Monday, October 21, 2019

Tukar 2 Botol Plastik Dapat Perlindungan Asuransi? Ya, Cuma di Allianz!


Serius deh, aku sama sekali nggak pernah kepikiran kalau sampah kita bisa memberikan perlindungan diri. Tidak sampai aku ke booth Allianz di Kota Kasablanka beberapa waktu lalu.

Aku pribadi merasa amaze dengan inovasi terbaru dari Allianz ini, karena memang seperti kita tahu bersama bahwa masyarakat Indonesia memang pada umumnya belum sadar mengenai manfaat asuransi. Yah, bisa dibilang cenderung abai lah. Padahal asuransi merupakan investasi masa depan yang manfaatnya luar biasa besar lho.

Semua itu karena masyarakat Indonesia memang belum menyadari betul akan risiko yang bisa saja terjadi di masa mendatang. Yang dipikirkan hanya masa kini saja. Padahal ya, semakin berkembangnya zaman, risiko yang bisa terjadi di masa mendatang seperti sakit kritis, kecelakaan, dsb nya pun semakin besar.

Selain hal itu, ada satu fakta juga yang tidak bisa dihindari mengenai masyarakat Indonesia, yaitu produksi sampah rumah tangga. Ada sekitar 65 juta ton sampah yang dihasilkan di Indonesia setiap harinya. Dan hanya 7% di antara yang dapat di daur ulang. Sementara 69% berakhir di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA). Padahal sampah-sampah tersebut bisa memberikan nilai ekonomis jika dimanfaatkan dengan baik.

Nah, bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan dan Hari Asuransi yang diperingati pada bulan Oktober 2019 ini, Allianz Indonesia melakukan perluasan segmen pemasaran untuk tiga produk asuransinya meliputi produk asuransi jiwa mikro, produk asuransi kecelakaan diri, serta produk asuransi jiwa berjangka kumpulan kepada masyarakat kelompok emerging consumers melalui Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dan Program “Allianz Uang Duka”.

Sekilas tentang Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu”



Melalui Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu”, Allianz Indonesia melakukan perluasan akses perlindungan asuransi jiwa mikro Sekoci dan perlindungan asuransi kecelakaan diri kepada masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah. Program ini memungkinkan masyarakat mendapatkan perlindungan asuransi dengan cara menukarkan saldo tabungan di bank sampah.

Dalam Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” ini Allianz Indonesia bekerjasama dengan mitra strategis yang menyediakan aplikasi digital MySmash untuk mendukung kegiatan operasional Bank Sampah di seluruh Indonesia dan berfungsi sebagai kanal distribusi baru untuk memberikan akses perlindungan asuransi jiwa mikro “Sekoci” bagi masyarakat yang menjadi nasabah Bank Sampah. Sedangkan untuk asuransi kecelakaan diri, proses pendaftarannya bisa dilakukan secara manual melalui bank sampah tempat nasabah menabung sampah.

Di Kokas kemarin, aku juga sendiri juga sudah coba. Jadi saat datang kesana, aku cukup membawa 2 botol plastik bekas (atau bisa juga 5 kantong plastik) untuk dimasukkan ke dalam tabung besar dan ditukarkan dengan perlindungan asuransi.


Awalnya, aku pribadi belum paham tentang mekanismenya, tapi kemudian staff Allianz yang ada disana menjelaskan dengan detail juga ramah. Aku jadi tertarik untuk ikut berpartisipasi. Lagian, kapan lagi kan, tukerin sampah plastik dapat perlingdungan asuransi.

Sekilas tentang Program Allianz Uang Duka


Bukan cuma program tukar sampah saja, ada satu lagi program baru dari Allianz yang nggak kalah inspiratif, yaitu program Allianz Uang Duka. Program ini memberikan santunan kematian dari produk asuransi jiwa kumpulan Allianz, yang dapat diakses oleh masyarakat warga Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan tingkat kelurahan.

Seperti yang kita ketahui, asas gotong royong dan kekeluargaan sudah menjadi tradisi untuk dijalankan oleh masyarakat warga RT, RW & tingkat kelurahan saat salah satu dari warga masyarakat mengalami musibah atau kedukaan. Allianz Indonesia melihat hal ini sebagai salah satu kesempatan untuk memperkenalkan akses dan produk asuransi kepada warga melalui proses pengumpulan dana yang kemudian dinamakan Program “Allianz Uang Duka”.

Perluasan akses perlindungan dan produk asuransi melalui kedua program ini merupakan wujud komitmen Allianz Indonesia untuk mendukung program pemerintah dan OJK dalam meningkatkan penetrasi asuransi, literasi keuangan serta inklusi keuangan ke berbagai segmen masyarakat Indonesia.

Sebagai masyarakat Indonesia dan customer Allianz, aku berharap kedua program ini membawa manfaat yang lebih besar lagi untuk masyarakat dan juga kemajuan Allianz ke depannya. Yuk kita bantu sukseskan ^_^

4 comments:

  1. dapat dua keuntungan yah. Lingkungan terjaga dan kita mendapat proteksi asuransi

    ReplyDelete
  2. The information you shared is really useful and thank you for that

    ReplyDelete
  3. The information you shared is really useful and thank you for that

    ReplyDelete
  4. The information you shared is really useful and thank you for that

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D