Friday, December 14, 2018

...

Viva Talk With Geniee Bocorkan 3 Rahasia 'Kaya dari Blog'


Kebahagiaan seorang penulis adalah saat tulisannya membawa manfaat untuk orang banyak. Itulah cita-citaku saat memutuskan untuk menjadi seorang penulis blog atau isitlahnya blogger. Cita-cita boleh tinggi ya kan? Realitanya ya belum tentu demikian.

Seperti pengalamanku beberapa bulan lalu, saat ngobrol seru bareng temen.
Nov, ke Pondok Ungu yu, di sana ada tempat kulineran yang enak lho,” ujar salah satu sahabatku. 

Iya memang, aku pernah ke sana, bahkan pernah bahas juga di blog”.

Ah masa? Kok tulisan kamu ga ada di google ya?”

Deeghhh. Berasa ditampar.

Dulu, aku mikirnya jadi blogger itu simpel. Sesimpel nulis dan publish. Nyatanya banyak hal yang harus diperhatikan dan dipelajari. Jangan sampai sudah capek-capek nulis eh dibaca orang juga nggak. Sedih banget kan T_T

Akhirnya aku cari tahu dengan tanya ke blogger-blogger senior. Pas nanya apa penyebabnya, eh aku malah ditanya, “Blog kamu udah nerapin SEO belom?" Dalam hati, duh apalagi SEO itu. Maklum, aku terjun jadi blogger karena memang berawal dari hobbi nulis. Dan dari pada blogku isinya hanya curhat nggak jelas, lebih baik di moneytize kan?

Bismillah, aku mutusin untuk belajar SEO biar setidaknya blogku lebih banyak yang baca dan bisa dideteksi google. Mudah? Tentu tidak. Ubah template yang SEO frendly, daftarin webmaster tools, cari keyword, bikin artikel yang SEO. Sampe migrain aku pelajarin dan praktekin itu semua.

Kadang sukses dideteksi google kadang juga nggak. Kalaupun sukses ada di halaman kesekian google beberapa hari kemudian eh nggak ada. Sedih aku tuh. Nggak ngerti harus gimana lagi.

Serunya Viva Talk Life Commercial Blog Writing & How to Monitize It

Aku sadar sih, perkara SEO itu nggak semudah yang dibayangkan terlebih untuk orang yang bukan dengan background IT sepertiku. Dan bahagia ketika aku mengikuti sebuah acara Viva Talk Life Commercial Blog Writing & How to Monitize It.

Di acara itu, aku ketemu sama Mba Maya Sofia selaku editor Viva.co.id. Beliau mengajarkan ke blogger yang hadir, gimana sih caranya nulis yang baik. Walaupun hobi nulis, jujur aku sih ngerasa tulisanku masih jauh dari kata baik. Makanya harus terus belajar dan sharing lagi sama yang lebih berpengalaman.

Session 1: 6 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis

Kak Maya Sofia, Editor Viva.co.id

Nah, menurut mba Maya Sofia, kurang lebih ada 6 hal yang harus kita perhatikan saat menulis yaitu:

  1. Dilarang copy paste atau menjiplak
  2. Jujur, tulislah apa yang kita rasa dan alami
  3. Terapkan 5W 1H (what, who, when, where, why, & How) ini sangat membantu kita dalam menulis
  4. Maksimalkan seluruh panca indera kita, baik itu pengecap, peraba, penglihatan dsb
  5. Jangan sampai ada typo. Makanya penting untuk mengedit lagi apa yang sudah kita tulis
  6. Pilih judul yang menarik dan clickable

Bukan cuma Mba Maya Sofia yang berbagi ilmu, Kak Febri Fristian seorang Media Consultant juga ikut sharing dan mengajarkan blogger yang hadir tentang SEO dan seberapa pentingnya dalam memonitze blog. Seperti yang aku bilang tadi, percuma kan nulis bagus-bagus tapi nggak dibaca orang.

Session 2: Pentingnya SEO dalam Moneytize Blog

Kak Febri Fristian, Media Consultant 

Kak Febri menganalogikan SEO as a sugar. Kalau ibarat kue ulang tahun SEO itu memiliki beberapa lapisan. Bagian atas SEM, Social Media, dan Links, bagian tengah ada Content serta bagian bawah ada Website Structure & CMS/Platform.

