Saturday, October 23, 2021

...

Peringati Maulid Nabi, YMSML Gelar Lomba Membaca Al-Quran Virtual

 


Tak ada yang lebih esa selain Allah SWT. Tak ada yang lebih indah selain ayat-ayat Al-Quran. Tak ada manusia yang lebih sempurna selain Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. 
~Selamat Maulid Nabi, 12 Rabiul Awal 1443 H~ 

Walau Maulid Nabi kali ini masih dalam suasana pandemi, tapi mudah-mudahan tidak mengurangi kekhidmatan kita dalam memperingatinya ya. Banyak cara lho, yang bisa kita lakukan untuk memperingati Maulid Nabi, salah satunya dengan mengaji, ikut kajian dan banyak hal baik lainnya. 

Hal itu juga nih, yang dilakukan oleh Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML). Btw kamu udah tahu Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) belum? YMSML adalah wadah untuk berbagi kebaikan bagi karyawan muslim di lingkungan kerja Sinar Mas Land. 

Tak ingin menyia-nyiakan momen Maulid Nabi, Yayasan Muslim Sinar Mas Land menggelar Lomba Membaca Al-Qur’an Virtual yang bertujuan memotivasi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan mereka membaca Al-Qur’an.   


“Membaca Al-Qur’an, mendalami maknanya, kemudian mengamalkannya dalam keseharian adalah cara mulia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dari sana, kita juga berkesempatan memotivasi anak-anak kita memperdalam kemampuan mereka membaca Al-Qur’an, tanpa terbatasi oleh pandemi karena berbasis teknologi, secara daring sebagaimana kita laksanakan hari ini,” ujar Ketua Dewan Pembina YMSML, Saleh Husin. 

Dalam penyelenggaraannya, Sinar Mas Land melalui YMSML bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa mengajak para peserta membaca Al-Qur’an menggunakan metode Mama Papa. Tak kurang dari 402 anak usia 7-12 tahun dari perwakilan 72 masjid/musala di sekitar kawasan Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi, unjuk kemampuan secara daring melalui Zoom. 

Oh iya, kegiatan ini merupakan bagian dari program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) Virtual 2021 yang berlangsung sejak Mei sampai dengan September lho. Jadi, kompetisi ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu: 
• Katergori A untuk anak usia 7-9 tahun 
• Kategori B untuk anak usia 10-12 tahun 
• Kategori C untuk anak usia 13-15 tahun 

Total hadiahnya nggak main-main lho, sebesar Rp42 juta untuk para pemenang. Insya Allah hadiahnya akan sangat bermanfaat untuk para adik-adik yang hebat dalam membaca AlQuran. 


Dalam acara kemarin, Penulis Buku Metode Mama Papa, Ustaz Muhammad Taslim menjelaskan bahwa metode Mama Papa merupakan cara cepat membaca Al-Qur’an menggunakan pendekatan cerita. 

“Cara bacanya pun hampir mirip dengan membaca Arab Melayu. Menariknya, huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 29 dikenalkan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti bagi mereka yang belajar membaca Al-Qur’an.” 

Fyi, ratusan peserta lomba ini merupakan anak didik ustaz dan guru mengaji yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan (training of trainers) cara cepat membaca Al-Qur’an menggunakan metode Mama Papa. 



Jadi, Pelatihannya tuh merupakan rangkaian kegiatan Program BBQ Virtual 2021 yang menggandeng 144 ustaz dan guru mengaji selama 3 bulan secara intensif. Selama pelatihan, mereka juga dibekali buku panduan dan alat peraga berupa salinan digital agar lebih mudah memahami metode tersebut. 

Program BBQ juga telah berlangsung sejak 2018 hingga 2019 yang diikuti oleh 600 ustaz/ustazah hingga guru mengaji dari 127 masjid dan musala di sekitar kawasan BSD City. Nah, di tahun ini, YMSML memperluas jangkauan hingga ke masjid/musala di sekitar Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi. 

Bukan hanya itu aja lho, YMSML juga terus melakukan serangkaian kegiatan program dalam membangun ukhuwah di antaranya penyerahan ratusan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha, wakaf Al-Qur’an, Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ), bazar minyak goreng, pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat umum hingga penyediaan sentra vaksin bagi lansia dan takmir masjid. 

Sebagai warga Bekasi, aku pribadi bersyukur banget dengan kegiatan dan program-program yang telah digelar YMSML. Semoga hal ini membawa manfaat baik untuk masyarakat, agar semakin termotivasi untuk mengamalkan ajaran Rasulullah dan semakin baik dalam membaca AlQuran ya. ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D