Saturday, October 23, 2021

...

Moms Wajib Tahu! Manfaat dan Rekomendasi Game Online Terbaik untuk Anak

 

manfaat game online untuk anak

Moms, selama pandemi ini, PR kita nampaknya bukan hanya perihal bagaimana keluarga senantiasa sehat dan terhindar dari Covid-19 ya. Tapi, juga bagaimana anak tetap semangat menjalani sekolah online. Yup, school from home nampaknya memiliki tantangan tersendiri. Bukan hanya untuk guru, tapi juga untuk siswa dan orang tua. 

Aku sendiri pun mengalami kok. Betapa Raisha sering kali tidak bersemangat menjalani sekolah online. Ia sering kali mengeluh bosan, dan ingin cepat selesai. Sebagai orang tua jujur aku pun sedikit bingung mengatasinya. 

Sebenarnya, wajar saja jika anak kita sering kali merasa bosan menjalani sekolah dari rumah. Sebab memang pembelajaran jarak jauh yang diadakan masih banyak yang harus diperbaiki, baik dari segi teknis, sistem dan juga teknologinya. 

Kalau sudah begini lantas kita sebagai orang tua harus bagaimana dong? 

Tenang Moms, langkah mudah yang bisa kita lakukan agar anak tidak ketinggalan materi pembelajaran ya dengan mengulangnya kembali. Kita sebagai orang tua lah yang harus ambil peran maksimal di sini. Cari metode pembelajaran yang disukai anak dan tentunya tidak membosankan ya. 

Aku pun menerapkan hal itu dalam mengajari Raisha. Mengubah metode pembelajaran menjadi mini games yang menarik, memberikan reward jika ia berhasil menjawab pertanyaan atau soal yang aku atau gurunya berikan. 

Rewardnya nggak harus yang mahal dan besar kok. Biasanya aku berikan cemilan favoritnya dan juga me time untuk sejenak bermain game online. Yup, ternyata game online itu punya manfaat positif lho. 

As you guys know, dunia anak itu memang bermain. Makanya nggak heran kalau anak-anak sangat suka bermain game. Bahkan menurut Psikolog Anak Evangeline I. Suaidy, M.Si, sebaiknya orang tua jangan melarang anak untuk bermain, karena dalam batas normal dan seimbang, permainan justru punya dampak positif untuk anak. 

Manfaat Bermain Game Online Untuk Anak-anak 


Fyi Moms, ternyata menurut para ahli bermain game online menghadirkan manfaat kecerdasan untuk anak lho. Karena saat bermain game online, otak anak membutuhkan konsentrasi penuh. Dan hal ini dapat merangsang neurotransmitter dopamine untuk menguatkan daya ingat dan memori anak. 

Berikut ini 5 manfaat bermain game online untuk anak yang harus orang tua pahami: 

5 manfaat game online untuk anak


1. Melatih Kecerdasan Otak Kanan 
Bermain game online bisa membuat bodoh? Tentu tidak dong, Moms. Faktanya nih, bermain game online justru dapat melatih kecerdasan otak kanan lho. Dalam suatu permainan tentu membutuhkan konsentrasi, strategi dan juga logika guna menyelesaikan tiap misi. Nah, otak kanan anak jadi mampu mengatur sisi kreativitas, dan juga inovasi yang nantinya bisa diterapkan dalam dunia nyata. 

2. Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris 
Bermain game online ternyata juga bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris anak lho, Moms. Dalam game online tentu banyak informasi, panduan dan juga dialog yang menggunakan bahasa Inggris, jadi sambil bermain, anak juga bisa belajar bahasa Inggris.

3. Mendorong Kreativitas Anak 
Saat anak bermain, kreativitasnya menjadi terasah karena game online dapat merangsang otak untuk berpikir secara tepat dan membuat anak dapat mencari jawaban serta jalan keluar dari misi yang harus diselesaikan dalam setiap game. 

