Monday, October 21, 2019

6 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Pesan Tiket kereta Eksklusif


Kereta api eksklusif adalah salah satu jenis layanan yang diberikan oleh pihak KAI, selain kereta kelas ekonomi dan juga bisnis. Dimana fasilitas yang ditawarkan oleh kelas yang satu ini, terbilang cukup lengkap, dibandingkan dengan fasilitas yang ada pada kelas lainnya. Seperti adanya sandaran kaki, bantal dan selimut gratis, kursi yang dapat diatur sandarannya, dan fasilitas lainnya. 

Seiring dengan fasilitas yang diberikan, harga yang ditawarkan untuk memperoleh fasilitas tersebut, juga berbanding lurus. Artinya harga tiket yang ditawarkan, sedikit lebih mahal, dibandingkan tiket kelas lainnya. Tepat membeli tiket adalah salah satu kunci sukses, agar rencana bepergian kita sukses, terutama ketika menggunakan kereta api kelas eksekutif, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal berikut ini :


πŸš… 1. Reservasi tiket sejak awal

Tahukah kamu, bahwa saat ini pihak KAI, sudah membuka pemesanan tiket kereta api H-90 sebelum tanggal keberangkatan. Tentunya ketersediaan tiket ini, tidak hanya dapat diperoleh di loket resmi dari PT. KAI, namun kita dapat memperolehnya di berbagai macam situs penjualan tiket yang sudah bekerja sama dengan pihak KAI.

Dengan adanya informasi seperti ini, tentunya kita dapat lebih mengatur jadwal keberangkatan sejak jauh-jauh hari. Nah, untuk kamu yang ingin mudik lebaran atau liburan akhir tahun bersama keluarga di kampung, dan mempunyai jadwal liburan yang jelas, tentunya dapat menggunakan kesempatan tersebut, terutama dalam memperoleh tiket. Memperoleh tiket sejak awal seperti ini, membuat kita lebih tenang, dalam mempersiapkan berbagai persiapan lainnya, seperti pakaian, dll.

πŸš…2. Pesan tiket dengan perhitungan waktu yang tepat

Dalam memesan tiket, ada baiknya jika kita memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk berangkat. Menggunakan kereta api eksekutif dari Jakarta ke Malang misalnya, kita dapat memilih menggunakan jenis kereta api Bima atau Gajayana. Masing-masing jenis kereta mempunyai jadwal keberangkatan yang berbeda-beda, namun keduanya, sama-sama berangkat dari stasiun Gambir dan tiba di Stasiun Malang Kotabaru. Misalnya saja kamu akan berangkat dari Jakarta menggunakan kereta api eksklusif Gajayana, maka kereta akan berangkat jam 14.57 menit. Dengan durasi perjalanan sekitar 15 jam 26 menit.

πŸš… 3. Reservasi secara online


Untuk mempermudah melakukan reservasi atau pesan kereta api seperti Gajayana. Sebaiknya pesan kereta eksekutif Gajayana secara online. Saat ini ada beberapa penyedia jasa atau online ticketing yang sudah bekerjasama dengan pihak KAI, seperti Traveloka misalnya. Terdapat beberapa fitur yang akan memudahkan kita dalam memesan tiket kereta api tersebut, misalnya saja fitur pemesanan tiket dari kota asal dan kota tujuan, tanggal keberangkatan, sistem pemesanan pulang pergi, jumlah tiket yang dipesan, dan hal-hal lainnya.

Dari informasi yang ada, kita dapat memilih salah satu dari beberapa jenis tiket yang disediakan. Khusus untuk tiket eksekutif ini juga tersedia dalam berbagai macam pilihan, dan hal ini biasanya tergantung dari posisi tempat duduk, dan fasilitas tambahan lainnya yang diberikan. Tentunya hal ini akan mempengaruhi masalah harga tiket yang ditawarkan.

πŸš… 4. Memilih metode pembayaran yang tepat

Umumnya penyedia layanan booking tiket online seperti ini, melengkapi dirinya dengan sistem pembayaran yang beragam. Dalam hal ini, kita dapat memilih salah satu yang dianggap paling tepat, atau yang dapat kita lakukan. Pilihan metode pembayaran yang dimaksud antara lain, transfer ATM, kartu kredit, internet banking, aplikasi pembayaran, dan yang lainnya. Yang perlu diperhatikan disini adalah metode pembayaran ini, mempunyai jangka waktu terbatas, kita sebaiknya memilih sistem pembayaran tepat, dan lakukan sebelum batas waktu pembayaran berakhir.

πŸš… 5. Memperoleh E-ticket

Setelah proses pembayaran selesai dilakukan, berikutnya dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, kita akan memperoleh e-tiket yang akan dikirim melalui alamat email. Informasi ini yang nantinya akan dipergunakan sebagai tiket masuk ke stasiun. Akan lebih praktis, jika kita menyimpan file tersebut di ponsel, sehingga dapat dibuka dan dibawa kemana saja.

πŸš… 6. Tukar dengan print tiket

Sesampainya di stasiun kereta api, e-tiket yang telah kita peroleh sebelumnya, sebaiknya di print-out, untuk memperoleh tiket kereta api pada umumnya. Kita hanya perlu mencari mesin print out yang disediakan, dengan cara scan barcode yang ada di e-tiket tersebut.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D