Sunday, July 23, 2023

...

Pentingnya Mengajarkan Nilai Uang dan Kewirausahaan pada Anak

 


Tugas orang tua terhadap anak tentu bukan hanya perihal makanan dan kesehatan saja tapi juga soal pendidikan. Sebagai seorang pendidik dan juga orang tua, aku merasa ada satu hal yang wajib orang tua ajarkan kepada anak, yaitu mengenai nilai uang dan kewirausahaan. 

Pemahaman mengenai nilai uang dan kewirausahaan ini sangat penting dikuasai anak, bukan semata berorientasi mencari uang, melainkan untuk melatih kemandirian dengan mengandalkan kreativitasnya serta lebih bertanggung jawab dan berani mengejar kesempatan. 

Yup, kreativitas yang terlatih sejak dini, termasuk melalui berbagai ajang dan kegiatan kewirausahaan, menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian anak kala ia dewasa. Sehingga anak tidak terlalu bergantung pada orang tua atau lingkungan sekitar di masa depan nanti. 

Belajar dari pengalaman dan masa kecilku dulu, yaitu era 1980-an, rasanya masih sangat jarang orang tua yang mengajari anak perihal wirausaha. Orang tua jaman dulu, lebih mengarahkan anak menjadi pegawai atau pekerja kantoran karena profesi ini dinilai lebih aman. Namun seiring dengan waktu, paradigma berpikir ini kemudian berubah. Sekarang eranya adalah mengajari anak-anak berwirausaha. 

Dikutip dari National Foundation For Teaching Entrepreneurship, ternyata anak-anak yang dilatih berbisnis sejak dini akan menunjukkan perubahan positif dalam perilaku serta memiliki orientasi kesuksesan yang lebih tertata. Mereka juga akan lebih mampu fokus pada pencapaian akademik dan profesional, berbagi aspirasi, dan menguasai teknik kepemimpinan lho. 

Manfaat Mengajarkan Anak Berwirausaha 


Dari berbagai jurnal yang aku baca dan juga dari hasil diskusi dengan sesama pendidik, ternyata mengajarkan anak berwirausaha memiliki banyak manfaat terhadap perkembangan anak lho, yaitu: 

1. Membangun Sikap Optimistis dan Tidak Mudah Menyerah 
Menurut Adam dan Matthew Toren bersaudara penulis Kidspreneurs: Young Entrepreneurs with Big Ideas, salah satu komponen paling kuat dari pola pikir kidpreneur adalah kemampuan mereka untuk melihat rintangan sebagai peluang. Karena pada dasarnya anak-anak memiliki rasa ingin tahu, dan cenderung memiliki jumlah energi yang tak terbatas. Masalah yang mereka hadapi dalam menjalankan usahanya akan membentuk mereka menjadi anak yang punya sikap optimistis serta tidak mudah menyerah. 

2. Terbiasa Mewujudkan Mimpinya 
Anak-anak adalah pemimpi tertinggi! Mereka belum terpengaruh oleh kesulitan kehidupan orang dewasa yang rumit. Oleh karenanya, mereka punya banyak kesempatan untuk mewujudkan hal-hal yang dianggap oleh banyak orang sebagai tidak mungkin menjadi mungkin. 

Nah, kalau orang dewasa sering terjebak hanya pada bermimpi, anak-anak punya kesempatan dan melakukannya. Mereka menikmati kekuatan ide-ide baru, energi yang cerdas, dan menyaksikan mimpi mereka menjadi kenyataan adalah sebuah hadiah terbaik. 

3. Tumbuh Menjadi Pribadi yang Solutif 
Setiap usaha pasti punya tantangannya masing-masing. Walaupun mereka masih kecil, bukan berarti orang tua lah yang selalu menyelesaikan masalah usahanya. Anak-anak yang memulai dan yang memiliki, artinya kesempatan menyelesaikan masalah pun ada di tangan anak-anak. 

Nah, ini akan melatih mereka untuk melihat berbagai sudut pandang dan mengidentifikasi berbagai solusi untuk masalah. Mereka akan belajar menggabungkan kreativitas dengan pemikiran strategis untuk memecahkan masalah dengan cara yang mungkin tidak pernah dipertimbangkan oleh beberapa orang dewasa. 

4. Tidak Cepat Puas 
Usaha itu pasti punya saingan. Anak-anak akan belajar bahwa satu keberhasilan tidak akan menjamin keberhasilan berikutnya. Oleh karenanya, mereka tidak boleh mudah puas. Kidpreneurship mengajarkan anak-anak untuk tidak mudah puas dan selalu belajar untuk memberdayakan diri, meningkatkan kualitas, serta memperbaiki produknya. Dengan dukungan dan dorongan semangat dari orang tua, Anak-anak akan mampu mencapai impian mereka dan membuat dampak positif dirinya sendiri maupun lingkungan. 

