Wednesday, March 3, 2021

...

Dear Moms, Yuk Cegah Stunting dengan Terapkan 'Isi Piringku!'

 


Asli deh rasanya kaget banget begitu tahu kalau satu dari tiga anak Indonesia mengalami masalah stunting. Kalau dihitung-hitung berarti ada sekitar 6,3 juta balita di Indonesia yang belum tercukupi kebutuhan gizinya alias menderita stunting. 

Sebagai orang tua, jujur aku kaget dan khawatir terhadap kasus ini. Stunting bukanlah masalah sepele. Justru sebagai orang tua, kita harus fokus pada hal ini, agar anak-anak kita bisa tercukupi kebutuhan gizinya sehingga bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Ngomongin soal stunting, beberapa waktu lalu Danone Indonesia menggelar Festival Isi Piringku untuk anak usia 4-6 tahun melalui daring. Festival yang digelar dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ini mengangkat tema, ‘Membangun Generasi Sehat Melalui Edukasi Gizi Seimbang Sejak Dini’. Tujuan dari acara ini adalah mengajak ribuan guru, orang tua, dan anak Indonesia untuk memiliki kebiasaan makan sehat, terutama di masa pandemi seperti ini. 

Festival Isi Piringku merupakan salah satu kontribusi nyata Danone Indonesia dalam membantu pemerintah mensosialisasikan panduan ‘Isi Piringku’ agar masyarakat Indonesia semakin paham dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. 


Menurutku, hal ini sangat penting untuk diketahui dan juga diterapkan, mengingat berdasarkan angka Riskesdas 2018, proporsi anak dengan status gizi pendek atau sangat pendek (stunting) sekitar 30,8%, masih lebih tinggi dibandingkan angka yang dianjurkan WHO yaitu di bawah 20%. Terlebih di masa pandemi yang serba sulit seperti ini, tingkat kemiskinan yang melonjak 10,7% – 11,6% berpotensi menghambat akses anak-anak terhadap konsumsi pangan yang sesuai gizi seimbang. 

Ditambah lagi, edukasi gizi seimbang di sekolah maupun di rumah menjadi tidak optimal semasa pandemi. Jika hal ini tidak segera ditangani bersama, tentu akan menjadi momok untuk semua pihak dan juga berdampak buruk bagi negara, baik menurunnya kualitas SDM dan juga perekonomian negara. 


Ir. Harris Iskandar, Ph.D., Widya Prada Ahli Utama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, mengatakan adanya Pedoman Gizi Isi Piringku dapat menjadi salah satu solusi untuk mengedukasi masyarakat terkait aturan porsi dan jenis makanan apa saja yang dibutuhkan si kecil. 

Edukasi gizi menjadi sangat penting karena diharapkan dapat memberi pengetahuan dan pemahaman ibu dalam Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) yang bergizi seimbang yang divisualisasikan dalam Isi Piringku untuk sekali makan. 

Sebelumnya, Danone Indonesia telah menyusun dan memproduksi buku edukasi Isi Piringku yang merupakan pedoman edukasi yang dapat digunakan oleh guru-guru PAUD untuk edukasi makan dan minum sekali saji untuk anak usia 4-6 tahun pada tahun 2017 bekerjasama dengan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) – IPB. 

Adapun porsi Isi Piringku terdiri dari kombinasi 50% buah dan sayur, serta 50% karbohidrat dan protein; dengan pembagian sepertiga lauk dan dua pertiga karbohidrat. Panduan makan sehat tersebut tidak hanya membuat kenyang, tetapi juga memastikan tubuh sehat dan cukup gizi. 

Karyanto Wibowo, Direktur Sustainable Development Danone Indonesia mengatakan, sebagai mitra pemerintah dalam program penanggulangan stunting, Danone Indonesia membangun pengetahuan mendalam tentang kebiasaan makan dan minum bergizi seimbang melalui pembuatan buku panduan, pelatihan guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan orang tua, maupun kegiatan edukatif untuk anak di rumah. 

Selain itu, Danone juga menyediakan produk bergizi yang dibuat khusus untuk membantu menjawab tantangan kebutuhan gizi pada anak. Contohnya, peluncuran SGM Eksplor Pro-gress Maxx yang dilengkapi dengan mikronutrien zat besi dan Vitamin C maupun Omega 3 & 6, Kalsium, Vitamin D, Vitamin B, dan lainnya. 


Danone Indonesia menghadirkan Festival Isi Piringku untuk anak usia 4-6 tahun demi menjawab tantangan yang dihadapi orang tua maupun guru PAUD dalam membiasakan konsumsi pangan sesuai gizi seimbang pada anak. Terlebih, di masa pandemi melalui berbagai kegiatan menarik seperti Lomba Foto Kreasi Menu Anak, Lomba Kreativitas Guru saat Belajar Daring, hingga Lomba Gerak dan Lagu Isi Piringku. 

Sebagai orang tua, aku sadar betul kalau kesehatan dan pemenuhan gizi seimbang memiliki peran penting dalam menunjang pendidikan anak di usia dini. Makanya penting banget nih menerapkan Isi Piringku agar anak-anak senantiasa sehat dan memiliki tumbuh kembang optimal ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D