Sunday, July 3, 2022

...

Mahad Raudhatul Ihsan, Pesantren Terbaik dengan Tiga Program Unggulan

 


Ibuku pernah bilang, pendidikan anak adalah investasi, maka sudah semestinya orang tua memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Apa yang ibuku katakan bukan hanya sekedar petuah, tapi itu juga ia terapkan pada anak-anaknya. 

Sedari awal ia selalu menyekolahkan anaknya di tempat yang menurutnya baik. Sekalipun biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit tapi, ia merasa bahagia melakukannya. Ibu bilang, ia tidak masalah jika tidak memiliki banyak aset, tak punya tabungan dengan nominal besar, yang penting anaknya bisa mengenyam pendidikan terbaik. 

Kini itulah yang coba aku lakukan untuk anak-anakku. Aku berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk masa depan mereka. Entah mengapa aku merasa beberapa sekolah yang ada saat ini, belum lah pas untuk menyonyong masa depan mereka. Di mana, dunia jauh lebih kompetitif dari sekarang. 

Terlebih aku juga merasa, kalau bekal agama sangat penting agar anak-anakku kelak dapat menjadi pribadi yang baik, sebagaimana dicontohkan Rasulullah. Yup, semua orang tua pastilah setuju kalau pendidikan agama dan pendidikan umum haruslah seiring sejalan ya kan? 

Karena hal itulah, aku dan suami berdiskusi perihal menentukan pesantren untuk anak-anak dengan beberapa pertimbangan, salah satunya kurikulum yang digunakan, lokasi, fasilitas dan juga biaya. 

Tips Memilih Pesantren Berkualitas untuk Anak 




Dari hasil diskusi dengan suami dan cari-cari informasi seputar pesantren berkualitas untuk anak, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan para orang tua, yaitu: 

1. Pola Pengasuhan 
Pilih pesantren yang diasuh oleh Ustad yang memiliki karisma dan kredibilitas baik, sekaligus totalitas dalam ikut serta mendidik serta melaksanakan kegiatan bersama santri, karena dengan begitu para santri dapat lebih terkontrol dalam melakukan kegiatannya. Dan kita sebagai orang tua juga dapat menanyakan langsung perkembangan anak kita. 

2. Peningkatan output dan inputnya 
Memilihkan pesantren untuk anak tidak perlu yang mewah-mewah, karena hal itu justru berisiko memanjakan anak, dan menghilangkan esensi pesantren itu sendiri. Pilihlah pesantren yang sudah jelas-jelas meluluskan alumni-alumni berkualitas yang menjadi tokoh-tokoh hebat yang berkarakter dan salih. 

3. Pilih pensatren yang strategis 
Dalam menentukan pesantren untuk anak bukanlah hal yang mudah, apa lagi untuk menjadikannya bermental mandiri. Jangankan untuk orang tua yang belum pernah merasakan mondok, bahkan orangtua yang lulusan Pesantren pun terkadang bingung mau menitipkan anaknya di pesantren yang mana. Makanya saya pribadi lebih suka Pesantren yang letaknya mudah diakses dari rumah. 

4. Pilih pesantren yang aman dan nyaman 
Dan yang tidak kalah penting adalah kita sebagai orang tua juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan pesantren. Penyakit kulit yang sering dialami santri diakibatkan dari perilaku santri yang kurang bersih. Karena itu, penting bagi orang tua untuk memilihkan pesantren yang mengedepankan kebersihan santri. 

Berkunjung ke Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan 


Kampus I Putri - Zawiyah Arraudhah - Tebet


Alhamdulillah, beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk mengunjungi Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan. Menurutku Mahad Raudhatul Ihsan ini memenuhi semua kriteria pesantren yang aku idamkan. 

Pertama kali kunjungan aku langsung terkesan dengan kebersihan, lingkungan, ustad pengajar, suasana dan juga lokasinya. Santri-santrinya bersih dan berwajah cerah ceria, ruangannya juga harum belum lagi seragamnya kok cakep banget. Warnanya elegan dengan desain yang berbeda dengan pesantren pada umumnya yang sering kali berwarna gelap. 

Bahkan ketika aku ngobrol dengan pengurus Mahad di sana, mereka bilang ra-rata wajah santri ketika mondok justru jauh lebih cerah dan bersih dibandingkan ketika baru datang dulu. Ini menunjukkan bahwa Mahad Raudhatul Ihsan sangat memperhatikan kebersihan santri, nggak ada lagi tuh cerita santri kena sakit kulit atau kutu. 



Buat yang belum tahu, apa sih Mahad Raudhatul Ihsan itu? 