Menjadi Kidpreneur Melalui Mortgage Calculator Money Games 




Satu hal yang harus orang tua sadari adalah dalam mengajarkan kewirausahaan pada anak dibutuhkan kesabaran juga strategi tersendiri. Tentunya hal ini bertujuan agar apa yang kita ajarkan lebih mudah dimengerti anak, sekaligus tidak menjadi beban. 

Kalau aku pribadi memilih mengajarkan anak menjadi kidpreneur melalui berbagai permainan online di Web Mortgage Calculator Money Games yaitu website yang berisi games-games seputar keuangan dan juga bisnis dengan banyak kategori. Website ini bagus sekali sebagai media belajar kewirausahaan anak. Bahkan juga bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga lho. 

Ada dua game di web Mortgage Calculator Money Games, yang menjadi favorit saya dan keluarga yaitu Game Idle Hypermarket Empire dan Coffee Shop. Berikut ini aku spill keseruannya ya! 




Idle Hypermarket Empire adalah game simulasi toko kelontong tempat kita mengelola hypermarket yang berorientasi vertikal. Dalam game ini kita seolah menjadi seorang owner yang mengelola sebuah hypermarket, sehingga kita harus jeli dalam mengatur strategi bisnis serta menghitung untung rugi agar hypermart kita semakin berkembang. 



Apa aja sih yang bisa kita lakukan dalam game Idle Hypermarket Empire ini? 
  • Pilih pekerja agar mereka menyimpan stok di toko. 
  • Pekerjakan manajer untuk mengotomatiskan alur kerja. 
  • Latih dan tingkatkan pekerja reguler untuk menambah lebih banyak staf dan membuat mereka lebih produktif, lalu latih manajer untuk lebih meningkatkan produktivitas. 
  • Gunakan uang tunai yang diperoleh dari operasi untuk membuka kunci lantai tambahan. 
  • Tingkatkan lift dan kantor kasir untuk meningkatkan kapasitas throughput saat kita membuka kunci lantai tambahan dan meningkatkan penghasilan. 
  • Hypermarket memiliki 9 lantai: buah dan sayuran, daging, bahan makanan, pujasera, furnitur, elektronik, pakaian jadi, perhiasan, dan kosmetik. 
  • Setelah mengembangkan bisnis untuk jangka waktu tertentu, kita memiliki kesempatan untuk menjualnya kepada investor melalui proses IPO & kemudian memulai permainan lagi dengan penghasilan lebih tinggi pada bisnis kita berikutnya. 




Coffee Shop adalah game simulasi satu bulan di mana pemain menyesuaikan pengaturan game untuk mendapatkan penghasilan sebanyak mungkin dari menjalankan kedai kopi. 

Melalui permainan ini, kita dapat mengelola inventaris kedai, menganggarkan arus kas, menetapkan harga, menyesuaikan formula atau resep kopi, dan merencanakan untuk memaksimalkan pendapatan harian sebagian dengan menyesuaikan bisnis kita berdasarkan cuaca, di mana permintaan kopi naik pada cuaca dingin dan permintaan kopi turun pada cuaca hangat. 

Permainan ini mengajarkan anak banyak aspek penting dalam menjalankan bisnis, antara lain: 
  • Inventaris: anak dapat membeli bahan dalam jumlah besar untuk menghemat, tetapi beberapa bahan juga rusak. Dalam game ini anak harus mengatur level kopi, susu, gula, dan gelas. 
  • Strategi: anak dapat mengatur formula kopi untuk mengelola penggunaan bahan dan biaya campuran per cangkir. 
  • Harga: anak dapat memaksimalkan keuntungan dengan menyesuaikan harga ke atas atau ke bawah untuk meningkatkan volume penjualan atau menjual bahan-bahan yang mungkin rusak di bawah biaya untuk menjualnya sebelum rusak. 
  • Memprediksi Permintaan: Cuaca adalah indikator yang bagus untuk pergeseran permintaan konsumen dalam game ini. Pergeseran permintaan konsumen berlaku untuk total volume permintaan dan kecenderungan untuk membayar harga premium. 
  • Membaca Umpan Balik Konsumen: Banyak konsumen dalam game ini menawarkan gelembung harga yang menunjukkan jika mereka bahagia dan apa yang mereka rasakan salah jika tidak.



Belajar Soal Wirausaha melalui Game Sangat Menyenangkan! 


Setelah kurang lebih 3 minggu, aku mengajarkan anakku melalui Mortgage Calculator Money Games di sela-sela waktu luang, aku merasa game ini cukup efektif mengasah ketelitian, mengajarkan arti nilai uang dan juga strategi bisnis pada anak. Dan semua yang dilakukan tentu jadi lebih menyenangkan karena seperti bermain. 

Jadi, aku pribadi sangat merekomendasikan berbagai permainan yang ada di https://www.mortgagecalculator.org/money-games ini! Selain dua game yang aku jabarkan tadi, ada banyak sekali game yang tersedia di sana, seperti Grocery Cashier, Supermarket Numbers, Tap Supermarket dan lain-lain. Tinggal explore saja dan pilih game mana yang jadi favorit kamu!




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D