4. Memberikan Pengetahuan Baru 
Ternyata, bermain game online juga bisa memberikan pengetahuan baru untuk anak lho. Misalnya saja, saat bermain game tentang sejarah dunia, benda-benda luar angkasa, sains, dan lain-lain. Jadi, pengetahuan baru ini bisa anak dapat bukan hanya dari buku saja, tapi juga saat bermain game online. 

5. Mengenalkan Teknologi 
Nggak bisa dipungkiri ya Moms, semakin besar usia anak, maka ia akan semakin tertarik untuk menggunakan teknologi. Nah, bermain game online dapat menjadi salah satu cara untuk mengenalkan teknologi pada anak. Namun dengan catatan, orang tua harus memantau dan mengarahkan ya! 

Kenalan dengan plays.org, Game Online yang Bermanfaat dan Menyenangkan 


plays.org game online yang bermanfaat dan menyenangkan


Pasti para Moms pada nanya deh, apa sih rekomendasi game online yang menyenangkan untuk anak tapi sekaligus bisa jadi media pembelajaran. Kenalan dengan https://plays.org yuk, Moms! 

Aku pribadi merekomendasikan plays.org karena menawarkan ratusan game gratis kepada pemain di setiap genre. Semua koleksi game yang ada di plays.org adalah game HTML gratis yang tidak diblokir yang dapat dimainkan langsung di browser web tanpa mengunduh aplikasi lho. 

Karena koleksi gamenya banyak dan juga beragam, semua jenjang bisa memainkannya, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Bukan hanya anakku aja, aku juga sering main games di plays.org. Yup, itung-itung melepas stress setelah sibuk bekerja. 

Kayanya udah hampir semua kategori gamenya sudah aku dan Raisha mainkan deh. Kalau aku pribadi suka banget dengan game yang sederhana namun menghibur seperti Dress Up, di mana kita bisa mix and match fashion item yang menarik. Selain itu aku juga suka kategori Sudoku karena bisa melatih konsentrasi dan ketelitian. 

Berbeda dengan Raisha, ia lebih suka game dengan karakter kartun favoritnya, seperti: 


plays.org powerpuff girls


Game Game pertarungan seru antara Powerpuff Girls melawan monster. Di mana kita bisa mencetak poin dengan mengatur waktu serangan dengan tepat dalam mengenai monster. Hati-hati jangan sampai kena pukulan ya! 


main game frozen di plays.org


Karena Raisha suka banget dengan karakter Anna dalam Film Frozen, ia super excited dalam berlomba melewati Arendelle mengumpulkan kristal, menghindari rintangan dan memulihkan keagungan Northern Lights. 


main game spongebob di plays.org


Game yang menyenangkan sekaligus membutuhkan konsentrasi tinggi. Kita harus memandu SpongeBob mengelilingi kotak untuk mencapai finish berupa kotak kuning. Caranya pindahkan rintangan, tekan tombol, hindari jebakan dan jangan sampai menginjak celah. 

Tiap naik level, rintangannya akan bertambah sulit lho. Tapi justru itu letak keseruannya. Terlebih kartun SpongeBob memang sangat menggemaskan. 

Aku dan Raisha cukup sering bermain game di Plays.org, karena banyak koleksi game baru yang nggak kalah seru. Baru saja aku coba game Cake Design: Make a Cake Simulator Game. Rasanya seru banget, kita ditantang membuat cake sesuai dengan permintaan pembeli. Kalau salah atau lambat, pembelinya bisa ngambek lho hehe. 

Selain itu, orang tua juga bisa memanfaatkan koleksi game lainnya di Plays.org sebagai media pembelajaran anak. Misalnya saja, kategori Math di mana anak bisa belajar berhitung sambil bermain. Kemudian ada juga kategori Science di mana anak bisa belajar tentang IPA lho. 

Tuh kan, Moms main game itu bisa jadi menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk anak lho. Nggak percaya? Langsung ke https://plays.org aja! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D