Monday, August 31, 2020

...

Morinaga Susu Soya Anak, Bantu Raisha Tetap Berprestasi Walau Mengalami Alergi

Susu Soya Anak

Rasanya seperti disambar petir, saat dokter mengatakan anak keduaku, Raisha memiliki masalah pencernaan dan kurang gizi akibat alergi yang dideritanya. Jujur, aku nggak nyangka jika alergi memiliki dampak yang cukup besar seperti ini. Sepintas aku merasa gagal menjadi ibu, hiks.

Semua itu bermula, ketika aku membaca sebuah artikel di jurnal kesehatan, yang mengatakan bahwa anak yang memiliki orang tua dengan riwayat alergi memiliki risiko alergi sebesar 30%-50%. Kemudian aku coba cek risiko alergi yang kemungkinan dialami Raisha melalui www.cekalergi.com

Ternyata, hasilnya sangat mengkhawatirkan, Raisha kemungkinan memiliki risiko alergi 40% hingga 60%. Hal ini dikarenakan aku dan suami memiiki alergi yang berbeda. Untuk memastikannya, akhirnya aku konsultasi ke dokter anak di salah satu klinik kesehatan yang ada di daerah Mampang.

Saat kuutarakan semua kekhawatiranku, dokter kemudian menanyakan tentang riwayat alergi dan genetik keluarga, kemudian dilanjutkan dengan memeriksa kesehatan Raisha secara langsung. Detak jantung, nafas, mulut, gigi, telinga, semua diperiksa dengan detail. Alhamdulillah hasilnya bagus, hanya saja masalah pencernaan dan kurang gizi yang harus segera diperbaiki, karena jika diabaikan bisa berakibat buruk untuk Raisha.

(Raisha sedang diperiksa oleh dokter anak)

Dokter juga menjelaskan seputar alergi, yang tidak boleh dianggap remeh karena bisa menghambat tumbuh kembang anak, bahkan yang terparah bisa menyebabkan kematian. Di situ hatiku bergidik ngeri. Menyesali kecerobohanku karena tidak memeriksakan alergi Raisha lebih awal.

Kini aku sadar waktu tak bisa kembali, namun menyesali kesalahan hanya akan memperburuk keadaan. Yang bisa aku lakukan saat ini adalah berupaya menjalankan apa yang dokter telah sarankan. Dokter mengatakan, untuk menaikkan berat badan Raisha, sistem pencernaannya harus diperbaiki terlebih dahulu, salah satunya dengan mengganti susunya dengan susu khusus alergi.

Fyi, Alergi adalah reaksi dari sistem imun terhadap suatu zat yang dianggap berbahaya yang masuk dalam tubuh. Yang paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak adalah alergi susu sapi. Gejala alergi susu sapi dapat timbul dalam hitungan beberapa menit hingga beberapa jam setelah pertama kali mengkonsumsi susu sapi atau turunannya.

Morinaga Chil*School Soya untuk Raisha yang Alergi


Atas saran dokter, akhirnya aku mengganti susu Raisha dengan susu khusus alergi yaitu Morinaga Chil*School Soya dengan MoriCare+ ∑ (Zigma) dengan Triple Bifidus sebagai susu pertumbuhan anak usia 3-12 tahun yang intoleransi terhadap laktosa, menderita galaktosemia, dan intoleransi terhadap protein susu sapi.

Jika alergi Raisha dapat diatasi, maka berat badan Raisha perlahan-lahan akan lebih mudah naik, sambil terus dipantau asupan nutrisi lainnya”, ucap dokter kala itu. Alasanku memberikan Morinaga Chil*School Soya untuk Raisha adalah karena Morinaga Chil*School Soya merupakan susu pertumbuhan yang diformulasikan dengan isolate protein kedelai berkualitas dengan kandungan MoriCare+ Zigma Triple Bifidus yang mendukung kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal.

Kayanya, hampir semua Moms tahu ya, kalau Morinaga Research Center Japan selalu menghadirkan inovasi baru yang bisa menjadi solusi agar anak memiliki tumbuh kembang yang optimal. Salah satu inovasi terbarunya adalah Morinaga Allergy Total Solution yang dapat membantu pemberian nutrisi yang tepat bagi anak-anak yang berbakat dan memiliki alergi.

Nah, Morinaga Soya adalah satu-satunya Susu Soya Anak dengan formula pertumbuhan dengan protein soya yang diakui BPOM dan dilengkapi dengan kandungan AA dan DHA, serta mengandung nutrisi sinbiotik (sinergi dari probiotik dan prebiotik) dengan 3 jenis Bifidobacteria yang dapat mendukung daya tahan tubuh juga mencegah alergi pada si kecil.

 Susu Soya Anak

Morinaga Soya tersedia dalam dua produk dengan varian rasa vanilla dan madu, yaitu:
  • Morinaga Chil*Kid Soya MoriCare+ Prodiges untuk anak usia 1-3 tahun
  • Morinaga Chil*School Soya MoriCare+ Prodiges untuk anak usia 3-12 tahun


Kini, Raisha Makin Semangat Minum Susu Morinaga Soya

susu soya anak

Karena usianya yang sudah 8 tahun, Raisha mengerti apa yang dokter katakan kemarin. Ia kemudian bertanya kepadaku, “Jadi aku kurang gizi sama alergi ya, Mi? Padahal makan aku banyak lho!”, tanya Raisha lepas kami keluar dari klinik. Segera kujawab iya, karena kamu ada alergi jadi berat badannya nggak bisa naik dan gizinya tidak bisa diserap dengan baik.

