Tuesday, November 16, 2021

...

Kolaborasi dengan Ilustrator Berbakat, SOVLO Luncurkan Kampanye 'Bangga Ilustrator Lokal'

 


Life’s too short, to wear boring clothes.
 
Quote yang valid 100% ya. Rasanya tuh tiap buka lemari suka bosen sama baju yang itu-itu aja, terlebih saat ini kegiatan sudah mulai berjalan seperti biasa. Pengen deh punya outfit yang kece dan unik. Jadi pas kumpul bareng kerabat atau rekan kerja, terlihat fresh dan bikin lebih percaya diri. 

Yup, bagiku fashion bukan hanya apa yang kita pakai, tapi bagaimana pakaian yang kita gunakan, bisa meningkatkan kepercayaan diri kita dan juga membuat nyaman orang-orang di sekeliling kita. 

Nah, ngomongin soal fashion nih, beberapa waktu lalu aku ikutan SOVLO Virtual Event Peluncuran Kampanye “Bangga Ilustrator Lokal”. Btw, kamu udah tahu SOVLO kan? 

SOVLO merupakan brand fashion terbaru karya anak bangsa dari Lotus Group yang lahir di masa pandemi. Nah, beberapa waktu lalu, SOVLO baru aja meluncurkan kampanye Bangga Ilustrator Lokal sebagai tema marketingnya di akhir tahun 2021 ini dan akan berlangsung hingga penghujung 2022. 

Kampanye Bangga Ilustrator Lokal Melalui kampanye Bangga Ilustrator Lokal, SOVLO berharap bisa berkolaborasi dengan setidaknya 500 ilustrator berbakat dari seluruh negeri. Para illustrator yang ingin berkolaborasi tinggal mengajukan karya terbaik untuk direalisasikan menjadi produk fashion terkini yang diproduknya oleh SOVLO dan kemudian dipasarkan ke masyarakat luas. Tentunya kolaborasi ini akan memberikan penghasilan bagi para ilustrator. 

Menurutku, kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini seperti win-win solution untuk kita semua. Para ilustrator bisa mendapat pengasilan dan memiliki wadah untuk menuangkan kreativitasnya, dan masyarakat dapat menggunakan produk dengan desain yang keren dan pastinya unik dari para illustrator lokal. Hal ini tentunya sangat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi ya. 



Dalam acara kemarin, Lidya Valensia, selaku CEO dan Founder SOVLO menjelaskan langkah kolaborasi dengan ilustrator ini sebenarnya sudah dilakukan SOVLO sejak Februari 2021 dan menunjukan hasil menggembirakan. Oleh karena itulah, SOVLO berusaha membawa strategi ini ke level selanjutnya. 

Bu Lidya juga memaparkan kalau karya ilustrator lokal kita tuh keren-keren dan disukai konsumen. Sayangnya, di situasi krisis, karya-karya mereka sering hanya berakhir di atas kertas atau disimpan di komputer, tanpa mampu menghasilkan pendapatan bagi mereka. Mereka pun terhambat menjadikan passion dan bakat mereka sebagai sumber penghidupan. 

Ya, bisa dibilang, hadirnya pandemi ini seperti dua sisi mata uang. Satu sisi memberikan pukulan hebat dan membawa dampak signifikan bagi ekonomi kreatif tanah air, namun satu sisi lagi juga memberi dorongan positif bagi perkembangan ekonomi kreatif. 

Contohnya, profesi di industri fashion, mulai dari desainer, ilustrator, penjahit, pemilik brand-brand fashion lokal, penenun, pembatik, hingga pengusaha UMKM kreatif di subsektor fashion menjadi kelompok masyarakat yang aktif berjuang mengambil bagian dalam momentum pemulihan ekonomi. 

Dukungan Menparekraf untuk Kampanye SOVLO ‘Bangga Ilustrator Lokal’ 




Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. juga mengapresiasi kolaborasi SOVLO dengan para ilustrator lokal lho. Dalam acara kemarin, bahkan Pak Menteri bilang, karya ilutrator lokal ini harus bisa diekspor agar bisa bersaing di kancah ekonomi global. 

