Tuesday, May 18, 2021

...

Let's Read! Perpustakaan Digital yang Bantu Tumbuhkan Minat Baca Anak

 


Semenjak pandemi ini entah kenapa susah banget deh rasanya mengatur batasan screen time anak. Selain karena sekolah yang berubah format menjadi online, main games dan youtube menjadi salah satu hiburan mereka. Nah, kalau sudah begini, jadi susah deh mengalihkan fokus mereka dari gadget. 

Tapiiii, beberapa waktu lalu aku ikut Let’s Read Online Blogger Gathering yang mengangkat tema, ‘Buku: Bekal Anak Bertumbuh’. Dan di acara itu, aku jadi dapet inspirasi gimana caranya agar screen time anak lebih berfaedah sekaligus juga semakin menumbuhkan kecintaan anak terhadap membaca. 

Btw, kalian udah tahu Let’s Read belum sih? 

Let's Read adalah perpustakaan digital buku cerita anak, persembahan komunitas literasi dan The Asia Foundation. Nah, Let's Read! Ini diprakarsai oleh Books for Asia, yaitu program literasi yang telah berlangsung sejak 1954. Program tersebut telah menerima U.S. Library of Congress Literacy Awards atas inovasi dalam promosi literasi pada Desember 2017 lho. 


Hmmm, bisa dibilang aku agak nyesel nih baru kenal sama Let’s Read! Ini. Seandainya aja aku lebih cepat kenalan sama Let’s Read, pasti lebih mudah deh menumbuhkan minat baca kepada anak-anak. Yah, abis sedih banget sih, melihat fakta dan data yang ada, kalau minat baca anak Indonesia menempati urutan yang cukup rendah di dunia. Padahal seperti kita tahu, membaca adalah jendela dunia dan gerbang menuju kesuksesan. 

Sebagai orang tua aku pribadi berharap banget nih, Misi dari Let's Read ini mampu membudayakan kegemaran membaca pada anak Indonesia sejak dini melalui digitalisasi cerita bergambar, pengembangan cerita rakyat yang kaya kearifan lokal; dan penerjemahan buku cerita anak berkualitas terbitan dalam dan luar negeri ke dalam bahasa nasional dan ibu. 

Dengan beragamnya variasi buku yang tersedia di Lets’ Read, aku yakin banget sih minat membaca anak akan semakin meningkat. Terlebih koleksi Let’s Read berasal dari dalam dan juga terbitan luar negeri yang sudah diterjemahkan. 


Pasti deh buibu pada penasaran gimana cara akses Let’s Read? Murah, mudah dan simple banget kok, karena semuanya Free! Ratusan koleksi cerita bergambar Let's Read! dapat dibaca, diunduh, disebarkan, dan diterjemahkan secara bebas melalui situs maupun aplikasi Android. Jadi gampangnya sih, download aja aplikasi Let’s Read biar bisa puas akses koleksinya. 

Bisa dibilang Let's Read menjadi teman para ibu sebagai tempat anak-anak membaca cerita karena semua koleksinya bergambar dan berwarna, bisa diunduh, bisa dicetak, multibahasa (termasuk bahasa daerah), bermuatan lokal dan berkualitas global, serta tentu saja gratis! 

Untuk info koleksi terbaru serta diskusi dan pelatihan terkait literasi, jangan lupa ikuti media sosial Let's Read! di Instagram dan Facebook dengan nama akun: @letsread.indonesia ya bund! 

Manfaat Membaca Nyaring untuk Anak-anak 



Di acara tersebut, aku juga jadi makin tahu lho, kalau ternyata membaca nyaring memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak-anak. Membaca dengan suara nyaring akan membuat anak lebih mudah mengingatnya isi dari buku bacaan, terlebih untuk anak-anak yang memang tipe belajarnya tergolong auditori (mendengar), jadi akan lebih mudah dalam memahami. 

Sering mendengarkan cerita atau buku yang dibacakan dengan nyaring, juga membuat imajinasi anak-anak lebih berkembang. Saat mendengarkan, anak-anak akan membayangkan kejadiannya. Imajinasi yang berkembang akan membuat anak-anak menjadi pribadi yang kreatif. 

Selain itu, ketika kita membacakan buku dengan nyaring kepada anak-anak tentu akan menambah keakraban, sekaligus meningkatkan bonding antara orang tua dengan anak. 

Aku pribadi sudah menerapkan ini ke anak-anak dan Alhamdulillah mereka sangat excited. Awalnya aku meminta mereka memilih buku atau cerita bergambar yang tersedia di aplikasi Let’s Read, baru setelah itu, mereka akan duduk di dekatku, atau menyender di bahuku, lalu mendengarkan cerita yang aku bacakan. Setelah selesai, kami pun berdiskusi perihal isi dari cerita yang aku bacakan tadi. 

Mungkin cara ini, bisa jadi salah satu kegiatan yang berfaedah selama pandemi. Nah, buibu sharing dong perihal mengajarkan anak agar gemar membaca. Yuk share di kolom komentar ya! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D