Selepas itu, aku juga jelaskan kalau kini ia harus minum susu khusus alergi. Jujur, awalnya aku khawatir Raisha tidak suka susu soya, karena sebelumnya terbiasa dengan susu sapi. Ternyata, Alhamdulillah Raisha suka dan jadi semangat minum susu untuk mengatasi alerginya.

Selain istirahat cukup, makan buah dan sayur, Raisha juga rajin minum susu tiga gelas sehari, setiap pagi, sore, dan malam sebelum tidur. Kadang aku yang membuatkan, terkadang juga Raisha membuatnya sendiri, tentu setelah diajarkan ya.

“Oh, ini susunya dari kedelai ya mi? Tapi kok rasanya enak sih. Aku suka deh!,” ucapnya sambil tersenyum. Aku jawab, “Iya yang kamu minum sekarang rasa vanila, besok kita coba yang rasa madu ya!”, ucapku. Alhamdulillah, lagi-lagi aku bersyukur Allah mudahkan jalanku untuk memperbaiki kelalaianku kemarin.

Yuk, Jadi Orang Tua Tanggap Risiko Alergi karena Waktu Tak Bisa Kembali

susu soya anak

Rasanya nggak kebayang deh, jika saat ini aku masih abai dengan alergi yang dimiliki Raisha, pasti tumbuh kembangnya semakin terhambat. Padahal waktu tak bisa kembali, dan masa-masa pertumbuhan anak seperti inilah yang menentukan masa depannya nanti.

Tapi, dari pengalamanku ini banyak hal yang rasanya ingin aku bagi pada orang tua lainnya, untuk kenali risiko alergi pada anak sedini mungkin agar jangan sampai menyesal di kemudian hari. Terlebih saat ini sudah banyak inovasi terkait hal-hal tentang risiko alergi pada anak.

Langkah menjadi orang tua yang tanggap risiko alergi:
  1. Cari tahu tentang informasi alergi bisa melalui jurnal kesehatan, artikel atau website terpercaya lainnya.
  2. Cek alergi anak, salah satunya melalui website www.cekalergi.com
  3. Jangan ragu untuk konsultasi pada dokter, jika ada yang dikhawatirkan.
  4. Jika anak memiliki risiko alergi, baiknya ganti susu sapi dengan Susu Soya Anak, salah satunya adalah Morinaga Soya (detail produknya juga bisa di cek di instagram @MorinagaPlatinum)


susu soya anak

Aku percaya, the best way to make children good is to make them happy and healthy. Cara terbaik yang bisa orang tua lakukan untuk membesarkan anak adalah dengan membuat mereka sehat dan bahagia. Karena sejatinya, waktu tak bisa kembali, Kini saatnya kita menjadi orang tua yang tanggap risiko alergi ^_^

11 comments:

  1. Jadi ingat anak saya waktu bayi mbak, kasusnya masa seperti Raisha. Sedih banget bila melihat kondisi anak saat itu. Memang benar kita tidak boleh abai pada alergi yang diderita anak. Beruntung ada Morinaga ya mbak..terutama Morinaga Soya yang bisa menyembuhkan alergi.

    ReplyDelete
  2. Meskipun anak alergi susu sapi tetapi bisa tetap berprestasi dengan nutrisi yang terkandung di susu soya dari Morinaga ya ...

    ReplyDelete
  3. susu soya ini ngebantu banget yaa buat anak yang alergi sama susu sapiii, salah satu anaknya temenku juga ada yang alergi susu sapi, jadi nya pake susu soyaa

    ReplyDelete
  4. Lagi baca artikelnya trus fokusku sama pakaian yang dipakai dokternya lucu banget karakter super hero hihihi jadi OOT ya.
    Paling khawatir ya kalua anak alergi jadi mempengaruhi nutrisnya juga. Morinaga Soya bantu para ibu untuk menambahnutrisi supaya anak gak kekurangan ya

    ReplyDelete
  5. Morinaga bagus ya, untung ada solusi ya untuk anak-anak yang alergi dengan susu sapi

    ReplyDelete
  6. Yeayy semangat terus belajar dan berkreasinya yaa Raisha :) Alhamdulillah ada Morinaga Susu Soya yaa

    ReplyDelete
  7. I feel you Mbak Novi :) Anakku juga sempat diduga alergi, dan memang kami sekeluarga penuh dengan riwayat alergi, saya sendiri juga hihihi.... Tetep semangaaaat!

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah tetap ada solusi ya untuk kecukupan gizi bagi anak yang memiliki kecenderungan alergi. Tetap bisa minum susu dooong... Ada Morinaga susu soya yang bantu banget mengurangi kekhawatiran para mama.

    ReplyDelete
  9. Alergi emang serem mbak. Anakku ada alergi tapi bukan alergi susu sapi sih. Makanya sebisa mungkin makanan kami masak sendiri. Tp ini makin gede alerginya biosa dikontrol, saat anak fit gak kumat alhamdulillah.
    Alhamdulillah buat anak yg alergi susu sapi msh bisa dapat nutrisi yang baik dr susu soya ya

    ReplyDelete
  10. Oh baru tahu ada Morinaga untuk anak sekolah ya mba. Mau ah buat anakku yang usia 11 tahun

    ReplyDelete
  11. Aku langsung cek alergi juga niih...untuk anak pertamaku.
    kemarin mendadak kaya ada jerawat gitu di bawah ketiaknya.
    Khawatir efek alergi sama makanan atau apaaa...

    Hazmat dokternya kiyuutt sekalii..
    Anak-anak pasti suka.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D