Tuesday, October 19, 2021

...

Cegah Stunting dengan Pantau Tumbuh Kembang Anak secara Optimal

 


Setiap Ibu pasti menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan ceria. Namun, terkadang hal itu tidak semudah apa yang dibayangkan. Banyak sekali tantangan dan tanggung jawab yang harus dihadapi orang tua, agar buah hatinya dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

Ya, itulah yang aku rasakan sampai saat ini. Betapa memastikan anakku memiliki tinggi dan berat badan yang sesuai sangatlah sulit. Ada beberapa faktor penyebab yang haruslah diatasi terlebih dahulu. 

Beruntung sekali, kemarin aku mengikuti webinar bersama Abbott dalam rangka peluncuran inovasi Pediasure baru serta inisiatif untuk dukung Visible Growth dan pertumbuhan optimal anak. 

Dari acara webinar tersebut, aku jadi makin tahu deh kalau, masa kanak-kanak pertumbuhan terjadi dengan sangat cepat, dan merupakan masa di mana asupan nutrisi yang tepat begitu penting. Karena itu, undernutrition atau kekurangan nutrisi, merupakan masalah penting yang harus segera diatasi. 

Fyi, Indonesia adalah negara di mana angka stunting masih cukup tinggi. Bahkan menurut data yang ada, 1 dari 4 anak mengalami stunting akibat kekurangan nutrisi. 

Hal ini jika tidak segera ditangani pada usia dini, akan membawa dampak yang sulit sekali diperbaiki. Oleh karena ini, intervensi pada rentang usia dini harus segera dilakukan untuk mencegah pertumbuhan yang terhambat, daya tahan tubuh yang rendah, dan perkembangan kognitif yang tidak optimal di masa depan. 

Yang perlu diingat orang tua adalah, kekurangan nutrisi ini dapat terjadi di semua anak. Terlepas bagaimanapun kondisi sosioekonomi dan geografi mereka. Makanya peran dan kesadaran orang tua terkait status pertumbuhan dan nutrisi anak sangatlah penting. Terlebih di situasi pandemi seperti ini, di mana kita memiliki keterbatasan dalam mendapatkan fasilitas kesehatan. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, Abbott berkomitmen mendukung pertumbuhan nyata dan mengoptimalkan potensi pertumbuhan anak Indonesia, salah satunya melalui Pediasure yang mengandung formula baru yaitu Arginin dan Vitamin K2. 

Pediasure Formula Baru, dengan Kandungan Arginin dan Vitamin K2 




Mengikuti jalannya webinar dan mendengarkan pemaparan para pakar, aku jadi mengerti langkah apa yang harus aku ambil dan lakukan untuk memastikan anakku tumbuh dan berkembang dengan baik. Makanya, aku super excited banget dengan Pediasure formula baru ini. 

Moms, udah tahu belum sih kalau banyak banget kandungan yang sangat bermanfaat dalam Pediasure New Formula ini? Yup, seperti yang udah aku jelasin sebelumnya, kalau Formulasi baru Pediasure ini diperkaya dengan triple protein complex, tinggi kalsium dan 14 Vitamin & 9 mineral, AA dan DHA, dan mengandung Arginin dan Vitamin K2 - dua nutrisi yang terbukti secara klinis untuk lebih jauh mendukung pertumbuhan tulang yang lebih panjang dan kuat. 

Apa sih manfaat Arginin dan Vitamin K2

Arginin adalah asam amino penting yang memainkan peran dalam pertumbuhan tinggi badan. Arginin memicu multiplikasi sel pada lempeng pertumbuhan tulang untuk membantu tulang tumbuh lebih panjang. 

Riset menemukan bahwa anak-anak dengan stunting memiliki level Arginin yang lebih rendah dalam darahnya jika dibandingkan dengan anak-anak biasa, dan asupan Arginin yang rendah diasosiasikan dengan pertumbuhan tinggi badan yang lebih lambat. 

Sedangkan Vitamin K2 adalah nutrisi penting yang membantu menyalurkan dan mengikat kalsium ke tulang dan pada akhirnya memicu pertumbuhan tulang yang kuat. 

Bukan hanya itu aja lho, Pediasure formula baru ini juga 42% sukrosa lebih rendah. Dan juga memiliki 3 varian rasa yang enak yaitu vanilla, madu dan coklat, sehingga disukai anak-anak. 



Dalam acara kemarin, Sherina Munaf, selaku Brand Ambassador Pediasure juga berbagi cerita dan pengalamannya, bahwa sejak kecil dulu, ia suka sekali dengan rasa Pediasure. Bahkan super excited kalau sudah waktunya minum Pediasure, sampai berebut sama sepupunya. 

Komitmen Abbott dalam Mengatasi Masalah Pertumbuhan di Indonesia 




Sebagai seorang ibu, rasanya besyukur banget deh karena aku merasa sangat terbantu dengan berbagai program yang telah dilaksanakan oleh Abbott dalam rangka mengatasi masalah pertumbuhan di Indonesia, seperti: 

• GrowthPedia – alat pengukur tinggi badan dengan saran nutrisi online yang bertujuan untuk membantu orang tua dalam mengidentifikasi risiko masalah pertumbuhan pada anak dan mendorong intervensi nutrisi sejak dini. 

• Rangkaian webinar mengenai nutrisi dan pertumbuhan – Program ini bertujuan untuk mengedukasi lebih dari 10 ribu orang tua dan guru sekolah hingga akhir tahun 2021, serta menyediakan alat ukur dan informasi untuk membantu anak-anak mencapai potensi pertumbuhan mereka. 

• Pelatihan online bagi tenaga kesehatan – Pelatihan bagi para kader kesehatan, bidan, serta tenaga medis lainnya untuk dapat mengenali tanda-tanda malnutrisi dan melakukan tindakan intervensi melalui nutrisi dan pemantauan yang cukup & teratur.

Semoga dengan rangkaian program ini dan hadirnya Pediasure New Formula bisa mengatasi permasalahan stunting di Indonesia ya. Btw Moms, adakah yang punya pengalaman terkait mengatasi stunting pada anak? Share di kolom komen ya! ^_^

1 comment:

  1. Pediasure Sangat memahami ya kebutuhan argine itu penting banget buat cegah stunting

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D