Wednesday, March 9, 2022

...

Keluar dari Masalah Tanpa Drama ala Coach Komang Ayu

 

keluar dari masalah tanpa drama

Bukan hidup namanya kalau tidak diwarnai dengan masalah ya. Besar atau kecil, yang namanya masalah pasti bikin hidup nggak enak deh. Tapi, semua kembali pada persepsi kita. 

Masalah bisa jadi semakin kecil, bila kita menyingkapinya secara bijaksana. Namun, masalah juga bisa menjadi semakin besar, bahkan berubah menjadi drama-drama tak berkesudahan bila kita tak bijak menyikapinya. 

Yup, drama-drama yang biasa kita saksikan di layar kaca, nyatanya juga bisa kita rasakan lho. Pertengkaran dengan pasangan, stress karena mengurus rumah tangga dan anak, selisih paham dengan mertua, bersitegang dengan rekan kerja, atau tak sejalan dengan orang tua. Nah lho, kalau sudah begini kita harus gimana dong? 

Keluar dari Masalah Tanpa Drama ala Coach Komang Ayu 



Ngomongin soal masalah dan drama kehidupan, jujur aku masih harus banyak belajar tentang ini. Tiga tahun belakangan, memang menjadi concernku untuk memperbaiki diri. Terlebih seperti kita tahu, pandemi ini banyak memberikan pelajaran hidup yang terasa sangat menyakitkan. 

Kehilangan orang-orang terkasih, kemunduran ekonomi dan karir, kesehatan terganggu, rutinitas berubah dan lain sebagainya. Namun ada hal yang akhirnya aku syukuri. Aku kini lebih mengenal diriku sendiri dan juga keluarga. 

Kini aku jauh lebih dewasa dan lebih bisa mengontrol emosiku yang sebelumnya sering meledak-ledak. Perubahan yang sangat aku syukuri. Tapi tentu nggak boleh berpuas diri ya. 

Makanya kemarin aku ikutan Zoom Session ‘Keluar dari Masalah Tanpa Drama’ ala Coach Komang Ayu. Masya Allah, ilmu-ilmu seperti ini sulit didapatkan tapi sangat dibutuhkan lho. Hayooo setuju nggak? 



Di awal acara, Coach Ayu membuka kelas dengan senyum khasnya. Aku sampe berucap dalam hati, ‘Kok Coach Ayu ini positif vibes banget ya! Hidupnya seperti nggak ada masalah gitu’. 

Jawabannya ya karena Coach Ayu sudah tahu kuncinya, sehingga masalah yang dihadapi tidak berubah menjadi drama kehidupan yang semakin besar. 

Ternyata oh ternyata, masalah itu sebenarnya hanya situasi dan kondisi yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita, sehingga membuat kita bingung harus bagaimana. Nah, semakin kita bingung, kita jadi semakin kesulitan dan tertekan, lantas masalah itu berubah menjadi drama. 

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi drama dari masalah hidup, yaitu informasi yang kita terima, bagaimana pemaknaan kita terhadap situasi dan kondisi tersebut serta reaksi atau respon kita dalam menanggapinya. 

Apa yang ada dalam pikiran (value & belief) menciptakan getaran magnetik (vibrasi/energy) sehingga menarik hal-hal yang akhirnya menciptakan realita. Dalam hasil pemaknaan informasi tersebut biasanya muncul suatu perasaan dan emosi yang akhirnya menciptakan sebuah respon/reaksi tertentu, seperti marah, tangis, perselisihan atau bahkan luka batin. 

Lalu bagaimana solusinya? 

1. Tenangkan diri 
Terima kenyataan akan situasi yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita. usahakan tetap tenang dan jangan panik agar pikiran tetap jernih. Kondisi mental atau pikiran yang stress dan penuh emosi akan menghalangi kita untuk menyelesaikan masalah. Untuk memastikan pikiran tetap tenang, kita bisa lakukan teknik relaksasi, seperti meditasi, berdoa, mendengarkan musik, tidur, atau bahkan jalan-jalan sebentar. 

2. Sadari 
Kita harus sadar bahwa masalah dalam hidup kita bisa diakibatkan oleh banyak hal, mulai dari faktor ekonomi, kesedihan, kesepian, kesehatan dan lain sebagainya. Ketika kita bisa menyadari dan mengindetifikasi akar masalah kita, maka kita akan lebih mudah untuk menyelesaikannya. 

3. Aksi (in Control) 
Setelah menyadari masalah yang kita alami, saatnya kita untuk melakukan aksi untuk menyelesaikannya satu per satu. Kita bisa bertanya pada diri sendiri, terkait apa yang bisa dilakukan untuk mengubah situasi yang tidak sesuai ekspektasi ini menjadi lebih baik? 

Percaya deh, aksi kecil yang kita lakukan bisa memberikan perubahan yang cukup besar. Misalnya saja, ketika kita tengah stress karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Kita bisa perlahan mengubah situasi dengan meluangkan waktu 30 menit sehari untuk mengasah skill dan mengembangkan jaringan di media sosial atau Linkedin. 

4. Jangan Ragu Minta Bantuan Orang Lain 
Masalah yang terus dipendam seperti bom waktu yang suatu saat bisa meledak. Kalau sudah begitu efeknya jauh lebih buruk dari yang kita duga lho. Karena itu, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain, jika kita merasa tidak bisa menyelesaikan drama permasalahan hidup. 

Salah satu caranya dengan meminta bimbingan dari Counselor Life & Wellness Coach Komang Ayu ini. Bukan hanya sekedar teori, tapi Coach Ayu akan mengajarkan teknik yang bisa kita praktekan juga lho. 



Btw, Coach Ayu akan mengadakan kelas lanjutan dengan tema yang keren banget yaitu ‘Rahasia Temukan Potensi Diri untuk Berkreasi di Masa Sulit’. Dengan ikut kelas ini, ada banyak benefit yang bisa kita dapatkan, yaitu empowerment, teknik tenang, present & netralisir, release emosi bersama dan juga e-certificate. 

Kabar baiknya ada promo early bird, jadi 199ribu harga khusus registrasi cuma sampai 14 Maret ini aja lho. Yuk buruan daftar! ^_^


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D