Sunday, July 24, 2022

...

Penanganan Terkini Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro

 


Setuju ya kalau kesehatan adalah anugerah terindah yang sering kali lupa untuk kita syukuri. padahal tanpa kesehatan, semua yang kita miliki nggak bisa kita nikmati lho. Bersyukur banget deh, beberapa waktu lalu aku berkesempatan hadir dalam acara Blogger dan Vlogger Gathering di Rumah Sakit Premier Bintaro. Pasti udah familiar kan dengan rumah sakit ini? 

Yup, bener banget RS Premier Bintaro adalah rumah sakit swasta yang berada di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan Banten dan sudah berdiri sejak tahun 1998. Rumah sakit ini juga merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Healthcare, yaitu sebuah organisasi kesehatan yang memberikan layanan medis di kawasan Asia. 

Oh iya, di Indonesia sendiri, Rumah Sakit Premier Bintaro menjadi rumah sakit pertama yang memperoleh akreditasi internasional dengan standar akreditasi terbaru dari Joint Commission International (JCI) edisi keempat lho. Selain itu, rumah sakit ini juga memperoleh sertifikasi akreditasi paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Sekarang lanjut hospital tour yuk! 

Hospital Tour RS Premier Bintaro 




Acara diawali dengan hospital tour RS Premier Bintaro. Agar lebih teratur, undangan yang hadir dibagi dalam 5 kelompok. Begitu hospital tour, aku langsung salfok dengan Skin and Laser Clinic yang berada di sisi kanan lobby. 

Ambience Skin and Laser Clinic ini didominasi oleh warna pink yang soft dan cute. Asli sih, jadi bikin nyaman dan menghilangkan rasa tegang bagi pasien yang ingin treatment. Terlebih di sana ada teknologi Fotona yang super canggih untuk menghilangkan tattoo, tanda lahir, tahi lalat, dan lain sebagainya. 



Lanjut aku juga masuk ke area Radiologi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan teknologi terkini lho. Ada Radiologi, mammografi, USG, Ekokardiografi, CT Scan, dan MRI. Dan yang bikin amaze adalah RS Premier Bintaro ini memiliki teknologi MRI 3 Tesla, di mana masih belum banyak RS di Indonesia yang memilikinya. 



Di rumah sakit ini juga ada Starbuck, kantin, restaurant dan juga drug store, jadi pasien dan keluarga pasien nggak perlu khawatir karena di RS Premier Bintaro super lengkap. Staff di sana juga ramah-ramah sih dan semuanya serba teratur, pokoknya bikin nyaman deh! 

Health Talk: Penanganan Terkini Syaraf Kejepit by dr. Ajiantoro Sp.OT 




Setelah puas hospital tour, acara dilanjutkan dengan health talk mengenai penanganan terkini syaraf kejepit. Menurutku ini pas banget sih, mengingat RS Premier Bintaro ini memang spesialisasi ortopedi (tulang) dan kardiologi (jantung) yang menjadi layanan unggulan di rumah sakit ini. 

Bicara soal syarat kejepit nih, hal ini nggak boleh dianggap sepele lho. Kalau sudah tidak tertahankan dan menganggu aktivitas baiknya memang segera dapatkan penanganan dari professional. Menurut dr. Ajiantoro, Sp.OT, 80% orang pasti pernah mengalami nyeri punggung, nyeri sendi dan nyeri lainnya. Tapi tenang aja, nggak semua nyeri tadi itu merupakan syaraf kejepit kok. 

Lebih lanjut, dr. Ajiantoro menjelaskan soal red flags mengenai syaraf kejepit. Red flags ini patut jadi perhatian dan tanda untuk segera mendapatkan penanganan ya: 



  • Nyeri yang terjadi mendadak dan tak tertahankan 
  • Nyeri yang bersifat progresif dan tidak hilang dengan istirahat 
  • Nyeri yang menjalar ke kedua tungkai kaki 
  • Nyeri yang berkaitan dengan perubahan posisi 
  • Nyeri dengan kelemahan tungkai kaki 
  • Kesemutan, baal, atau kebas pada tungkai kaki 
  • Kelemahan kedua tungkai kaki saat berdiri atau berjalan.

Lalu kalau mengalami hal itu gimana dong? 
Jika kamu mengalami satu atau beberapa red flags di atas baiknya memang langsung datang ke rumah sakit dan konsultasi dengan dokter professional. Tenang aja, nggak semua sarat kejepit itu penangannya dengan operasi lho. Bisa dengan Interventional Pain Management juga. 

Yang perlu kita ingat, saraf kejepit juga bisa terjadi akibat posisi yang salah dan berlangsung lama. Misalnya saja posisi duduk depan laptop yang cenderung membungkuk. Lalu kebiasaan meletakkan dompet di kantung belakang yang akhirnya membuat tulang duduk menjadi bergeser, dan lain-lain. 

Aku pribadi merekomendasikan RS Premier Bintaro ini jika teman-teman atau keluarga mengalami masalah kesehatan, baik itu saraf kejepit dan lain-lain. Detailnya bisa langsung cek website dan media sosial RS Premier Bintaro ya! Salam sehat untuk kita semua! ^_^ 



Rumah Sakit Premier Bintaro 
Jalan Moh. Husni Thamrin No.1 Tangerang Selatan
 RSDHealth Careline: 1500908 
WA Appointment: +6281 7777 742 
IGD & Ambulans: +6221 7458 118 
WA IGD & Ambulans: +62811 9690 5513

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D