Dengan optimisme ini, Kemenparekraf juga melakukan pendampingan melalui fasilitas-fasilitas yang bisa mendorong subsektor agar menjadi semakin besar. Kemenparekraf akan mengeluarkan kebijakan untuk mendorong penggunaan karya fashion di dalam negeri, melancarkan ketersediaan bahan baku, sampai pada promosi dan dukungan terhadap produk-produk fashion dalam negeri di pasar domestik dan global. 

Bagi SOVLO sendiri, kampanye Bangga Ilustrator Lokal menjadi langkah penting bagi upaya melebarkan sayap di era pemulihan ekonomi ini. Telahir sejak Juni 2020 sebagai upaya survival Lotus Group di awal pandemi, SOVLO telah mencatat pertumbuhan menggembirakan lewat kiprahnya di online marketplace. 

Desain yang Unik dan Produk yang Berkualitas Membuat SOVLO Diminati Masyarakat 




Melihat besarnya minat masyarakat terhadap produk-produk fashion lokal, SOVLO mulai menggandeng ilustrator lokal sejak Februari 2021 untuk melahirkan karya-karya fashion yang bisa dinikmati masyarakat lewat produk-produk seperti tas (sling bag, tote bag, waist bag, laptop sleeve), pouch, masker wajah, card case, dan baru-baru ini mulai diaplikasikan juga di lini pakaian (clothing line). 

Aku pribadi suka banget dengan Ilustrasi produk-produk SOVLO yang selama ini identik dengan tema-tema positif dan pemberdayaan yang tentunya bisa menguatkan masyarakat di masa pemulihan ekonomi ini ya. 

Terlebih, sebagian besar produk SOVLO dipasarkan dengan jaminan garansi seumur hidup. Karena memang SOVLO didukung penjahit-penjahit berbakat yang mampu menjaga kualitas material dan jahitan produk-produknya. Oleh karena itu, jika ilustrator memilih untuk berkolaborasi dengan SOVLO, maka karya-karya mereka akan hadir di produk-produk berkualitas yang bisa diapresiasi dan dimanfaatkan masyarakat. 

Dalam acara kemarin, Popomangun, salah satu ilustrator fashion yang siap berkolaborasi dengan SOVLO di kampanye Bangga Ilustrator Lokal juga mengungkap harapannya terhadap kampanye ini. 

“Setiap seniman pasti ingin karyanya bisa diapresiasi khalayak lewat medium-medium yang berkualitas dan tentunya berharap juga ekspresi seninya ini bisa memberi pemasukan yang substansial, sehingga dia bisa terus berkarya. Kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini adalah kesempatan untuk menyiapkan karya-karya terbaik dan direalisasikan melalui produk-produk berkualitas yang dimiliki SOVLO,” ungkap Popomangun. 

Untuk kampanye Bangga Ilustrator Lokal yang digagas SOVLO ini sendiri, Popomangun telah menyiapkan sejumlah karya ilustrasinya dan bisa didapatkan masyarakat mulai 13 November 2021 di toko-toko online terkemuka Indonesia atau di toko luring SOVLO di Pos Bloc, Pasar Baru Jakarta. 

Nah, buat para Ilustrator dari seluruh tanah air yang berminat untuk berkolaborasi dengan SOVLO dapat mendaftar di https://tinyurl.com/ilustratorSOVLO atau langsung cek informasi terkini melalui akun instagram SOVLO di @sovlo.id

Selanjutnya, SOVLO akan melakukan kurasi dan jika lolos akan dihubungi untuk proses selanjutnya. Setelah sepakat berkolaborasi, SOVLO akan memproduksi karya ilustrator lokal tersebut dan menjadwalkan distribusinya dengan skema bagi hasil, artinya keuntungan yang diraih ilustrator akan berbanding lurus dengan hasil penjualan karya mereka. 

Yuk ah, saatnya kita apresiasi karya ilustrator Lokal dengan beli produk SOVLO! Bisa dibeli di offline store atau online storenya lho! ^_^

1 comment:

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D