Saturday, March 20, 2021

...

Cara Keluarga Jempolan Atasi Pandemi Lewat BloggerDay 2021

 


Keluarga adalah tempat kita merancang masa depan, dan berpulang dari segala kebahagiaan juga kesedihan. Aku percaya banget akan hal itu. Setuju ya, kalau dibilang tahun 2020 dan 2021 ini adalah tahun yang penuh cobaan untuk kita semua? Banyak musibah yang kita alami, mulai dari pandemi Covid 19, jatuhnya pesawat, hingga musibah banjir. Sepertinya, Allah ingin kita belajar lebih dalam soal kesabaran dan keikhlasan. 

Aku pun belajar akan hal itu. Suami dan ayah mertuaku selama ini mengelola usaha PO Bus Pariwisata. Usahanya memang tidak besar, namun cukup menjanjikan. Tapi pandemi yang terjadi memukul parah usaha kami. Kebijakan Pemerintah agar masyarakat tetap di rumah saja, sangat berdampak pada ekonomi kami. 

Namun, apa mau di kata, sepertinya bukan cuma kami yang mengalami keterpurukan usaha. Ada banyak pengusaha yang juga bernasib sama seperti kami. Yang terpenting saat ini adalah Allah masih berikan kesehatan dan kenyamanan dalam menjalani hidup sehari-sehari. Masalah perkembangan usaha, masih bisa dipikirkan nanti. 

Cara Terbaik Melawan Pandemi adalah dengan Berpegangan Tangan 



Setuju ya, kalau rasanya nggak mudah melalui pandemi ini sendirian, banyak hal yang terasa hilang, banyak juga yang kemudian berubah jadi kenangan. Tapi pandemi bukan apa-apa jika kita terus berpegangan tangan, bukan? Itulah yang aku dapatkan di Komunitas Bloggercrony Indonesia

Betapa sebuah komunitas terasa begitu memiliki banyak arti. Saling belajar, berpegangan tangan, bahkan saling berbagi rezeki. Bloggercrony merupakan cermin bahwa Keluarga Jempolan tak boleh kalah oleh keadaan. 

Melalui program Bloggerpreneur, Bloggercrony memfasilitasi blogger yang memiliki usaha agar semakin berkembang. Bloggerpreneur (BCC Squad yang memiliki usaha) difasilitasi untuk berpromosi melalui kegiatan Bloggercrony baik mandiri maupun partnership. BCC juga memfasilitasi berbagai cara pengembangan bisnis para bloggerpreneur termasuk workshop

Uniknya lagi, di momen ulang tahun BCC yang keenam kemarin, hampir semua bloggerpreneur berkumpul lho. Kita semua saling support satu sama lain. Yup, yang lihat postingan instagramku tanggal 6 Maret lalu pasti tahu deh keseruan acara ini. 

Euforia ulang tahun Bloggercrony yang keenam ini terselenggara epic dalam BloggerDay 2021. Acara yang didukung oleh KITATAMA EVENT (@kitatama.id) dan dihadiri oleh 100 blogger keren. Selain bisa kangen-kangen secara online, para blogger ini juga belajar banyak dari para pakar. Dan juga diajak jalan-jalan secara virtual ke Amerika lho. Asli deh seru banget! 

Keseruan BloggerDay 2021 dalam Rangka Ulang Tahun BCC yang ke-6 




Tepat pukul 10 pagi, kak Gita Siwi sang MC acara, sudah menyapa blogger yang hadir via zoom meeting. Senyum manis Kak Gita seolah membawa semangat tersendiri pada para blogger. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia Kak Fawwaz dan juga Ketua Bloggercrony Kak Satto Raji. Ya ampun, dua orang ini kok lucu banget ya. Sambutannya aja berasa seperti stand up comedy.

Sesaat kemudian para peserta dibuat dag dig dug, oleh awarding yang diberikan oleh BCC. Ada Most Wanted Blog Award, Best Facebook Post, dan Best Video Profile Bloggerpreneur. Belum ke inti acara aja, Bloggercrony udah bagi-bagi hadiah. Luar biasa jempolan deh! 



Setelah itu, para peserta diajak jalan-jalan oleh Kang Idfi Pancani. Nggak tanggung-tanggung lho, jalan-jalannya lansung ke Amerika. Awalnya aku kira jalan-jalan secara virtual itu nggak begitu seru. Ternyata, aku salah banget. Kalau yang memandu seperti Kang Idfi mah, nggak ada kata nggak seru deh. Rame, kocak, dan meriah, itulah cara kak Idfi memandu tour Amerika BloggerDay 2021. 

