Sunday, April 30, 2023

...

Anak Gemar Membaca, Orang Tua Bahagia!

 


Sebagai orang tua dan juga seorang pendidik, rasanya sedih melihat rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia, terutama anak-anak. Seperti dirilis oleh UNESCO yang aku ketahui dengan browsing menggunakan jaringan internet cepat, disebutkan bahwa Indonesia berada dalam urutan kedua terbawah perihal literasi membaca di dunia. Hal ini menunjukkan kalau minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan karena hanya 0,001% atau 1 orang yang rajin membaca di antara 1000 orang Indonesia. 

Ngomongin soal literasi membaca, memang hal ini menjadi tanggung jawab utama orang tua ya. Bagaimana caranya kita menumbuhkan minat baca di rumah sedini mungkin. Aku pribadi sih, perlahan sudah melakukan beberapa upaya, agar anak-anak bisa suka membaca. 
 
Salah satunya ya menyiapkan buku-buku bacaan yang disukai anak. Tak jarang, aku juga mengajak anak-anak ke toko buku, dan membebaskan mereka memilih buku yang disukai, dengan syarat harus dibaca sampai selesai. 

Yah, tapi ternyata menumbuhkan minat baca pada anak-anak itu nggak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kesabaran dan juga dukungan dari banyak pihak ya. Salah satunya dengan pola asuh dan memaksimalkan stimulasi. 

Menurut penelitian yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2019, rata-rata indeks Alibaca di Indonesia tergolong rendah dengan angka 37,32 persen. Padahal membaca merupakan kompetensi fungsional seperti halnya menulis. 

Membaca menjadi kunci untuk mempelajari segala macam ilmu pengetahuan, termasuk informasi dan petunjuk sehari-hari yang berdampak besar bagi kehidupan. Untuk mendukung anak hebat berliterasi, perlu menanamkan kecintaan terhadap literasi membaca pada anak sejak dini. 

Karena itulah, melalui postingan ini aku mengajak para orang tua agar membiasakan anak membaca. Di bawah ini ada beberapa tips meningkatkan literasi membaca anak yang aku rangkum menggunakan jaringan internet cepat IndiHome dari Telkom Indonesia. Yuk simak sampai selesai! 

Tingkatkan Literasi Membaca Anak dengan Tips Berikut Ini! 


1. Biasakan Membaca Buku Cerita pada Anak 
Tips pertama yang bisa kita lakukan sebagai orang tua yaitu dengan membacakan buku cerita pada anak. Kegiatan ini bisa dilakukan setiap hari, misalnya saat sebelum anak tidur atau pada sore hari ketika kita memiliki waktu luang untuk bermain dengan anak. 

2. Tunjukkan Kebiasaan Membaca Buku pada Anak 
Banyak orang yang mengatakan jika ingin anak memiliki sifat dan sikap yang baik, maka orang tua juga harus mempunyai sifat dan sikap yang baik pula agar dicontoh sang anak. Hal ini juga berlaku untuk mengasah kebiasaan membaca buku pada anak. 

Bagaimana mungkin, anak bisa hobi membaca kalau orang tuanya ogah memegang buku. Nah, Jika anak melihat orang tuanya menikmati aktivitas membaca buku, koran atau majalah, ia akan mulai penasaran dan perlahan tertarik dengan kegiatan membaca itu. 



3. Sediakan Buku di Rumah 
Tips meningkatkan literasi membaca buku pada anak selanjutnya yaitu dengan menyediakan buku bacaan di rumah. Kita bisa menaruhnya di rak yang sudah diisi dengan berbagai buku cerita di kamar si kecil, ruang belajar, ruang keluarga atau bahkan ruang tamu. 

Terlebih sekarang, membaca buku tidak melulu berbentuk fisik lho. Ada banyak e-book yang tersedia dan dapat kita akses di mana saja dan kapan saja. Yang terpenting adalah konektivitas dengan jaringan internet cepat. 

Aku pribadi juga melakukannya, terutama semenjak pandemi kemarin. Keterbatasan aktivitas membuat kami sekeluarga lebih banyak menghabiskan waktu membaca e-book melalui gadget dengan dukungan jaringan internet cepat dibanding memaksakan diri ke toko buku. 



4. Ajarkan Cara Membaca Buku yang Menarik 
Agar anak lebih tertarik, kita bisa mengajarkan cara membaca buku yang menarik. Misalnya dengan membacakan buku secara lantang (read aloud) dan ekspresif serta intonasi yang berbeda. 

Cara lainnya yaitu dengan membaca secara berpasangan atau membaca sambil memberikan pertanyaan ringan tentang isi buku yang dibaca juga bisa kita terapkan pada anak.

5. Kenalkan Buku yang Sesuai dengan Minat Anak
Setuju ya, kalau membaca buku kerap dianggap sebagai sesuatu yang membosankan, apalagi kalau isi bacaannya nggak disukai anak. Karena itu, penting untuk mencari tahu hobi dan minat si kecil agar bisa dijadikan sebagai stimulasi supaya dia tertarik membaca. 

Contohnya, anakku Raisha yang memiliki minat terhadap sastra dan dunia fantasi, aku memberikan buku bacaan seperti Harry Potter dan KKPK. Alhamdulillah Raisha happy dan membacanya sampai habis. 

Berbeda dengan anak pertamaku Syauqi yang lebih suka dengan gambar, makanya aku berikan buku komik yang punya nilai edukatif. 

Tenang, mencari tahu buku yang sesuai dengan minat anak nggak susah kok. Kita bisa mencari rekomendasi dan ulasannya di internet menggunakan jaringan internet cepat IndiHome yang lancar dan super stabil. 



6. Tumbuhkan Kebiasaan Membaca Buku 
Untuk meningkatkan literasi membaca buku pada anak, kita harus membantu si kecil untuk menjadikan kegiatan ini sebagai kebiasaan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membiasakannya membaca setiap hari. 

Mulai saja dengan membuatnya membaca buku setiap hari selama satu bulan. Nah, kebiasaan ini akan terbentuk dan anak akan merasa kalau kegiatan ini adalah sebuah kebutuhan baginya. 

Kalau aku biasanya, selalu memberikan reward jika anak-anak telah menghabiskan buku bacaan mereka, berupa jajan ice cream atau makan di restoran favorit. Dengan begitu, momen membaca jadi momen menyenangkan untuk mereka. 

Beberapa tips yang aku rangkum dengan jaringan internet cepat super stabil dari IndiHome di atas bisa jadi solusi untuk para orang tua yang ingin meningkatkan Literasi membaca pada anak. Kuncinya adalah konsistensi. Yuk, jadikan anak Indonesia anak yang gemar membaca!


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D