Mahad Raudhatul Ihsan adalah pondok pesantrem di bawah asuhan Pembina yayasan KH. Muhammad Danial Nafis yang telah memiliki izin operasional dari Kementerian Agama RI dengan Nomor B-4811 KK.09.01/3/PP.00.7/6/2017 sejak tahun 2017. 

Mahad Raudhatul Ihsan membuka program pendidikan selama 5 tahun berupa Madrasah Tahfidz Al Quran dan Madrasah Diniyah Islamiyah dengan muatan materi akidah, fikih, Bahasa Arab, nahwu, sharaf, tafsir, hadist, dan lain-lain. Selain itu, santri yang terdaftar dalam pondok Mahad Raudhatul Ihsan ini juga terdaftar dalam PKBM Arraudhah atau yang lebih dikenal dengan Arraudhah Islamic School (AIS) untuk menunjang pendidikan umumnya. 



Target pendidikan Mahad Raudhatul Ihsan juga sangat bagus dan lengkap yaitu: 
  • Hafalan AlQuran dengan target minimal 10 Juz selama 3 tahun, target menengah 20 Juz selama 3 tahun dan target ideal 30 Juz selama 3 tahun. 
  • Menguasai dan mengamalkan ilmu Syar’i 
  • Mampu berkomunikasi aktif bahasa Arab 
  • Mengembangkan kemandirian berpikir dan bersikap 
  • Memiliki akhlakul karimah yang menjadi teladan. 

Program Unggulan Mahad Raudhatul Ihsan 




Ini dia yang jadi pertanyaan para orang tua dan calon santri, yaitu perihal kurikulum dan program unggulan pendidikan. Seperti yang sudah kujelaskan di atas, jadi setiap santri yang mondok di Mahad Raudhatul Ihsan akan mendapatkan 3 program unggulan yaitu : 

1. Madrasah Tahfidz Al Quran (MTQ) 
Program Tahfidzil Quran dengan metode AL ITQON (metode penguatan hafalan) 

2. Madrasah Diniyah Islamiyah (MDI) 
Program pendidikan dasar agama Islam secara teori maupun praktek seperti Akidah, Tafsir, Hadist, Fiqih, Nahwu, Shorf, dan lain-lain. 

3. Arraudhah Islamis School (AIS) 
Program pendidikan umum setara SMP dan SMA yang telah diakui oleh Negara dan berakreditasi A. 

Dari hasil kunjungan langsung serta ngobrol-ngobrol dengan Ustad serta santri di sana, berikut ini aku rangkum keunggulan Mahad Raudhatul Ihsan ya: 
  • Memiliki sanad AlQuran dan keilmuan yang bersambung pada Rasulullah SAW melalui pada guru dan masyayikh. 
  • Memiliki kajian-kajian kitab kuning berbagai keilmuan Islam. 
  • Memiliki program bahasa Arab khusus (takhasus) untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan memudahkan proses pendidikan selanjutnya di Timur Tengah 
  • Memiliki dewan guru lulusan Timur Tengah dan pesantren terkemuka di Indonesia yang kompeten di bidang keilmuan masing-masing 
  • Memiliki lingkungan pendidikan yang tertib dan disiplin sehingga para santri berbekal etos belajar dan kerja yang kuat 
  • Memiliki kegiatan ekstrakurikuler seperti seni musik, hadroh, pencak silat, kaligrafi dan lain-lain 
  • Memiliki alumni yang tersebar di Timur Tengah seperti Universitas Al Azhar (Mesir), dan Universitas Qarawiyyun (Maroko). 
  • Bekerjasama dengan Universitas Qarawiyyun Maroko yang merupakan salah satu Universitas Islam tertua di dunia dan telah melahirkan banyak ulama terbaik dan termasyur. 

Kampus II Putra - Zawiyah wa Mahad Arraudhah - Bogor


Info tambahan untuk orang tua yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di Mahad Raudhatul Ihsan, jadi mulai bulan Juli 2022 ini santri putra akan menempati Zawiyah wa Ma'had Arraudhah yang berlokasi di Village di Cigombong, Kabupaten Bogor. Sedangkan santri putri berada di Jl Tebet Barat VIII, Jakarta Selatan. 

Mahad Raudhatul Ihsan 
https://zawiyah-arraudhah.com/ 
Instagram: @mahad.raudhatulihsan 
Wa: 0877-8805-8845 

KAMPUS I (PUTRI) - Zawiyah Arraudhah 
Jl. Tebet Barat VIII No. 50 Kel. Tebet Barat, Kec. Tebet Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12810 

KAMPUS II (PUTRA) - Zawiyah wa Ma'had Arraudhah Village Jl. Keloji Gunung Salak, Kp. Loji, Kec. Cigombong Bogor, Jawa Barat 16110

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D