Thursday, July 9, 2020

...

Tips Mudah Kembangkan Bisnis dengan Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman modal usaha

Banyak orang yang bilang, pengusaha itu fokus ke bisnis bukan teknis. Tapi bagiku itu tidak sepenuhnya benar. Jangan lupa, bahwa banyak juga pengusaha yang pada akhirnya mengalami masalah dalam bisnisnya hanya karena melupakan masalah teknis, terutama soal modal usaha.

Contohnya aku pernah alami sendiri, beberapa tahun lalu, saat masih kuliah S1, aku memberanikan diri membuka bimbingan belajar. Dengan modal 15 juta, aku sewa ruko, mendesain tempat dan merapihkannya sendiri.

Namanya juga baru mulai usaha, terlebih di usia yang relatif masih muda, saat itu aku salah perhitungan. Aku abai menyisihkan modal untuk 6 bulan ke depan saat pemasukan belum stabil. Dan seperti yang bisa dibayangkan, akhirnya aku kewalahan memutar keuangan.

Memang terkesan nekat ya. Saat itu, aku cuma berpikiran bisnis yang bagus, adalah bisnis yang dibuka, bukan yang ditanya-tanya. Selain itu, orang tua juga kerap mengingatkan, bisnis itu tidak langsung enak, ada lelah dan pahitnya ketika membangun di awal-awal.

Jujur saat itu, aku butuh sekali pinjaman modal usaha, tapi rasanya malu sekaligus bingung. Harus pinjam modal kemana? Akhirnya mau nggak mau jual aset yang ada. Padahal, itu adalah aset berharga yang penuh dengan kenangan hiks.

Di awal membangun usaha aku lupa, bahwa mungkin kita bisa memulai bisnis dengan menjadi Superman, namun untuk mengembangkannya kita butuh sekumpulan Power Rangers. Aku pikir bisa melakukan semuanya seorang diri, tapi ternyata itu salah. Yang namanya keterbatasan modal, tentu mau tidak mau kita membutuhkan pinjaman untuk mengatasi hal itu.

Pengen Ngembangin Usaha Kuliner Deh!

pinjaman modal usaha

Kalau ditanya apakah aku kapok buka usaha? Jawabannya adalah ENGGAK dong! Insya allah mau buka usaha lagi, hanya mungkin bidangnya sedikit berbeda. Dan lagi mau coba di sektor kuliner.

Biar nggak ngulangin kesalahan yang sama, aku coba belajar dari para pengusaha lainnya dan banyak baca artikel seputar wirausaha dan bisnis. Dan berikut ini adalah rangkuman tips mengembangkan bisnis yang bisa kita praktekkan.

5 Tips Mengembangkan Bisnis


Kurang lebih ada 5 tips simpel tapi dalem, yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan usaha.

1. Perluas pasar dengan diversifikasi usaha
Diversifikasi usaha sangat penting dilakukan pasar semakin luas dan tipe pelanggan yang beragam, sehingga risiko-risiko tidak lakunya produk dapat diminimalisir.

2. Buat rencana keuangan untuk satu tahun ke depan
Hal yang sangat penting dilakukan adalah rencanakan seluruh perkiraan/target penjualan dan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk memenuhinya. Jangan lupa untuk buat juga Plan B, jika rencana awal yang dibuat tidak dapat terlaksana sesuai harapan.

3. Kelola arus kas dengan baik
Pahami dan kelola arus kas dengan baik sedari awal adalah kunci penting yang tidak boleh terlupa. Catat setiap pengeluaran dan pendapatan dengan baik sekecil apapun itu. Dan juga, jangan campur adukkan kas usaha dengan pribadi ya.

4. Perkuat dengan sistem layanan online
Tidak bisa dipungkiri saat ini sistem layanan online seperti memberikan kemudahan pada banyak orang. Dengan menyediakan layanan online tentu akan membuat usaha menjadi semakin berkembang dan mampu menarik banyak pelanggan.

5. Jaga stabilitas bisnis dengan pinjaman modal usaha
Bisnis dapat berkembang dengan baik, tentunya perlu modal yang cukup. Jika memang modal yang diperlukan terasa kurang, nggak ada salahnya untuk mengajukan pinjaman modal usaha. Sekarang ini, sudah banyak layanan finansial yang tersedia yang dapat membantu memberikan pinjaman modal usaha sebagai nafas tambahan para pengusaha.

Butuh Pinjaman Modal Usaha? Cek GoBiz Aja!


