di bawah ini pada anak. Biar kita cepet berikan penanganan moms:
  • Demam mencapai suhu 39,4 derajat celcius sampai 40,5 derajat celcius
  • Nyeri di badan
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk yang semakin parah
  • Merasa Kelelahan
  • Pilek dan hidung mampet


Pengalaman Menyedihkan Anak Kena Flu


Aku sendiri punya pengalaman sedih soal anak kena flu. Jadi entah ketularan atau gimana tiba-tiba anak kedua ku, Raisha kena flu. Batuk pilek nggak berhenti, nafsu makannya pun menurun drastis. Yang bikin sedih adalah dia keliatan makin kurus, tatapannya juga nanar.

Memang sebelum sakitpun Raisha sudah kurus, tapi karena sakit flu jadi semakin menjadi. Aku jadi super kerepotan karena Raisha rewel banget. pekerjaanku terhambat karena harus fokus dulu pada Raisha. Dan yang paling sedih adalah saat aku kerepotan merawat Raisha, ada aja kalimat-kalimat yang bikin hatiku sakit.

Kalimat yang mengaitkan kurus dan sakitnya Raisha karena aku nggak becus merawat anak, hiks. Padahal aku sudah semaksimal yang aku bisa memberikan yang terbaik untuk Raisha.

Serius deh, aku nggak mau kejadian itu terulang lagi. Aku sadar Raisha adalah anak yang gampang sekali turun berat badannya. Jadi, aku betul-betul menjaga Raisha agar tak mudah sakit dan terserang flu. Di acara kemarin, dr. Attila sempat bahas manfaat vaksin flu yang ternyata bagus sekali untuk kesehatan kita.

Vaksin Flu itu Penting lho Moms!


Lebih baik mencegah kan dari pada mengobati, nah pencegahan influenza ini dapat dilakukan dengan vaksinasi flu setiap tahun. Vaksin flu ini dibuat menggunakan langkah-langkah keamanan dan produksi yang ketat. Nggak perlu khawatir sih, karena jutaan orang sudah terbukti aman kok menerima vaksin flu dalam beberapa dekade terakhir ini.

Manfaatnya vaksin flu ini selain sebagai perlindungan terhadap anggota keluarga dari flu, juga mengurangi risiko komplikasinya. Vaksin flu ini juga direkomendasikan untuk semua orang lho, dari mulai usia 6 bulan ke atas.


Pulang dari acara, aku langsung ngobrol serius sama pak suami, perihal vaksin flu untuk keluarga. Alhamdulillah, pak suami juga paham dan sadar akan pentingnya vaksin flu ini.

Nah, untuk moms yang mau tahu lebih detail tentang vaksin flu, coba deh kepoin akun instagram @kenapaharusvaksin, di sana banyak banget informasi yang lengkap dan bermanfaat ^_^

#KenapaHarusVaksin
#4BetterProtection
#LawanFludiSekolah
#TUMBloggerMeetUp


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D