Lepas break Dzuhur dan makan siang, acara kemudian dilanjutkan dengan games Kahoot yang berisi pertanyaan seputar Bloggercrony. Tapi sayang banget deh aku nggak menang, internetku sepertinya agak lemot (alasan aja sih ini hehehe >_<) 

Ini nih yang aku tunggu-tunggu, masuk ke acara BloggerHangout: Webinar Senjakala ‘Content Creator’ yang menghadirkan dua narasumber keren, yaitu kang Maman Suherman dan Shafiq Pontoh. Fyi, Blogger Hangout adalah ajang kopdar santai berbobot ala Bloggercrony, di mana para blogger berkumpul untuk membahas berbagai isu seputar blogging. Tujuannya untuk meningkatkan dan mengembangkan diri, upgrade kemampuan menulis, juga sharing tentang dunia blogger. 

Senjakala Content Creator ala Kang Maman Suherman dan Shafiq Pontoh 




“Jangan takut jadi spesialis, lihat Kartini umurnya hanya 23 tahun tapi karya dan namanya tak lekang dimakan zaman”, Kata-kata kang Maman membekas banget diingatanku. Betapa usia dan gender bukanlah hambatan yang berarti, yang penting adalah terus mencetak karya yang bermanfaat untuk masyarakat, dengan begitu nama kita menjadi abadi. 

Bukan hanya itu saja, mendengar pemaparan Kang Maman dan Shafiq Pontoh juga menambah semangat aku pribadi untuk terus mengupgrade diri sebagai content creator. Karena memang tidak bisa dipungkiri, teknologi digital terus berkembang setiap waktunya. 

Kedua narasumber tersebut juga mengingatkan peserta yang hadir, betapa pentingnya bagi seorang content creator untuk berkolaborasi, bukan saling berkompetisi. Dengan kolaborasi, kita semua bisa maju bersama di tengah pandemi seperti ini. 

Lepas pemaparan yang menakjubkan, acara kemudian dilanjutkan dengan bincang-bincang seru tentang tantangan pembelajaran jarak jauh bersama Psikolog Klinik Ifa H. Misbach dan Mom influencer Kania Safitri. 

Inilah Cara Keluarga Jempolan Mengatasi Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh 




Sesi ini dibuka oleh kak Helen Simarmata, yang ceria dan juga bersemangat. Aku yang semula sudah sedikit lemes, mendadak semangat lagi. Yup, buibu seperti aku perlu tahu nih, biar tantangan pembelajaran jarak jauh yang aku dan anak-anak alami dapat teratasi. 

Nggak bisa dipungkiri memang, orang tua yang mendadak berubah profesi menjadi guru di rumah saat PJJ, juga memiliki kesulitan dan tantangan tersendiri. Harus menyeimbangkan pekerjaan lain dengan mendampingi anak saat PJJ. Tak jarang emosi jadi ikut turun naik. 

Lewat materi yang dipaparkan oleh Psikolog Klinik Ifa H. Misbach, aku jadi semakin bersyukur dan memamahi bahwa PJJ ini mungkin adalah kesempatan di mana orang tua semakin mendekatkan diri dengan anak. Yang semula bonding aku dan anak-anak terasa kurang, bisa semakin dikuatkan. 

Mom Influencer Kania Safitri juga berbagi tips yang biasa ia lakukan jika kelelahan mendampingi anak-anak PJJ, yaitu emberikan me time untuk diri sendiiri dengan menonton movie favorit, sambil menyesap kopi susu dingin. Tips yang aku coba terapkan di rumah. 



Asli deh, dari acara BloggerDay 2021 kemarin, banyak hal yang aku dapat. Selain ilmu, networking, juga semakin menyadari bahwa pandemi ini ternyata membawah hikmah tersendiri. 

Individually, We are one drop 
But Together, We are an ocean 

Semoga dengan saling berpegangan tangan, kita semua semakin dikuatkan. Terimakasih Bloggercrony sudah menjadi lem perekat bagi kami yang sedang diterpa ujian kehidupan. Semoga di ulang tahun BCC yang keenam ini, BCC bisa lebih sukses, lebih berjaya, dan lebih luar biasa dari sebelumnya. ^_^


Terimakasih Bloggercrony dan para Bloggerpreneur:

@duorajistore @katalensaku.photoworks @ebigsoo_fashion_ @anesacooking @geraiaksesoris2 @aykoprojects @makarame

@resepdapurayah @dapursesukahati @hennahijab_collection @asiboostertea @kitatama.id @sreehandmate @photo_coffee_

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D