Saturday, May 8, 2021

...

Ajarkan Anak Peduli Lingkungan Melalui E-Learning 'Sampahku, Tanggung Jawabku'!

 


Perihal kebersihan lingkungan, setuju ya kalau Indonesia masih punya banyak PR yang harus diselesaikan. Karena menurut data yang ada nih, kebiasaan membuang sampah sembarangan di Indonesia masih sangat tinggi bahkan hampir mendarah daging. 

Banyak dari masyarakat yang menganggap bahwa membuang sampah di selokan, sungai, bahkan di jalanan umum adalah hal yang lumrah. Padahal kebiasaan ini jelas membahayakan lingkungan dan manusia itu sendiri, karena sampah tersebut bisa mendatangkan malapetaka seperti banjir dan penyakit. 

Soal tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan memang bukan hanya kewajiban pemerintah, tetapi juga kita, sebagai masyarakat yang tinggal dan bermukim di tempat itu. Nah, makanya nih, mulai saat ini penting bagi kita untuk ambil bagian dari setiap kegiatan yang dapat melestarikan lingkungan. 

Beberapa waktu lalu, aku ikut serta dalam launching e-learning interaktif Sampahku Tanggung Jawabku, hasil kerjasama Danone AQUA dengan Sekolah.mu. Acara launching ini, masih dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional beberapa waktu lalu. 

E-Learning Interaktif, Sampahku, Tanggung Jawabku 




Program yang berbasis digital ini bertujuan untuk memudahkan tenaga pendidik dan orang tua dalam memberikan pemahaman kepada anak tentang pentingnya bertanggung jawab atas lingkungan. Apalagi di tengah pandemi yang telah berlangsung lebih dari 1 tahun ini memaksa hampir semua kegiatan edukasi tetap muka terpaksa harus terhenti, termasuk kegiatan pendidikan menjaga lingkungan. 

Padahal mendidik anak untuk membiasakan diri dalam menjaga lingkungan dapat menumbuhkan kebiasaan gaya hidup berkelanjutan bagi generasi mendatang. 

Dalam e-learning interaktif, Sampahku, Tanggung Jawabku ini berisi materi-materi tentang sampah yang dikemas dengan pendekatan yang lebih interaktif dan inovatif. Jadi bagaimana memberikan pemahaman kepada anak tentang sampah dengan cara yang fun dan menyenangkan. 



Bukan hanya itu aja, materi dalam e-learning interaktif ini juga dibagi menjadi dua kategori, yaitu materi bagi anak usia PAUD dan untuk anak Sekolah Dasar (SD), yang dilengkapi dengan video edukasi yang menarik, kegiatan interaktif, kegiatan menyanyi bersama, praktik mandiri, serta terdapat panel diskusi. 

Kolaborasi AQUA dan Sekolah.mu ini sejalan dengan program pemerintah yang ingin terus melakukan terobosan program pendidikan terutama ketika periode proses belajar mengajar dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Nah, dengan danya program belajar digital Sampahku, Tanggung Jawabku ini, anak Indonesia dapat memperoleh kesempatan belajar mengenai tanggung jawab terhadap lingkungan sejak dini. 

Sekolah.mu juga turut berkontribusi dalam menyediakan program pendidikan yang berkualitas, dengan akses yang luas. Pembelajaran terintegrasi digital di sekolah.mu ini ditandai dengan struktur kurikulum yang personal dan fleksibel. 

Program belajar Sampahku, Tanggung Jawabku terasa sangat menyenangkan, bermakna dan mudah untuk guru juga orangtua. Jadi harapannya anak-anak di seluruh Indonesia dapat menjadi pribadi yang mencintai dan beraksi nyata untuk lingkungan. 

Inisiatif program ini juga merupakan salah satu implementasi visi besar Danone 'One Planet One Heath', di mana Danone percaya bahwa kesehatan dan lingkungan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. 

Melalui gerakan program Sampahku Tanggung Jawabku, AQUA terus berupaya untuk mengajak setiap keluarga untuk dapat menciptakan lingkungan yang bersih, serta mulai memupuk kesadaran pengelolaan sampah sejak dini bagi anak-anak di seluruh Indonesia. 



Jujur, sebagai orang tua, aku pribadi excited banget dengan adanya program ini, rasanya mengajarkan anak perihal mencintai lingkungan dan menjaga kebersihan menjadi lebih mudah. Terlebih di masa pandemi seperti ini. 

Dan lewat postingan ini, aku juga mau mengajak para orang tua lainnya, yuk tanamkan kesadaran perihal sampah dan kebersihan lingkungan pada anak sedari dini. Nggak sulit kok, tinggal akses e-learning Sampahku, Tanggung Jawabku aja! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D