Sunday, April 16, 2023

...

Press Play to Your Smart Fandom: Hasilkan Cuan dari Passion

 


Makin bertambahnya usia, aku makin menyadari, ternyata aku telah berprogress sejauh ini. Yup, bermula dari mendapat notifikasi google terkait penyimpanan foto dan video yang hampir memenuhi kapasitas, akhirnya berujung melihat kembali kenangan-kenangan lama. 

Novitania beberapa tahun lalu, terasa sangat berbeda dengan Novitania saat ini. Di mana, Novitania yang dulu merupakan sosok yang ambisius, perfectionis dan tak pernah merasa puas. Kini aku sadar, bahwa hal-hal itu malah menjauhkan aku dari kebahagiaan. 

Kini, aku semakin menikmati segala proses dalam meraih impian. Yup walau tak dipungkiri, tidak semuanya berjalan lancar tapi aku dapat menerima bahwa terkadang ada banyak hal yang terjadi di luar kehendak kita. Selama aku terus berusaha, aku yakin itu hanya kerikil kecil yang membuat hidup lebih berwarna. 

Dengan semakin menerima hidup yang naik turun ini, aku jadi makin bisa melihat banyak peluang dalam hidup. Salah satunya terkait dengan passionku saat ini, yaitu Blogger dan Content Creator. 

Jujur, rasanya tidak terbayangkan pada akhirnya aku berkecimpung dalam dunia kreatif digital seperti ini. Dulu fokusku hanya menjadi seorang pendidik, entah itu guru atau bahkan dosen. Tapi ternyata keduanya bisa aku jalankan seiring sejalan lho. 



Bicara soal passion, beberapa waktu lalu aku mendapat insight seputar bagaimana sih mengembangkan diri sesuai dengan passion yang kita minati. Yup, memperingati #womeinternationalday FWD Insurance mengadakan online gathering bertema FWD Bebas Berbagi: Press Play to Your Smart Fandom yang menghadirkan narasumber dengan Rizky Mentari seorang Music Enthusiast yang memiliki banyak pengalaman soal bisnis jastip K-Pop. 

Rizky Mentari yang akrab disapa Kak Rizky, membuka jastip mulai dari merchandise K-Pop berawal dari passionnya akan musik dan budaya Korea. Pada akhirnya ia menyadari bahwa passion juga bisa jadi sumber cuan. Melihat geliat budaya Kpop yang semakin meluas, rasanya wajar ya kalau bisnis perjastipan Kpop ini jadi sumber rezeki yang menjanjikan. 

Terlebih saat ini ada banyak Fandom, yaitu komunitas penggemar yang mengidolakan artis atau musisi asal Korea Selatan dan berkiblat pada dunia K-Pop. Faktanya fandom ini nggak bisa dipandang sebelah mata lho. Melihat kecintaan mereka terhadap Kpop rasanya mampu meningkatkan bsinis di sektor ini, selain itu juga banyak hal-hal positif lain yang bisa dilihat dari kekuatan fandom Kpop. 

Menurutku, Kak Rizky adalah satu dari sekian banyak sosok yang pandai melihat peluang dan merubah passion menjadi sumber cuan. Hal ini tentunya juga menjadi inspirasi sendiri untukku. Satu hal lagi nih yang aku dapatkan dari online gathering FWD Bebas Berbagi: Press Play to Your Smart Fandom kemarin, yaitu perihal bagaimana cerdas mengatur keuangan, mulai dari saving, investasi, dan mengelola hutang. 

Head of Agency Training of FWD Insurance & Applied Neuroscience, Indrawati Kawihardja, menjelaskan bahwa penting dalam hidup untuk selalu bekerja keras, namun jangan sampai lupa juga untuk menikmati hasil kerja keras kita. Kuncinya adalah cerdas mengelola keuangan. 

Terkait money management atau cerdas mengelola keuangan ini tentunya juga berkaitan dengan bagaimana kita menyesuaikan gaya hidup kita dengan pendapatan. Jangan sampai dengan dalih menikmati hidup malah justru lebih besar pasak dari pada tiang ya! 

Gaya hidup inilah yang menentukan bagaimana kita harus bijak mengelola uang dan juga hutang. Besarannya tentu harus disesuaikan dengan pendapatan dan juga panggilan (your calling atau your passions). Kedua hal inilah yang mempengaruhi gaya hidup seperti apa yang kita jalani. 



Lebih lanjut Kak Indrawati menjelaskan bagaimana cara mengatur keuangan dengan Prinsip 3 S, yaitu: 

1. Saving 
Yang pertama kali harus kita lakukan saat mendapatkan penghasilan adalah saving alias simpan/tabung. Kebanyakan orang sering kali salah menempatkan saving. Bukannya diawal, malah diakhir dan berujung gagal dalam financial goals. 

2. Spending 
Nggak dipungkiri ya, hidup memang butuh yang namanya spend alias belanja. Nah, kuncinya adalah dahulukan kebutuhan yang sifatnya pokok atau primer. 

3. Sharing
S terakhir yang tidak kalah penting adalah sharing atau berbagi. Jangan sampai keinginan kita mencapai finansial goals, malah membuat kita lupa untuk berbagi pada orang lain. 

Prinsip 3S di atas bisa kita terapkan dalam mengelola keuangan. Selain itu, satu hal yang tidak boleh terlupa yaitu soal proteksi atau asuransi. Hal ini tentunya berkaitan dengan bagaimana kita mempersiapkan masa depan kita dan keluarga. 

Salah satu produk asuransi yang penting untuk dimiliki adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Terlebih saat ini, kita nggak perlu bingung karena sudah ada product FWD Insurance yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Detail terkait produknya bisa langsung cek di Website dan instagram FWD ya! Salam sehat dan semangat! ^_^




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D