Friday, June 9, 2023

...

Keseruan Visit Sentra Ternak Cianjur Dompet Dhuafa: Karena Satu Kurban Banyak Kebaikan!

 

sentra ternak cianjur dompet dhuafa

Percaya nggak kalau ternyata, satu kurban juga memiliki banyak kebaikan? Yup, ternyata kurban yang kita tunaikan juga memberikan manfaatkan bukan hanya untuk kita dan penerima kurban saja, tapi juga pada peternak lokal dan masyarakat setempat. 

Hal ini aku rasakan betul saat mengikuti Visit Kampung Ternak Bersama Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa. Dalam rangka melanggengkan sinergi kebaikan, khususnya di momen Idul Adha 1444 H, melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) yang sudah berjalan selama 29 tahun, Dompet Dhuafa terus menjunjung semangat berbagi daging kurban hingga ke pelosok Nusantara dengan target sebaran ke 29 provinsi di tahun 2023. 

Nah, melalui kampanye #SatuKurbanBanyakKebaikan, Dompet Dhuafa mengajak para influencer, blogger, dan rekan media untuk menjelajahi Kampung Ternak yang bertempat di Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. Tujuan visit ke Kampung Ternak ini tentunya untuk menyosialisasikan program Tebar Hewan Kurban agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi. 

Penasaran? Simak ulasannya sampai selesai ya! 

Sekilas tentang THK Dompet Dhuafa 


visit sentra ternak cianjur dompet dhuafa


Sebelum cerita soal perjalanan visit Kampung Ternak, aku mau jelasin sedikit tentang Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa yang merupakan sebuah program pemberdayaan peternakan lokal demi mensukseskan distribusi hewan ternak dalam pelaksanaan ibadah Hari Raya Kurban (Idul Adha). 

THK memiliki sebaran wilayah yang sangat luas. Adapun wilayah yang menjadi titik distribusi adalah wilayah terpencil dan terluar yang minim akses persebaran daging kurban, wilayah terdampak bencana, wilayah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, juga wilayah krisis kemanusiaan. 

Dompet Dhuafa melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) membangun Sentra Ternak. Sentra Ternak Dompet Dhuafa yang tersebar di 12 Provinsi merupakan pemasok utama, hampir 55% dari hewan kurban Dompet Dhuafa 2023. Sentra Ternak atau yang lebih dikenal DD Farm merupakan peternakan terpadu yang terkelola baik dengan melibatkan komunitas peternak lokal. 

Saat ini DD Farm berada di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur hingga Sulawesi Selatan. Diharapkan dengan adanya sentra ternak tersebut dapat mencapai target mendristribusikan 40.000 hewan kurban ke wilayah 3T (terpencil, tertinggal dan terluar) di Indonesia serta beberapa wilayah di luar negeri. 

Program THK Dompet Dhuafa tak hanya menebarkan hewan kurban hingga ke pelosok negeri, tetapi juga turut serta memberdayakan para peternak binaan yang tergabung dalam program Kampung Ternak Nusantara. Dengan kata lain, program THK Dompet Dhuafa adalah perwujudan dari model bisnis sosial yang turut mengangkat perekonomian para peternak binaan yang telah ada selama ini. Hal ini mewakili tagline Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa 2023, yaitu: Satu Kurban, Banyak Kebaikan.

Keseruan Visit Kampung Ternak Dompet Dhuafa di Kabupaten Cianjur 


keseruan mandiin kambing di sentra ternak cianjur dompet dhuafa


Tepat pukul 06.00, di hari Senin yang cerah, kami semua berkumpul di Kantor Dompet Dhuafa yang ada di Phylantrophy Building. Tanpa menunggu lama, bus kami pun berangkat menuju Kampung Ternak di Cianjur. Alhamdulillah perjalanan lancar. Rasanya syahdu banget menyusuri jalan yang dihiasi dengan hamparan pohon dan sawah yang hijau dan permai. 

Sekitar beberapa ratus meter mendekati lokasi Kampung Ternak, bus kami terpaksa berhenti karena jalan yang semakin sempit sehingga sulit untuk dilalui bus. Akhirnya perjalanan kami lanjutkan dengan menaiki mobil bak dan jalan kaki melintasi sungai melalui jembatan. Tiba di Kampung Ternak, kami disambut dengan kadang yang luas dan bersih yang dikelilingi dengan sawah yang hijau. Asli sih, indah banget! 