Konten dalam SEO pun ternyata ada point yang harus diperhatikan, diantaranya:

  • Konten harus sesuai dengan kategori
  • Tentukan keyword dan long-tail keyword sebelum menulis konten
  • Sebisa mungkin tulis artikel yang unik (Unik konten = Good for SEO)
  • 1.000 – 1.200 kata untuk membuat konten yang ditujukan untuk SEO
  • 2.000 – 2.500 kata untuk membuat konten bertema review

Bukan hanya dalam konten, SEO – Shoter URLs juga harus diperhatikan, misalnya semakin pendek sebuah URL maka semakin tinggi kesempatan mendapatkan tempat di page 1 Google.

Puas belajar SEO, lanjut ke bagaimana kita memaksimalkan blog dengan iklan oleh Yudha Satrya Wardhana, Media Manager Geniee.


Session 3: Optimasi Iklan di Blog 

Kak Yudha Satrya Wardhana, Media Manager Geniee

Nah, di sesi 3 ini akhirnya aku kenalan dengan Geniee, yaitu perusahaan asal Jepang yang sudah sejak 2015 telah ada di Indonesia. Geniee hadir untuk menjembatani pertemuan anatara pengiklan dengan publisher dalam kerjasama yang saling menguntungkan. Wah dalam hati, ini sih yang aku butuhkan. Siapa tahu blogger kaya aku gini kan bisa bekerja sama dengan perusahaan pemasang iklan.

Melalui Geniee proses pembelian iklan menjadi lebih mudah, karena menggunakan mesin sebagai programmatic Advertising. Kak Yudha menjelaskan, dulu sebelum ada Programmatic Advertising, transaksi jual beli iklan dilakukan semua secara manual, mulai dari penawaran, negosiasi, sampai penempatan iklan. Dan hal itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Programmatic Advertising yang Geniee hadirkan memudahkan pembelian iklan sesuai konsumen yang dituju. Misalnya, pengiklan yang ada di Hong Kog bisa mengiklankan produknya pada calon konsumen di Indonesia dengan mudah dan cepat.

Cara kerja Programmatic ini terbagi menjadi dua, yaitu:
  • Real Time Bidding, dimana iklan selalu menyala dan penawar tertinggi yang iklannya akan muncul lebih dulu
  • Programmatic Direct, di mana iklan berjalan hanya bila ada jdwal dan prosesnya mirip metode tradisional.

Geniee juga bisa membantu blogger dalam optimasi posisi iklannya. Ya seperti aku gini, sudah 3 tahun pasang Adsense tapi belum ada satu dollar pun yang bisa dicairkan. Makanya aku berharap semoga Geniee dapat membantu optimasi Adsense blogku hehe

Bukan cuma soal iklan sih, ada beberapa produk dari Geniee seperti:

1. Geniee SSP
SSP (Supply Side Platform) of GENIEE. One of the leading SSP platform in Indonesia, a platform which enables GENIEE and their vendors to manage advertising space inventory, fill with ads, and earning revenue.

2. Geniee DSP
DSP (Demand Side Platform) of Geniee. Demand Side Platform is a system that allows buyers of digital advertising inventory to manage multiple Campaign and through one interface.

3. Geniee DMP
Data Management Platform is a technology to syndicate data and manage it so company will had rich data and enrich it again and do monetize on it, mainly for digital marketing purposes.

4. Ma-Jin
MAJIN is a Marketing Automation platform developed by GENIEE Japan, it’s an advanced form of CRM (Customer Relation Module)

5. Google
Geniee sebagai Google Certified Partner merupakan Partner resmi Google internasional dan Menjalan bisnis Google di Indonesia

Pulang dari Viva Talk Life Commercial Blog Writing & How to Monitize It, aku banyak banget dapet ilmu yang bisa diterapkan untuk kemajuan blogku. Tidak bisa dipungkiri memang, bagiku blog bukan hanya sebagai tempat mencurahkan pengalaman dan isi hati tapi juga menjadi tempat untuk menggantungkan masa depan nanti ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D