Monday, August 16, 2021

...

#SemangatIndonesia Bersama Kita Hadapi Corona

 


Sedih rasanya Indonesia harus merasakan pandemi Covid 19 ini. Ke mana-mana selalu khawatir tertular, belum lagi kebijakan pemerintah yang mengharuskan kita di rumah saja demi kebaikan bersama. Entahlah, rasanya mau nangis pun percuma, yang bisa kita lakukan saat ini adalah terus berdoa dan berusaha semoga pandemi ini segera berakhir. 

Tapi, dari pandemi yang terjadi saat ini, aku banyak belajar. Bahwa kesabaran dan keikhlasan bisa datang lewat sebuah ujian. Entahlah, aku merasa dua tahun belakangan ini merupakan tahun yang spesial untuk masyarakat Indonesia. 

Bayangkan saja, tahun ini kita dihadapkan dengan pandemi covid-19 gelombang kedua, yang bukan hanya mengancam nyawa, tapi juga melumpuhkan perekonomian bangsa.

Setiap buka sosial media, isinya penuh dengan berita duka. Rasanya belum habis air mata saat kerabat dekat berpulang, tak lama aku harus mendengar sahabat yang harus meninggalkan dunia untuk selamanya. 

Berita pun isinya tak kalah menyedihkan, betapa banyak masyarakat yang mengalami kesulitan karena pandemi ini. Harus kehilangan pekerjaan, penghasilan menurun drastis, bahkan banyak yang kini harus berjuang sendiri menghidupi keluarga karena orang tua telah tiada. Tak jarang juga aku dengar berita banyak anak yang kini menjadi yatim piatu. 

Kini aku semakin menyadari, selama kita masih bisa makan enak, tidur nyenyak dan bisa berkumpul bersama keluarga, itu adalah kenikmatan luar biasa yang Allah berikan. Dan sudah sepantasnya, kita membagikan sedikit yang kita punya sebagai bentuk rasa syukur kita. 

#SemangatIndonesia, Gerakan Indonesia Bebas dari Corona 




Untuk kita yang masih diberikan banyak kenikmatan oleh Allah dan mau berbagi pada sesama yang terdampak pandemi, tak perlu bingung. Kita bisa berpartisipasi dalam #SemangatIndonesia. Caranya dengan melakukan donasi melalui Rumah Zakat

Btw, udah tahu belum apa itu Semangat Indonesia?

#SemangatIndonesia adalah sebuah gerakan membangun optimisme masyarakat bahwa suatu hari nanti Indonesia pasti bisa bebas dari Corona. Yakin deh, jika kita saling bergandengan tangan dan saling tolong-menolong, kita pasti bisa melalui pandemi ini dengan baik. 

Itulah yang kemudian dilakukan oleh Rumah Zakat. Dalam rangka menyambut HUT RI ke-76, Rumah Zakat meluncurkan gerakan Semangat Indonesia Bersama Kita Hadapi Corona. 

Rumah Zakat Resmikan Crisis Centre dalam Peluncuran #SemangatIndonesia 




Tepat di tanggal 16 Agustus 2021, Rumah Zakat meluncurkan gerakan Semangat Indonesia. Peluncuran gerakan ini juga ditandai dengan peresmian Crisis Centre Rumah Zakat yang bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. 

Sebenarnya, Rumah Zakat sudah menginisiasi program untuk merespon pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. Yakni ketika Covid-19 hadir di Indonesia. Dalam hal ini Rumah Zakat fokus dalam program jangka pendek dan jangka panjang. Karena pandemi ini berdampak pada kesehatan, maka bantuan yang terus diberikan selanjutnya adalah bantuan kesehatan

Rumah Zakat menyampaikan terima kasih kepada tim medis dan relawan yang terus membantu masyarakat. Bukan hanya itu saja, ada lima layanan yang diberikan oleh Crisis Centre Rumah Zakat, di antaranya ambulans gratis, pinjam tabung oksigen, Sembako Isoman, telekonsultasi, dan bantuan UMKM. 

CEO Rumah Zakat Nur Efendi, menuturkan, 

“Crisis Centre ini terselenggara berkat dukungan dari para donatur dan mitra kolaborasi. Untuk sementara Crisis Centre Rumah Zakat baru melayani masyarakat terdampak pandemi di 10 kota. Semoga ke depannya kita bisa buka di lebih banyak kota.” 

Selain Crisis Centre, Rumah Zakat juga merilis program Santunan Yatim Dhuafa, khususnya bagi yatim yang ditinggal orang tuanya akibat Covid-19 dengan memberikan paket bantuan keluarga, santunan, dan atau beasiswa. 

Selain itu ada pula program pemberdayaan dan stimulus ekonomi (UMKM) dengan menyediakan sembako keluarga, borong berbagi, dapur berdaya, hingga bantuan modal. Sampai sekarang ada 1.204 UMKM yang telah didampingi dan juga terdapat 2.243 UMKM penerima manfaat program Borong Berbagi, yakni kita bantu dengan memborong dagangannya untuk kemudian dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. 

Hingga saat ini bersama mitra Rumah Zakat telah membantu 967.248 penerima manfaat program respon Covid-19 di 250 kota/kabupaten di 27 provinsi dengan menurunkan 3.948 relawan. 

Berkat kolaborasi Rumah Zakat dengan berbagai pihak, sejak Maret 2020 sampai sekarang Rumah Zakat mampu memberikan manfaat kepada 967.248 orang di 250 kabupaten/ kota di 27 provinsi. Rumah Zakat juga menurunkan 3.948 relawan. 

Bantuan yang diberikan Rumah Zakat di antaranya, 982 titik sosialisasi Covid-19 dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), 154.901 paket makanan dan suplemen, 427.832 paket superqurban, 19 ambulance untuk pasien Covid-19, 44.092 beasiswa yatim dan dhuafa, 538.732 paket masker untuk Indonesia, 1.204 bantuan UMKM, 138 paket ventilator, 1.870 rapid, 279 unit tabung oksigen, 34.715 paket perlengkapan kesehatan, 19 titik lumbung pangan, 997 titik sterilisasi fasilitas umum se-Indonesia, dan mendukung vaksinasi. 

Alhamdulillah, aku pribadi seneng banget nih dengan peluncuran Gerakan Semangat Indonesia dari Rumah Zakat. Yup, kondisi hari ini tentunya harus kita hadapi bersama dengan cara kita terus berkolaborasi dan tentunya tidak lepas dari doa kepada Allah supaya kita bisa keluar dari situasi hari ini dan semoga Allah mengangkat pandemi Covid-19 dari muka bumi Indonesia ya. 

Terimakasih Rumah zakat, aksi solidaritas dan gerakan Semangat Indonesia ini sangat menginspirasi banyak orang untuk ikut serta mendermakan sedikit yang mereka punya, untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak pandemi ini. Dan juga semoga ini menjadi satu langkah nyata dalam menekan penyebaran virus Covid 19 dan menyelesaikan permasalahan ekonomi yang dihadapi. 

Terimakasih juga donatur dan orang baik. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan situasi ini segera membaik ya! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D