Ngomongin soal pinjaman modal usaha, saat ini sudah banyak lembaga finansial yang dapat memberikan bantuan terkait pinjaman modal usaha, salah satunya adalah GoBiz. Fyi, GoBiz adalah super app dari Gojek yang diperuntukkan khusus para pebisnis di Indonesia.

GoBiz menjadi terobosan baru yang akan membantu semua pemilik usaha untuk mengelola usahanya dengan lebih mudah. Diluncurkan secara resmi untuk membantu seluruh Mitra Usaha Gojek, sehingga usaha dapat berkembang dengan lebih efektif dan efisien.

Di dalam GoBiz juga terdapat pinjaman GoModal yang merupakan program pinjaman modal usaha yang diperuntukan bagi Mitra Usaha Gojek terpilih yang telah terintegrasi dengan fitur GoFood. Pinjaman ini diberikan dengan tujuan untuk membantu pengembangan usaha.

pinjaman modal usaha
source: gobiz.co.id

Menariknya GoModal menyediakan fasilitas pinjaman usaha hingga Rp. 150 juta dengan pilihan jangka waktu cicilan 2, 3, 6 dan 12 bulan melalui aplikasi GoBiz. Ada beberapa keunggulan yang bisa kita dapat melalui GoModal, yaitu:
  • Mengajukan pinjaman usaha bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi GoBiz
  • Proses pencairan GoModal rata-rata hanya membutuhkan waktu hingga 13 jam pada hari kerja
  • Bayar cicilan jauh lebih mudah, karena bisa dilakukan secara harian langsung dari saldo GoBiz.


Nah, buat kamu yang lagi butuh pinjaman modal usaha, sila ceki-ceki aplikasi GoBiz ya! ^_^



12 comments:

  1. Kalau tidak ada pilihan lain, mungkin saya juga akan cari modal pinjaman usaha. Tapi tetap saya akan perhatikan syarat dan ketentuannya. Jangan sampai terjerumus ke kubangan rentenir ya.

    ReplyDelete
  2. jaman sekarang kalau mau usaha tu enak ya mbak, banyak literasinya, ada banyak pilihan peminjaman modal, bahkan ga sedikit seminarnya, jadi banyak yg bantu heheee

    ReplyDelete
  3. semangat buat usahanya mba, apalagi pertarungan sengit di dunia kuliner hehe, dimana biasanya pelanggan pun bisa berpaling ke lain hati kalau menemukan harga lebih murah dengan rasa yang sama XD

    ReplyDelete
  4. Aku juga baru aja nyobain berbisnis ini, dengan sistem payment pake gopay. Kayaknya jadi lebih mudah aja buat krlancaran bisnis :)

    ReplyDelete
  5. Pengalaman adalah guru terbaik. Biasanya sekali nyoba usaha sendiri, mentalnya sudah dapat, pasti pengin usaha lagi. Harus ada persiapan matang sebelum pinjam modal. Semoga banyak yg terbantu.

    ReplyDelete
  6. Pinjaman modal dari gobiz hanya untuk bisnis kuliner sajakah mba? Usaha lain bisa juga?

    ReplyDelete
  7. Wahh senang yah mba masa pandemi ini ada aplikasi seperti go biz yang bisa membantu pengusaha2 untuk tetap eksis..

    ReplyDelete
  8. Thanks mba infonya ini. Di masa pandemi ini memang keuangan sangat diterpa heheh sampe kita hrs cari penghasilan baru. Mau cek cek gobiz dl deehh

    ReplyDelete
  9. Waah..heibaatt.
    Bisa pinjam modal ke gobiz hingga 150 juta.
    Semoga bunganya masih terjangkau yaa...secara yang pinjam rata-rata kan UMKM yaa..

    ReplyDelete
  10. BAru tau aku mba kalau di GoBiz ada fitur GoModal juga, bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman usaha. Wah... makin lengkap aja nih ya GoBiz sebagai pendukung usaha kita semua.

    ReplyDelete
  11. Nah cocok banget ini mbak...aku butuh referensi buat buka usaha. Secara sudah beberapa kali buka usaha tapi gagal terus... sepertinya saya belum nerapkan 5 tips diatas.... apalagi sekarang ada GoBiz yang sangat membantu para pengusaha mendapatkan modal pinjaman dengan GoModal jadi gak khawatir lagi buat mengembangkan usahanya.

    ReplyDelete
  12. waaah keren banget berani buka usaha bimbel. Kalau aku zaman kuliah ngajar bimbel juga tapi yang privat. Ini lebih minim modal sih yaa

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D