Saturday, August 29, 2020

...

Bango Pangan Lestari untuk Lindungi Kesejahteraan Petani di Tengah Pandemi


260 juta masyarakat Indonesia nggak boleh kelaparan, tetapi petani juga harus sejahtera. Kira-kira gimana caranya ya? Itulah problematika seputar pangan yang tengah dihadapi Indonesia saat ini.

Sebagai masyarakat yang menikmati hasil jerih payah petani, kayanya nggak bijak ya jika kita hanya berpangku tangan. Aku pribadi pun, jadi berpikir kira-kira hal kecil apa nih yang bisa aku bantu untuk ikut menyelesaikan masalah ini.

Pasti banyak yang tanya deh, Indonesia kan negeri yang subur dan kaya akan sumber daya alam, emangnya apa sih problematika yang dihadapi? Masa separah itu?

Ini nih, yang harus kita sadari. Indonesia memang negara yang dianugerahi nikmat yang luar biasa, tapi bukan berarti terbebas dari masalah pangan. Adapun kondisi Indonesia terkait ketahanan pangan adalah:
  1. Kualitas sumber pangan yang kurang maksimal. Hal ini ditandai dengan pengetahuan petani yang minim, penggunaan pestisida yang tidak sesuai, dan perubahan iklim yang cukup ekstrim.
  2. Jumlah petani yang kian hari kian berkurang. Anak muda saat ini lebih memiliki pekerjaan lain yang mungkin lebih menjanjikan.
  3. Lahan pertanian yang semakin terbatas.


Program “Bango Pangan Lestari” Lindungi Kesejahteraan Petani di Tengah Pandemi


Alhamdulillah, beberapa hari lalu aku berkesempatan ikut dalam launching program Bango Pangan Lestari. Jadi, Bango produksi PT. Unilever Indonesia, Tbk. meluncurkan program “Bango Pangan Lestari” sebagai payung besar bagi keseluruhan inisiatifnya dalam mendukung upaya-upaya pertanian yang berkelanjutan, di mana salah satu hal yang menjadi prioritas adalah mengedepankan kesejahteraan petani.

Melihat kondisi kehidupan dan penghidupan petani yang penuh tantangan di tengah pandemi COVID-19, maka program Bango Pangan Lestari menjalin kolaborasi dengan Sayurbox dan TaniHub Group guna mengajak masyarakat bersama-sama melindungi kesejahteraan petani dengan membeli bahan pangan langsung dari para petani.

Nggak bisa dipungkiri memang, pandemi yang terjadi membawa dampak yang sangat signifikan bagi keberlangsungan hidup banyak orang, salah satunya adalah petani. Jika terus dibiarkan, hal ini tentu bisa menganggu ketahanan pangan kita. Nah, Unilever secara global berkomitmen untuk mentransformasi cara petani kita menanam, memproduksi, dan mengonsumsi makanan untuk mengatasi permasalahan itu. Guna mewujudkan komitmen ini, Unilever ingin berkontribusi terhadap sistem pangan yang lebih baik melalui dua hal penting, yaitu diversifikasi konsumsi pangan dan diversifikasi produksi pangan.


Guna membantu terciptanya ketahanan pangan, program Bango Pangan Lestari kembali mewujudkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan petani melalui kolaborasi dengan dua platform e-commerce terkemuka, yakni Sayurbox dan TaniHub Group. Melalui www.bango.co.id/bangopanganlestari Bango mengajak masyarakat untuk membeli bahan pangan langsung dari petani, salah satunya melalui platform digital Sayurbox dan TaniHub Group.

Website ini akan menjadi penghubung bagi kita semua yang ingin menunjukkan dukungan terhadap jerih payah petani dan berkontribusi nyata untuk membantu meningkatkan kesejahteraan mereka. Kolaborasi ini diharapkan dapat lebih memudahkan masyarakat untuk mengakses hasil tani sekaligus meningkatkan permintaan hasil tani.

Kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan Bango terhadap program-program Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang turut menggiatkan pemasaran komoditas pertanian secara online. Terlebih, di tengah pandemi seperti ini, penting sekali megonsumsi pangan berkualitas, agar asupan gizi dapat tercukupi untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Dan pemasaran secara online yang digalakkan dalam kolaborasi Bango, Sayurbox dan TaniHub Group ini diharapkan akan mampu membuka akses jual beli yang lebih luas, terbuka, dan cepat – untuk keuntungan petani maupun masyarakat.

Bantu Kesejahteraan Petani dengan Beli Bahan Pangan secara Langsung, Cukup dari Rumah Saja


Jujur, sebagai masyarakat aku mengapresiasi adanya program Bango Pangan Lestari. Akhirnya, kami bisa berkontribusi lebih untuk kesejahteraan petani. Kebingungan kami akhirnya terjawab melalui kolaborasi apik, Bango, Sayur Box, Tani Hub, dan lain-lain.

Kini, hanya lewat ponsel kami bisa berbelanja langsung hasil panen petani sekaligus membantu mereka meningkatkan kesejahteraan hidup. Selain produk yang dihasilkan berkualitas, kami pun bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu ribet keluar rumah di masa pandemi seperti ini. Semoga semakin banyak masyarakat Indonesia yang berpartisipasi dalam Bango Pangan Lestari, agar petani kita bisa hidup lebih sejahtera ya! ^_^



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D