Saturday, April 8, 2023

...

Bukber Rasa Kumpul Keluarga di Kedai Sirih Merah

 


Jarang-jarang nih buka puasa bersama rasa kumpul keluarga gini! Yes, ada yang spesial dari acara Bukber bareng temen-temen Blogger kemarin. 

Bukber alias buka puasa bersama adalah kegiatan rutin tahunan yang paling ditunggu ya. Terlebih dua tahun kemarin, suasana pandemi bikin kita nggak bisa bebas kumpul untuk buka bersama. 

Yang bikin spesial di bukber kali ini, bukan karena kita udah bebas dari pandemi, tapi karena lokasi bukber yang luar biasa homey. Rasanya seperti kumpul di rumah nenek. Yup, udah pernah ke Kedai Sirih Merah belum? 

Bukber Rasa Kumpul Keluarga di Kedai Sirih Merah 




Tiba di Kedai Sirih Merah aku disambut ramah staff di sana. Dari luar restoran, sebenarnya Kedai Sirih Merah ini tampak seperti rumah biasa. Namun begitu masuk langsung aku amaze dengan ambience Kedai Sirih Merah yang klasik. Di beberapa sudut ruangan dihiasi ornamen vintage yang historikal banget. Persis seperti di rumah nenek. 

Mungkin ini yang membuat Kedai Sirih Merah terasa berbeda dan mempunyai nilai plus tersendiri, selain mempertahankan keotentikannya, semua interior dan perabotan antiknya tetap terjaga walau sudah dimakan usia. Tak jarang pengunjung di sana mengabadikan momen sembari berfoto bersama dengan perabotan antik yang super vintage. 



Menurutku, tempatnya sendiri cukup luas, lengkap dengan meja kursi yang nyaman plus ruang VIP yang cocok banget untuk suasana makan yang lebih Intimate atau untuk meeting. Berbagai fasilitas pun tersedia, seperti toilet, mushala, wastafel, semuanya bersih dan rapi. Jadi, selain cocok untuk makan bersama keluarga dan kerabat, Kedai Sirih Merah juga cocok untuk event-event seperti gathering, ulang tahun, tunangan, dan lain-lain. 

Oh iya, Kedai Sirih Merah menyediakan menu khas peranakan yang jujur aja belum pernah aku coba sebelumnya. Ada berbagai menu yang tersedia, mulai dari appetizer, main course, dessert, dan aneka minuman yang menggugah selera. 



Menjelang magrib, kami memesan beberapa menu best seller di sana, mulai dari Baso Penganten, Ayam Sio, Jagung Peda Pete, Soka Salad Mangga, Gurame Telur Asin, Buncis Cah Bawang Putih, Aneka Gorengan dan Es Sirih Merah. Asli enak-enak semua. 

Oke, biar nggak penasaran aku spill semuanya ya! 



Ayam Sio khas Peranakan ini berwarna kehitaman, sekilas seperti ayam kecap. Tapi setelah dicoba, ternyata berbeda dan jauh lebih enak. Bumbu dari Ayam Sio-nya meresap dengan baik, bahkan sampai ke tulang. Ayamnya pun lembut dan juicy ini karena diungkep terlebih dahulu. 

Ada juga Jagung Peda Petai yang di dalamnya terdapat suwiran ikan peda, butiran jagung, serta petai yang dimasak menggunakan belacan. Sajian ini cocok disantap dengan nasi putih hangat, karena rasa gurih dan pedas dengan berbagai permainan tekstur makanan yang menonjol. 



Soka Salad Mangga, asli wajib banget pesan menu ini kalau ke Kedai Sirih Merah. Paduan Soka yang begitu krispi ditambah dengan segar, asam dan pedas dari salad mangga, beneran definisi kelezatan sempurna. Apalagi dipadukan dengan nasi hangat, rasanya nggak mau berhenti makan. 

Kalau kamu membayangkan Baso Penganten ini seperti baso kebanyakan, eittss kamu salah. Baso Penganten Kedai Sirih Merah ini jauh lebih ngaldu. Basonya terbuat dari daging sapi, dipadukan dengan kuah bening dan berbagai bumbu sehingga rasanya begitu light dan gurih. 

Yang suka Ikan, jangan sampe ketinggalan untuk pesan Gurame Telur Asin. Perpaduan antara krispi dari Gurame Goreng dan saus telur asin yang gurih. Dijamin semua suka! 

Untuk sayurannya, ada Baby Buncis Cah Bawang Putih, yang kres kres kres saat dinikmati. Yup, sesuai namanya, menu yang satu ini menggunakan bahan dasar buncis muda yang ditumis dengan bawang putih, lengkap dengan udang segar. 

Satu lagi menu yang nggak kalah unik, yaitu Es Sirih Merah. Rasanya unik, kombinasi asam manis yang pas dan menyegarkan. Hidangan ini berisi selasih, kolang kaling, cincau hitam, agar-agar, dan manisan mangga yang disiram dengan perpaduan sari lemon serta jeruk nipis. 



Menurutku harga hidangan peranakan-Indonesia di Kedai Sirih Merah terbilang terjangkau, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 195.000-an. Kedai Sirih Merah juga menyediakan paket set menu yang bisa dipesan jika kamu berkunjung ramai-ramai bersama teman atau keluarga. 

Nah, buat yang tanya lokasinya di mana? Kedai Sirih Merah berlokasi di Jalan Taman Kebon Sirih 1 Nomor 5, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, persis di seberang gedung Bank Indonesia, Buka setiap hari mulai pukul 11.30-19.30 WIB. 

Yuk, agendakan buka puasa bersama kamu di Kedai Sirih Merah!


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D