Monday, March 14, 2022

...

Kamu Wajib Tahu, Ini Lho Cara Danone Indonesia Dukung Pemberdayaan Perempuan di Lingkungan Kerja dan Masyarakat!

 


Makin ke sini rasanya makin bersyukur deh, karena hak perempuan dan hak anak mulai banyak diperjuangkan. Salah satu perusahaan yang berdiri paling depan dalam hal ini adalah Danone Indonesia. 

Yup, seperti kita tahu saat ini masih banyak perempuan dan anak-anak yang masuk ke dalam kelompok rentan. Dan isu perempuan dan anak ini merupakan isu yang komplek lho. 

Nah, bertepatan dengan #WomenInternationalDay2022 kemarin, Danone Indonesia menyelenggarakan kegiatan webinar yang mengangkat tema Perusahaan Ramah Keluarga: Dukung Ibu Siapkan Generasi Maju, dengan menghadirkan pembicara Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indra Gunawan, Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto, Direktur Eksekutif Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) Maya Juwita, dan Psikolog Rosdiana Setyaningrum. 

Dari acara ini, aku jadi tahu kalau Danone Indonesia terus memberikan dukungan kepada perempuan Indonesia melalui adaptasi layanan untuk memastikan terjaganya kesejahteraan (wellbeing) dan terpenuhinya hak-hak mereka melalui berbagai program baik internal maupun eksternal.

Apa aja sih programnya?

Danone Indonesia Dukung Pemberdayaan Perempuan di Lingkungan Kerja dan Masyarakat


Danone Indonesia sebagai perusahaan ramah keluarga memperkuat komitmennya dalam memberikan dukungan kepada perempuan Indonesia sebagai partner 24 jam untuk membantu mempersiapkan Generasi Maju melalui berbagai program, yaitu:

1. Cuti Melahirkan Berbayar Selama 6 Bulan untuk Ibu dan 10 hari untuk Ayah



Seperti kita tahu, mengurus anak adalah kendala terbesar ibu dalam bekerja. Cuti melahirkan berbayar 6 bulan untuk ibu dan 10 hari untuk ayah yang diberikan Danone seperti jawaban dari kekhawatiran tersebut. Sehingga bisa fokus merawat bayi yang baru lahir dengan maksimal. 

2. Ruang Laktasi di Tempat Kerja 
Bagi ibu bekerja, tetap menyusui anak adalah sebuah perjuangan. Dengan adanya ruang laktasi di tempat kerja, Danone Indonesia menjadi support system terbaik untuk mendukung Ibu Bekerja yang sedang menyusui. 

3. Program Pendampingan Pemberian ASI Ekslusif
Danone Indonesia juga memulai inisiatif baru melalui program pendampingan karyawan perempuan untuk mendukung pemberian ASI eksklusif dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun. Program ini bertujuan untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan menyusui dan meningkatkan rasa percaya diri karyawan perempuan sebagai seorang ibu. 

4. Pemantauan Status Gizi Anak Karyawan di 1000 HPK
Setelah memberikan cuti melahirkan berbayar, Danone Indonesia juga menjalankan program pemantauan status gizi anak karyawan di 1000 hari pertama kehidupan. Hal ini tentunya sejalan dengan visi misi Danone Indonesia yang terus berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada para ibu di Indonesia. 

5. Kegiatan Edukasi dan Pembedayaan Masyarakat



Danone Indonesia selalu rutin mengadakan kegiatan edukasi dan pemberdayaan masyarakat dalam menyiapkan Generasi Maju khususnya kepada para ibu di seluruh Indonesia tentang pentingnya gizi dan lingkungan yang sehat. Kegiatannya antara lain Bicara Gizi, Isi Piringku, Warung Anak Sehat, Rumah Bunda Sehat, Rumah Tempe, AQUA Home Service, dan Recycle Business Unit (RBU). 

6. Layanan Careline, Partner Konsultasi Ibu yang Siap Siaga 24 Jam


Dalam rangka memperluas kontribusi dalam memberikan akses terhadap kesehatan ibu dan anak, Danone SN Indonesia menyediakan layanan Careline yang siap menjadi partner ibu 24 jam untuk berkonsultasi dan dapat diakses melalui multichannel. 

Ada 62 careliners yang terdiri dari para profesional, diantaranya kebidanan, keperawatan, nutrisionis, tumbuh kembang prasekolah dan ilmu kesehatan lainnya yang disiagakan untuk melayani konsultasi maupun mendengar keluh kesah para ibu dalam memastikan tumbuh kembang anak optimal dari awal kehidupannya. 

Nah, setiap harinya Careline akan menerima lebih dari 2.000 pertanyaan dari orang tua di seluruh Indonesia dengan topik pertanyaan yang paling banyak adalah terkait tumbuh kembang anak dan pemenuhan nutrisi si Kecil sesuai tahapan usianya. Dalam melayani konsultasi, para Careliners memberikan edukasi dan merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun serta asupan nutrisi yang bergizi sesuai dengan tahapan usia anak. 



Kalau boleh menilai, rasanya jarang banget lho perusahan yang mendukung pemberdayaan perempuan baik di lingkungan kerja maupun di masyarakat. Makanya salut banget sama Danone yang menjadi pionir dalam hal ini. Semoga apa yang yang telah dilakukan Danone Indonesia dapat diikuti oleh perusahaan lainnya ya! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D