Tanpa menunggu lama dan aku dan teman-teman langsung excited kasih makan kambing dan domba di sana. Hewan ternaknya makan dengan lahap. Nggak heran deh, kalau ternak di sana gemoy-gemoy, bersih dan sehat. 

kampung ternak cianjur dompet dhuafa

Setelah puas kasih makan ternak, kemudian dilanjutkan dengan sharing session mengenai sejarah Kampung Ternak Cianjur. Ternyata, adanya kampung ternak ini membawa manfaat yang luar biasa untuk masyarakat setempat lho. 

“Sentra Ternak sendiri berangkat dari program pemberdayaan masyarakat dan ekonomi, sehingga nantinya juga akan kembali ke sosial yang didayagunakan dari dana zakat Dompet Dhuafa,” tutur Ayi Rahmat selaku pengelola Sentra Ternak Cianjur. 

Adapun program pemberdayaan masyarakat melalui dana Ziswaf harus melihat potensi lokal dan kearifan lokalnya, sehingga apa yang kemudian baru dikembangkan dapat tepat sasaran. Sentra Ternak atau yang juga dikenal sebagai Kampung Ternak ini sudah bergulir sejak tahun 2017 hingga sekarang, dan digarap oleh masyarakat sekitar. 

Siapa sangka, pemberdayaan yang bermula dari pertanian ini kemudian bisa meluas lagi menjadi Kampung Ternak yang kini dikunjungi dan menebar banyak manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Selain itu juga mampu meningkatkan ekonomi mereka. 

Setelah sharing session, kegiatan dilanjutkan dengan mencukur bulu kambing, memotong kuku, memandikan, hingga menimbang beratnya. Asli sih, aku baru tahu kalau ternyata proses perawatan dan Quality Control (QC) hewan kurban Dompet Dhuafa di Kampung Ternak Cianjur ini detail banget. 

Nah, buat kamu yang ada rencana kurban tahun ini, sekaligus ingin memberikan dampak lebih untuk peternak di daerah bisa langsung ke Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa! 

Gimana Sih Mekanisme Berkurban di THK Dompet Dhuafa? 


Pekurban cukup menyetorkan dana kurban di gerai THK Dompet Dhuafa. Selain itu, THK juga menyediakan rekening-rekening kurban dan layanan jemput kurban, ditujukan bagi pekurban yang punya keterbatasan waktu dan mengedepankan kepraktisan. 

Dan menurutku, salah satu kelebihan THK Dompet Dhuafa adalah, para pekurban bisa menentukan sendiri di mana lokasi berkah kurbannya yang mau dituju, dari mulai Aceh sampai Maluku. Bahkan kini, Palestina, Kamboja, Suriah, Filipina juga masuk ke dalam peta persebaran berkah kurban THK. Luar biasa kan? 

tebar hewan kurban dompet dhuafa 2023


Oh ya, nggak perlu khawatir kurban kita sampai atau nggak, karena THK akan memberikan 4 laporan pada pekurban, yaitu: 
  1. Pekurban akan mendapatkan bukti kwitansi pembayaran kurban yang disalurkan melalui THK. 
  2. Pekurban akan mendapatkan WA, sms atau email notifikasi keikutsertaan kurban. 
  3. Pekurban akan mendapatkan email laporan prosesi kurban yang telah dilakukan atau bisa mengeceknya langsung di website Tebar Hewan Kurban. 
  4. Pekurban akan mendapatkan laporan prosesi kurban yang telah dilakukan, berupa foto hewan kurban dan prosesinya serta ungkapan terimakasih dari masyarakat penerima kurban yang akan dikirimkan ke alamat pekurban. 

Last but not least, dari deskripsiku di atas, kesimpulannya adalah ada 6 alasan kenapa kamu harus kurban di THK Dompet Dhuafa: 
  • THK mengedepankan layanan kemudahan berkurban melalui kanal perbankan, layanan jemput kurban hingga gerai kurban di mall dan perkantoran. 
  • Distribusi hewan kurban hingga pelosok negeri, wilayah konflik dan minoritas muslim. 
  • Pengadaan hewan kurban THK memenuhi standar kualitas dan bermutu baik. 
  • Melalui proses quality kontrol yang ketat 
  • Pekurban mendapat laporan yang transparan 
  • Memberdayakan peternak dan membangun ekonomi desa 

Karena #SatuKurbanBanyakKebaikan yuk amanahkan kurbanmu tahun ini melalui Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa! ^_^


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D